Penerbitbuku.net

Jasa Penerbitan dan cetak buku terbaik di Indonesia
mengenal 5 perbedan buku fiksi dan non fiksi

MENGENAL 5 PERBEDAAN BUKU FIKSI dan NON FIKSI

Perbedaan Buku Fiksi & Non Fiksi!

Apa sih perbedaan buku fiksi dan non fiksi? mungkin sebagian dari kita tidak asing dengan istilah fiksi dan non fiksi. singkatnya buku fiksi adalah hasil imajinaasi, sementara buku non fiksi berdasarkan fakta. sejujurnya, sangat mudah untuk mengenali buku fiksi dan non fiksi. Hal mendasar  buku fiksi merujuk kepada buku yang isinya fiktif(tidak nyata, imajinasi atau khayalan). kemudian buku non fiksi adalah buku yang substansinya disusun berdasarkan dunia nyata. Baik buku fiksi maupun non fiksi, keduanya memiliki unsur penyusun masing – masing.   Tapi, apa itu saja perbedaannya?

Nah, untuk mengetahui perbedaannya kamu bisa menyimak penjelasan berikut!

Rose, Book, Old Book, Blossom, Used, Old

      1. Perbedaan Buku Fiksi dengan Non Fiksi Berdasarkan Cerita

Fiksi memiliki makna sebagai cerita rekaan atau khayalan yang tidak didasarkan  pada kenyataan. Buku-buku jenis fiksi memang umumnya ditunjukan sebagai sarana untuk hiburan dengan menyajukan berbagai macam cerita seperti komedi, horor, dan fantasi. Sementara itu, buku non fiksi adalah buku yang didalamnya  memuat cerita yang disajikan dalam bentuk tulisan informatif, edukatif dan faktual.

      2. Perbedaan Berdasarkan Tujuan Penulisan Buku

Untuk buku fiksi , tujuan umum dari penulisannya adalah untuk memberikan hiburan kepada para pembaca melalui cerita didalamnya. Sementara itu, untuk buku non fiksi memiliki tujuan untuk menyampaikan informasi atau pengetahuan tertentu kepada para pembaca.

     3. Standar kebenaran 

memang ada sedikit perbedaan buku fiksi dan non fiksi, di mana fiksi isinya bukan fakta sehingga jangan sampai Anda percaya. Sementara itu, pembaca bisa mempertimbangkan sebuah buku non fiksi sebagai salah satu tetapi bukan satu-satunya standar kebenaran yang sifatnya subjektif.

    4. Standar Kebakuan

Buku non fiksi umumnya ditulis berdasarkan standar yang telah ada secara turun – temurun, dan seringnya berbasis artikel ilmiah populer. Sementara itu, untuk buku fiksi penulis  lebih diberi kebebasan berimprovisasi sehingga antara orang yang satu dengan yang lain belum tentu punya  stuktur serupa.

    5. Penggunaan Makna

Buku non fiksi biasanya menyajikan penggunaan makna denotatif atau makna yang sebenarnya. Karenanya, sangat jarang ditemukan pemanfaatan majas di dalam buku non fiksi. Penyajiannya kerap didukung oleh banyaknya majas mulai dari sarkasme hingga ironi, semua bisa saja ditemukan dalam sebuah karya fiksi.

Sebaliknya, buku fiksi lebih sering menyajikan jenis bahasa bermakna konotatif atau bukan arti yang sebenarnya. Penyajiannya kerap didukung oleh banyaknya majas mulai dari sarkasme hingga ironi, semua bisa saja ditemukan dalam sebuah karya fiksi. Itu berarti, kalimat yang tertulis di dalamnya tidak selalu pasti menunjukan maksud sebenarnya dari si penulis.

– Untuk memperjelas lagi beriku contoh buku fiksi & non fiksi!

  • Buku Fiksi          :  Cerpen, Novel, Dongeng, Drama, Puisi, Hikayat, Fabel, Komik dll.
  • Buku Non Fiksi :  Karya tulis ilmiah, Jurnal, Biografi, Opini, Pidato, Buku Pelajaran, Skripsi dll.

Books, Library, Read, Shelves, Shelf

Sekarang sahabat Uwais Inspirasi Indonesia sudah mengertikan perbedaan antara buku fiksi dan non fiksi, baik dari definisi, konten buku dan contoh buku – bukunya. Sekian  pembahasan mengenai perbedaan buku fiksi dan non fiksi  pada artikel ini , semoga sahabat Uwais Inspirasi Indonesia mendapat pengetahuan dan ilmu baru.

Ingin menerbitkan buku? Anda dapat mengunjungi situs kami di  www.penerbituwais.com jika ada kesulitan mencari penerbit atau masih ragu dalam mencari penerbit  kamu bisa berkosultasi ke CS kami dengan klik tombol chat yang tersedia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat