Penerbitbuku.net

Jasa Penerbitan dan cetak buku terbaik di Indonesia

3 Langkah Mudah Menerbitkan Buku Dengan Cepat

3 Langkah Mudah Menerbitkan Buku Dengan Cepat

Menerbitkan Buku
Contoh Buku Terbit

Beberapa orang yang menyukai dunia tulis menulis kadang ingin memiliki karya berupa buku, entah itu apa genrenya yang penting punya karya. Tapi tidak semua orang bisa melakukannya. Ada yang memang tidak tahu cara memulainya untuk menulis sebuah buku, serta menerbitkan buku tersebut dan ada pula yang bingung atau terkendala masalah penerbitannya.

Nah soal menerbitkan buku ini memang agak menyita waktu. Kadang naskah sudah dikirim ke salah satu penerbit, tapi tidak ada kabar juga. Maklumlah sekarang ini persaingan semakin tinggi, dan buku yang dari sisi marketing dan isi tidak berkualitas akan dikesampingkan. Artinya naskah penulis ditolak. Keras memang sistem dari penerbit mayor itu sendiri. Kalau begitu berarti tidak ada ruang buat penulis pemula dong? Ada kok.

Bagi pemula yang ingin mencoba menerbitkan buku dan punya karya perdananya, sekarang masih bisa mewujudkan mimpinya itu. Banyak cara menerbitkan buku sendiri dengan mudah dan cepat. Bahkan kalau saat ini kamu punya naskah yang siap cetak, bisa kok diterbitkan langsung. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

 

3 Cara Menerbitkan Buku Dengan Mudah

Buatlah Naskah yang Siap Cetak

Kalau kamu memang ingin menerbitkan buku sendiri, coba untuk membuat naskah yang siap cetak. Naskah yang siap cetak itu ya mulai dari cover hingga isinya sudah selesai. Ya tidak harus sempurna 100% sih, karena nanti bakal dikoreksi juga dari sisi penerbit. Intinya naskah buku kamu sudah memiliki format dan layout yang mendekati hasil yang diinginkan, seperti itu.

Siapkan Informasi tentang Buku Kamu

Jangan hanya menyiapkan naskah buku saja, tetapi kamu juga perlu menyiapkan informasi tentang buku kamu seperti sinopsinya, editor review, testimonial jika ada. Dan jangan lupa juga bagian kata pengantar, pendahuluan, daftar isi/bab, juga perlu kamu siapkan.

Mengapa harus kamu siapkan sejak awal? Ya karena supaya cepat proses penerbitan buku kamu. Karena penerbit mayor sendiri seperti yang telah saya sebutkan di atas yaitu menerapkan sistem seleksi. Kalau tidak dipersiapkan, blakalan jadi lebih lama lagi untuk menerbitkan naskah kamu.

Carilah Penerbit yang Fleksibel

Kalau kamu mengirim ke penerbit-penerbit besar sendiri mungkin butuh waktu agak lama. Karena nanti naskah kamu akan diseleksi dulu dan lain-lain. Untuk itu carilah penerbit yang fleksibel. Artinya begini, pihak penerbit sudah pasti akan bisa menerbitkan karya bukumu tanpa terkecuali dan memberikan kebebasan bagi kamu sebagai penulis untuk berkreasi. Ya wajar kalau mungkin nanti ada koreksi, tapi biasanya tidak sebanyak seperti di penerbit mayor. Dan menerbitkan di penerbit indie adalah salah satu caranya. Disini saya akan memberikan pengalaman atau testimoni tentang salah satu penerbit indie yang jelas kualitasnya. Atau juga bisa dikirim di website penerbit ini.

 

3 Cara Menerbitkan Buku Di Penerbit Indie

Penerbit Uwais. Bisa dilihat di webnya www.penerbituwais.com .Penerbit ini menurut saya secara pelayanan sangat cepat. Jadi kamu yang tidak memiliki waktu atau tidak sabar untuk segera memegang bukumu, hehe, bisa kok . dengan waktu 3 – 4 minggu saja kamu sudah bisa memegang karyamu itu. Bukankah itu sangat cepat? Nah, jika kamu belum mempunya desain untuk coever bukumu, bisa kok diserahkan pada penerbit uwais. Dan covernya nanti pun sesuai selera kamu semua, jadi bisa request. Hehe

Untuk promosinya sendiri bagaimana? Tenang, jadi penerbit uwais ini menggunakan media sosial dan google play book, jadi kamu tidak perlu khawatir untuk masalah pemasaran buku. Harganya sendiri pun penulis yang tentukan. Jadi penulis bisa memasarkan bukunya sendiri juga melalui media sosialnya masing-masing. Menurut saya memang lebih untung menerbitkan di penerbit indie karena segala sesuatu nya cepat dikerjakan dan modalnya juga penulis sendiri yang tentukan. Lebih efisien bukan?

Dengan cara seperti di atas, kamu sudah bisa menerbitkan buku sendiri dengan mudah dan cepat. Dan tentunya kamu bisa menjadikan ini sebagai kebanggaan tersendiri atas  karya perdana kamu. Siapa tahu dengan cara menerbitkan buku seperti ini akan membuat kamu menjadi penulis yang hebat.  Hmm, mungkin itu saja yang dapat saya bagikan dengan calon penulis hebat seperti kalian semua. Tetap asah ilmumu dan selalu praktekan, niscaya bukumu selanjutnya akan berpengaruh besar terhadap dunia penulisan di Indonesia.

Salam Literasi

Eits, mau menerbitkan buku tapi bingung bagaimana caranya? Langsung hubungi CS Penerbit Uwais 0812-3004-1340.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *