Penerbitbuku.net

Jasa Penerbitan dan cetak buku terbaik di Indonesia
Cara Menerbitkan Novel Karya Sendiri

3 Cara Menerbitkan Novel Karya Sendiri

Cara Menerbitkan Novel Karya Sendiri
Cara Menerbitkan Novel Karya Sendiri

3 Cara Menerbitkan Novel Karya Sendiri Untuk Pemula

Menulis novel bisa saja menjadi impian banyak orang. Novel sendiri merupakan salah satu jenis karya sastra yang bisa ditulis oleh setiap orang karena tak ada batasan profesi untuk bisa menjadi penulis novel, siapapun bisa. Hanya saja yang membedakan adalah pengalaman, apakah kamu seorang pemula atau sudah profesional. Sesungguhnya menulis novel tidak sesusah yang dibayangkan, asalkan kita optimis, tekun, dan rajin membaca, terutama membaca novel-novel karya penulis best seller. Nah, bagaimana cara menulis novel bagi pemula? Ada tahapan-tahapan yang perlu kamu tahu untuk memulai menulis novel bagi pemula, apa sajakah itu? Yuk, kita simak bersama-sama.

Menentukan Ide dan Tema Novel serta cara menerbitkan novel karya sendiri

Bisa dikatakan proses menentukan ide ini adalah proses pertama dan utama sebelum menulis novel. Hal ini berlaku baik untuk penulis pemula maupun profesional. Ide ini berarti sebuah gambaran umum tentang cerita yang ingin kita tulis. Sedangkan tema lebih spesifik lagi.

 

Menyusun Kerangka Novel

Setelah menentukan ide dan tema cerita, maka langkah selanjutnya adalah menyusun kerangka novel. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah kamu dalam menulis. Dalam menulis kita jadi terstruktur dan tidak mengambang. Apa saja sih hal-hal yang perlu disiapkan dalam menyusun kerangka novel.

 

– Penokohan

Kamu harus bisa menciptakan karakter yang unik dalam novelmu. Karakter yang unik bisa memberikan rasa penasaran dan kesan yang mendalam bagi pembaca. Sehingga, pembaca akan terus tertarik untuk melanjutkan membaca novelmu, bahkan akan terus mengingat tokoh-tokoh dalam novel kamu meskipun sudah selesai membaca. Tulis secara detail tokoh-tokoh novel. Tentukan juga posisi masing-masing tokoh dalam novel, baik yang protagonis, antagonis, penengah, tokoh utama, tokoh pendukung, maupun figuran. Semua harus ditentukan dengan detail dan jangan lupa untuk membuat tokoh-tokoh ini terlihat manusiawi dan rasional.

 

– Sudut Pandang

Tentukan sudut pandang yang menggambarkan adegan-adegan dalam novelmu secara baik.

 

– Alur/ Plot

Unsur satu ini menjadi penentu kemana arah ceritamu dibawa. Pada dasarnya setiap cerita menggunakan tiga plot dasar, yakni plot maju, plot mundur, atau gabungan keduanya. Masing-masing plot memiliki kekuatan penggambaran tersendiri.

3 Cara Menerbitkan Novel Karya Sendiri Bagi Penulis Pemula

Drafting

Setelah menentukan ide dan tema, kemudian menyusun kerangka cerita, maka saat yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga, yakni mulai menulis novel. Drafting merupakan tahapan utama dalam menulis novel serta tahapan penting dalam cara menerbitkan novel karya sendiri, karena tanpa melakukan proses ini ide kamu hanya akan menjadi angan-angan saja. Nah, mulailah dengan kalimat pembuka yang indah untuk mengundang rasa penasaran pembaca, misalnya langsung dimulai dari konflik. Hal penting lain yang perlu kamu lakukan adalah penggal ceritamu menjadi beberapa bab atau chapter guna memudahkan pembaca. Jika terdapat istilah-istilah asing atau yang tidak biasa, kamu bisa menyematkan catatan kaki agar pembaca mengerti.

 

Editing

Setelah naskah ditulis, jangan lupa untuk mengoreksinya. Pastikan membacanya berulang-ulang agar tidak terjadi kesalahan, jika perlu kamu cetak naskah cerita yang sudah jadi kemudian kamu bisa leluasa mencorat-coret bagian yang tidak perlu atau yang sekiranya kamu rasa bagian itu mengganggu jika tidak dihilangkan.

Dalam mengoreksi novel, kamu harus memperhatikan kata-katanya sudah sesuai EYD atau belum. Setelah melakukan koreksi, jangan lupa melakukan perbaikan dan setelah itu koreksi ulang sampai dirasa tidak ada kesalahan lagi, baik dalam segi kata-kata, kalimat, maupun alur cerita. Jika dirasa sudah cukup, maka naskahmu siap menuju ke proses selanjutnya.

Cara Menerbitkan Novel Karya Sendiri dan mengirimkannya ke penerbit

Pengiriman Naskah

Selamat! Kamu telah sampai pada proses akhir sebelum kamu menjadi penulis best seller.  Pada proses ini, jantung kamu pasti berdebar-debar memikirkan naskahku diterima tidak ya oleh penerbit? lalu bagaimanakah cara menerbitkan novel karya sendiri ?

Tapi tenang, bagi pemula, ada penerbit indie namanya Penerbit Uwais (www.penerbituwais.com) , penerbit ini bisa membantu kalian yang ingin menerbitkan naskah tanpa seleksi dan juga proses penerbitan yang cepat.Biasanya di penerbit itu kan harus menunggu proses seleksi yang tidak sebentar sekitar 4 -5 bulan, nah di Penerbit Uwais hanya butuh waktu sekitar 3 – 4 minggu, naskahmu pasti akan terbit dan tentunya masalah harga dijamin terjangkau. Penerbit Uwais juga sudah terdaftar di IKAPI jadi untuk kualitas sama seperti penerbit besar seperti Gramedia. Jadi tunggu apa lagi? Segera terbitkan naskahmu sekarang di Penerbit Uwais.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *