Penerbitbuku.net

Jasa Penerbitan dan cetak buku terbaik di Indonesia

3 Penerbit Buku Islam Terpopuler

Buku Terbitan Penerbit Uwais
Buku Terbitan Penerbit Uwais

Penerbit Buku Islam Terbaik

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh,

Tidak dapat dipungkiri bahwa peradaban manusia tidak terlepas dari berkembangnya pemikiran-pemikiran manusia pada zamannya. Dunia penerbitan buku islam juga menunjukkan peradaban masyarakat islam pada masa lampau hingga saat ini. penduduk Indonesia yang mayoritas merupakan masyarakat beragama Islam tentunya memiliki sumber-sumber keilmuan dari proses transfer ilmu. Perkembangan penerbitan perbukuan islam di Indonesia semakin memperkaya khasanah ilmu pengetahuan yang ada di Indonesia. Ragam strategi yang dilakukan oleh penerbit buku islam dirancang untuk dapat eksis di industri perbukuan nasional ditengah suburnya industri penerbitan buku islam di Indonesia. Kondisi masyarakat yang dipengaruhi sosial, budaya, ekonomi, dan politik turut mempengaruhi perkembangan industri buku Penerbit Buku Islam di Indonesia.

Penerbit dan perpustakaan merupakan dua hal yang memiliki hubungan yang sangat erat. Penerbit yang sebagian besar penjualannya ada di perpustakaan,dan sebagian besar buku yang ada di perpustakaan merupakan hasil dari penerbit. Perpustakaan memiliki pengaruh juga terhadap berkembangnya penerbit-penerbit Islam di Indonesia.

Bagi para penulis tentunya banyak yang ingin menyampaikan tulisannya kepada banyak khalayak, seperti hadist berikut ;

Dari Abdullah bin ‘Amr Al-‘Ash رضى الله عنه: Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda,

بَلِّغُوا عَنِّي وَلَوْ آيَةً

“Sampaikanlah dariku walau satu ayat.” ~ Sahih al-Bukhari

Jadi menyampaikan ilmu walau sedikit saja itu sudah sangat bermanfaat bagi orang banyak. Apalagi media seperti saat ini sudah maju dan mudah sekali untuk diakses. Tentunya akan lebih mudah lagi bagi umat muslim untuk menyampaikan ilmunya. Baik di media sosial atau media cetak.

Penerbit Buku Islam Terpopuler

Untuk media cetak sendiri seperti yang sudah saya sampaikan di atas melalui penerbit buku, kita bisa membagi ilmu. Namun apakah anda sudah tahu caranya? Baiklah, saya jelaskan.

Berikut akan saya beritahu penerbit mana saja yang bisa kita pilih.

  • Penerbit Mizan

Ini adalah salah satu penerbit buku islam terpopuler. Sudah banyak buku best seller dan penulis yang lahir dari penerbit ini. Contohnya adalah Hanung Bramantyo dengan karyanya Sang Pencerah. Walau begitu penerbit ini menerapkan sistem seleksi ketat mana naskah yang bisa dipublikasikan.

  • Penerbit Al kautsar

Sama seperti penerbit mizan, penerbit al kautsar juga bisa menerbitkan banyak jenis buku, seperti buku fiksi, nonfiksi, buku anak sampai buku komik. Namun sistemnya sendiri sama yaitu menggunakan sistem seleksi dengan tenggang waktu sekitar 3 bulan untuk sistem seleksi oleh redaksi.

Namun apakah ada penerbit islam yang tidak menggunakan sistem seleksi? Ada kok. Salah satunya adalah penerbit Uwais (www.penerbituwais.com). Dari nama sudah jelas penerbit ini diambil dari sahabat nabi. Nama “Uwais” ini diambil dari nama seorang sahabat bernama lengkap Uwais Al Qarni. Dia merupakan sosok anak muda yang hidup di zaman Nabi Muhammad SAW yang mana beliau mengatakan jika Uwais adalah anak muda yang tidak terkenal di bumi, tetapi sangat terkenal di langit. Karena itulah, tujuan dari Penerbit Uwais sendiri adalah agar supaya orang-orang mengenal lebih dekat dengan sosok “Uwais” yang merupakan sosok yang berbakti kepada orangtua dan rajin beribadah.

Penerbit Buku Islam di Indonesia

Penerbit ini termasuk salah satu penerbit buku islam di indonesia, bisa menerbitkan semua jenis naskah, mulai dari buku fiksi, nonfiksi, buku anak, novel serta puisi. Kecuali satu, buku nikah, hehe. Penerbit ini menggunakan sistem independen jadi biaya ditanggung penulis, namun dengan harga yang terjangkau dan dijamin amanah. Dan yang bagus adalah sudah terdaftar menjadi anggota IKAPI. Hebat kan?? Untuk proses penerbitannya sendiri hanya memakan waktu sekitar 3 – 4 minggu. Jadi penulis hanya tinggal menunggu di rumah dan buku sudah ada di genggaman.

Alhamdulillah semoga apa yang saya sampaikan di tulisan ini dapat bermanfaat dan berkesan bagi para mujahid di dunia literasi. Dan semoga ilmu yang disebarkan oleh para penulis itu menjadi amal jariyah dan tidak lupa juga pembaca yang membaca buku senantiasa diberi ilmu yang bermanfaat bagi dunia maupun akhirat karena jihad itu tidak hanya berperang melawan musuh, namun juga jihad melawan kebodohan. Apalagi didukung dengan penerbit yang amanah pasti InsyaAllah berkah bagi kita semua. Mungkin hanya itu saja yang dapat saya bagikan kepada kalian semua.

Wassalamualiku Warahmatullah wabarokatuh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *