Penerbitbuku.net

Jasa Penerbitan dan cetak buku terbaik di Indonesia
cara membuat buku

yuk simak penjelasan tentang Penerbit Mayor dan Indie

Perbedaan Penerbit Mayor, Indie dan Self Publishing - Kepo

Penerbit Mayor dan Indie

mungkin ada beberapa dari kalian belum tau apa itu penerbit mayor dan indie. Salah satu pertimbangan adalah tentang penerbit yang akan di percayai demi menciptakan buku yang menarik juga bisa digemari pembaca. Istilah mayor dan indie adalah penyebutan untuk kategori atau label sebuah penerbitan. kedua istilah tersebut memiliki kelebihan dan kelemahan masing – masing. Sebagai penulis pemula anda akan memilih yang mana? Nah, sebelum menentukan pilihan penerbit yuk simak penjelasan mengenai penerbit mayor dan indie berikut! sehingga anda mengetahui lebih dalam untuk mempertimbangkan akan mendaftar fasilitas kedua jenis penerbit ini.

1. Penerbit Mayor

Penerbit mayor adalah perusahaan penerbitan yang skalanya sudah besar. Penerbit ini sudah punya nama brand yang besar, dari segi modal juga tidak main- main. Penerbit ini sudah memiliki marketing yang bagus, penerbit ini memiliki tanggung jawab seperti tiap – tiap bagian tanggung jawab sesuai bidang nya yaitu bagian layouter, design, editor, produksi hingga marketing. Penerbit ini lebih terstruktur, maka ketika kita menerbitkan buku di penerbit mayor maka secara otomatis sudah memiliki ISBN. Tugas penerbit ini melakukan sorting naskah yang di kirimkan oleh penulis buku.

Biaya dalam penerbit mayor, semua biaya di tanggung oleh penerbit. Mulai dari biaya cetak, biaya distribusi ke toko- toko buku, sampai biaya promosi. Semuanya menjadi tanggung jawab penerbit. Dari segi sistem percetakan, penerbit mayor akan mencetak buku dalam jumlah besar, sesuai dengan kebijakan masing-masing. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya di atas, promosi menjadi tanggung jawab penerbit mayor dan dibantu oleh penulis pastinya. Penulis hanya perlu meneruskan saja informasi – informasi promosi penerbit ke teman – teman di jejaring sosial media milik pribadinya. Misalnya, jika ada ide promosi penulis bisa mengusulkannya ke penerbit, sehingga dapat dieksekusi bersama. Karena keberhasilan sebuah buku di pasar tidak lepas dari kerja sama penerbit dengan penulisnya.

50 Penerbit Mayor yang Siap Menerima Tulisan Kerenmu! - Ujwar Firdaus

2. Penerbit Indie

Penerbit Indie adalah sebuah cara alternatif untuk menerbitkan buku atau media yang lain yang dilakukan penulis naskah bukan dari penerbitnya. Walaupun ini memiliki persentase pasar yang sangat kecil bila di bandingkan dengan penerbit pada umumnya dalam hal penjualan, tetapi ini telah hadir menjadi sebuah bentuk baru. Jika kalian ingin menerbitkan buku namun sulit di penerbit mayor, kalian bisa menggunakan penerbit indie sebagai alternatif. Nama lain penerbit indie adalah penerbit independent atau penerbit mandiri. Penerbit indie dikenal dengan proses nya yang cepat dalam menerbitkan naskah. Menerbitkan buku di penerbit indie, nantinya tidak akan mendapatkan jasa ISBN. Bagi yang ingin ISBN maka ada biayanya juga. Tapi ada pula penerbit indie yang sudah menyediakan segala fasilitas tersebut secara paket.

Biaya dalam penerbit indie menjadi beban penulis. Mulai dari biaya cetak, atau mungkin juga biaya desain cover buku, layout, sampai editing. Jika kamu menginginkan bukumu juga didistribusikan ke toko-toko buku, maka akan ada biaya distribusi yang akan dibebankan penerbit kepadamu. Tetapi, biasanya semua biaya itu nantinya akan kembali lagi jika bukumu banyak menarik minat masyarakat untuk membacanya. Dalam penerbit indie penulis menjadi penanggung jawab penuh promosi buku hasil karyanya sendiri. Biasanya terdapat beberapa promosi yang akan dimasukkan ke dalam paket-paket penerbitan indienya. Kamu bisa memilih paket yang sesuai dengan kemampuan kamu, tetapi di luar paket itu pastinya kamu harus mengaturnya sendiri.

Bookshelf, Library, Literature, Books

  • Kelemahan Penerbit Mayor

Prosesnya cukup lama. Sudah begitu kalau diterima, pihak penerbit juga masih butuh waktu lagi untuk mengedit naskah tersebut. Royalti bagi penulis di penerbit Mayor tergolong rendah. Hanya 10℅ dari harga buku. Royalti dibayar setiap 6 bulan dihitung dari total buku yang terjual.

  • Kelebihan Penerbit Indie
    Naskah dijamin diterima dan pasti dibukukan. Tentu saja dengan syarat isi naskahnya tidak melanggar hukum dan melanggar hak cipta, misalnya hasil copy paste, plagiat, hate speech, menyinggung sara, pornografi dan hal-hal yang melanggar hukum lainnya. Proses cepat, Hari ini dikirim, besok atau lusa sudah bisa langsung terbit. Kalaupun tidak secepat itu, tapi percayalah tidak akan sampai berhari-hari apalagi berbulan-bulan kayak penerbit sebelah.

Itulah beberapa penjelasan tentang penerbit mayor dan indie. Bagi anda yang ingin menerbitkan naskah menjadi buku utuh, sebaiknya pertimbangkan antara penerbit mayor dan indie. Pertimbangan itu di dasarkan pada kualitas tulisan Anda, keinginan besar, juga biaya yang di miliki. Ingin menerbitkan buku? Anda dapat mengunjungi situs kami di  www.penerbituwais.com atau menghubungi ke CS kami +62 812-3004-1340

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat