Penerbitbuku.net

Jasa Penerbitan dan cetak buku terbaik di Indonesia
cara menjadi penulis

Ingin jadi penulis? Inilah 6 cara menjadi penulis yang baik!

 Cara Menjadi Penulis

Kamu punya hobi menulis tapi tidak tahu apa yang harus kalian lakukan? Banyak cara tentunya yang bisa kamu tempuh untuk menjadi seorang penulis. Menulis umumnya digunakan sebagai media untuk menuangkan ide, hasil penelitian, atau bahan perasaan. Namun, bisa juga penulis mengalami writer’s block, yakni merasa buntu dan kesulitan untuk mengekspresikan apa pun dalam tulisan. Menulis dapat di artikan sebagai ruang tidak terbatas dalam menuangkan apa yang ada di pikiran kamu ke sebuah kertas. Melalui tulisan, kamu juga bisa memperkaya ilmu dan memberikan informasi kepada semua orang.

Nah, Yuk simak di bawah ini cara menjadi penulis yang baik !

     1. Kumpulkan Niat

Tips pertam tentu saja niat. Jika niat hanya setengah – setengah, saya bisa jamin hanya sedikit yang bisa sampai puncak. Bahkan calon penulis pemula yang berbakat jika tidak memiliki keteguhan niat akan sia – sia dan percuma.

    2. Banyak Membaca

Tak sedikit penulis profisional memiliki kebiasaan gemar membaca. Semakin banyaknya buku yang kamu baca akan semakin terpapar pula dengan tulisan yang berkualitas tinggi. secara perlahan kamu akan terinternalisasi dengan elemen – elemen teks. Tidak hanya itu, banya membaca akan memberi banya ide dan dengan kosakata yang banyak dapat membantu kamu merintis jalannya sebagai penulis yang baik.

Membaca karya penulis lain membuat kalian mendapatkan banyak pengetahuan. Dari karya penulis lain ini kalian dapat mengetahui kosa kata baru, kalian juga dapat lebih peka dalam menulis. Dengan membaca kalian akan tahu tulisan seperti apa yang sedang hits dan bagaimana cara penulisannya. Kalian juga akan mengetahui mekanisame penulisan yang baik dan benar dan dapat menghasilkan sebuah inspirasi yang baru buat tulisanmu.

    3. Berlatih Menulis

Kamu harus terus mengasah kemampuanmu dengan menulis dan menulis. Bagaimana mungkin kamu bisa menghasilkan tulisan yang bagus kalau menulis saja kamu malas? Menulis bisa dimana saja, apalagi di era digital ini kamu bisa langsung menuangkan ide tulisanmu diponsel /laptop yang kamu miliki dan mengembangkannya  menjadi sebuah tulisan yang utuh. Semakin banyak berlatih maka akan semakin lancar dalam mengekspresikan pikiranmu dan menuangkan ide ke dalam sebuah tulisan. Menulislah sesering mungkin, maka akan semakin mempertajam gaya penulisanmu.

    4. Tetapkan Tujuan dan Traget yang Jelas

Ini tidak asing bagi banyak orang. Tapi seberapa banyak sebenarnya itu berjalan? Dalam banyak hal termasuk dalam kegiatan menulis, menetapkan tujuan sangatlah penting. Tetapkan menulis bulanan, migguan atau bahkan harian dan cobalah untuk konsisten untuk mencapai tujuan tersebut.

     5. Ikut Komunitas Penulis

Selain koneksi di industri kepenulisan, kamu juga bisa mengikuti grup atau komunitas penulis. Di sana kamu bisa berbagi dengan sama penulis. Selain itu komunitas ini juga sering mengadakan pelatihan menulis sehingga bisa menambah ilmu tentang bidang tulis – menulis. Kamu juga bisa membangun dan meningkatkan motivasi untuk menjadi seorang penulis yang handal.

    6. Tidak Takut Gagal

Hilangkan urat rasa malu itu, jika apa yang dilakukan bukanlah aib atau sebuah kesalahan yang memungkinkan orang lain, karena menjadi penulis itu butuh mental yang besar. Hanya orang – orang yang memiliki mental baja yang bisa mendaki sampai titik puncak. Selalu minta pendapat teman tiap selesai menulis ulang agar kamu bisa mencapai hasil yang sesempurna mungkin. Jika kamu merasa kualitas tulisan Akamu  tidak membaik, coba berhenti sejenak dan menulis sesuatu yang asal untuk mengingatkan kembali betapa menyenangkannya menulis.

Cara – cara di atas bisa membantu kamu untuk memulai profesi sebagai penulis dan bisa membantu kamu yamg sudah memulainya. Penting untuk dipahami bahwa penulis memiliki potensi  yang bagus selayaknya profesi lainnya. Kunci kesuksean dari menjadi penulis adalah tetap tulus dalam berkarya agar karya yang kita buat di terima banyak orang.

Ingin menerbitkan buku? Anda dapat mengunjungi situs kami di  www.penerbituwais.com atau menghubungi CS kami dengan klik tombol chat yang tersedia

Pada intinya tidak ada aturan yang pasti dalam menulis, hanya jika ingin tulisan kita dibaca oleh banyak orang maka sebaiknya kita mempelajari tata bahasa yang mudah di mengerti.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat