Penerbitbuku.net

Jasa Penerbitan dan cetak buku terbaik di Indonesia
Cara mudah menerbitkan buku sendiri

Ingin Menerbitkan Buku Sendiri? Berikut 8 Cara Mudah Menerbitkan Buku Sendiri!

Bagaimana Cara Menerbitkan Buku Sendiri?

Cara mudah menerbitkan buku sendiri
 Cara Mudah Menerbitkan Buku Sendiri!

Menerbitkan buku sendiri atau self publishing merupakan cara yang populer digunakan oleh para penulis masa sekarang. Self publishing merupakan cara yang mudah untuk menerbitkan buku. Cocok bagi kalian yang ingin menerbitkan buku dengan kualitas baik serta penerbitan dengan waktu yang singkat.

Ya seperti yang kita tahu bahwa menerbitkan buku itu ada dua cara yaitu, menerbitkan buku sendiri atau self publishing dan menerbitkan buku di penerbit mayor. Alasan kenapa para penulis zaman sekarang lebih suka menerbitkan buku sendiri selain tidak memakan banyak waktu dan kualitas yang baik adalah, tidak adanya penolakan naskah. Penulis bebas menerbitkan buku dengan tema apapun dan tidak harus disesuaikan dengan tema/haluan yang biasanya dimiliki penerbit.

Nah! bagi kalian yang ingin menerbitkan buku sendiri tapi masih belum tahu caranya, simak cara menerbitkan buku sendiri berikut sampai akhir ya!

1. Menyiapkan Naskah

Cara yang pertama dan yang paling penting dalam menerbitkan buku adalah menyiapkan naskah. Pastikan naskah yang akan kalian terbitkan ini sudah baik dan rapi. Selain itu, kalian juga harus memperhatikan cara-cara penulisan, bahasa yang mudah dipahami, topik yang menarik, dan kalimat yang mudah dipahami.

Alangkah baiknya, naskah yang akan kalian terbitkan disunting terlebih dahulu supaya menghasilkan buku yang berkualitas. Kalian bisa menyunting naskah mulai dari pembenaran tanda baca, penulisan dan peletakan kalimat yang kurang sesuai.

2. Menentukan Desain Cover

Bagian ini juga merupakan bagian penting dalam menerbitkan sebuah buku. Anda harus memilih atau membuat desain cover buku yang sesuai dengan tema buku yang akan kita terbitkan. Mengapa anda harus memilih cover yang tepat? karena cover dapat menunjang isi buku. Sebenarnya cover tidak mempengaruhi kualitas buku, namun jika tampilan cover kurang menarik akan mengurangi minat beli.

Maka dari itu kita harus membuat cover semenarik mungkin.

3. Menyiapkan Modal

Setelah kalian menyiapkan naskah, langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah menyiapkan modal. Modal ini untuk biaya percetakan dan proses penerbitannya. Biaya yang dikeluarkan untuk menerbitkan buku ini juga berbeda dengan wilayah lainnya. Karena setiap penerbit memiliki kebijakan masing-masing.

Ketebalan buku dan jenis kertas juga mempengaruhi jumlah biaya yang kita keluarkan. Tidak hanya itu, para penerbit juga biasanya menawarkan layouter dan pembuatan sampul ISBN. Namun jika anda ingin menghemat modal, anda bisa membuat layout sendiri. Tapi sebaiknya sebelum kita mengirim naskah, kita harus mempertanyakan jumlah modal yang kita gunakan untuk menerbitkan buku kepada penerbit.

4. Layout

Proses layout merupakan proses yang cukup vital dalam menerbitkan buku. Jika anda memiliki keterampilan dalam mendesain, anda bisa membuat layout sendiri. Membuat layout sendiri juga dapat menghemat biaya penerbitan buku dan juga sangat menguntungkan. Karena terkadang pihak percetakan tidak menawarkan jasa pembuatan layout.

5. Mengurus ISBN

Supaya buku kita legal dan mencakup standar seluruh dunia, kita harus mencantumkan ISBN ke dalam buku kita. Tetapi jika anda tidak mempermasalahkan buku anda dalam katalog resmi tanpa ISBN, buku anda tetap bisa terbit.

6. Menentukan Kualifikasi Buku

Cara ini menyangkut jenis kertas yang digunakan. Anda bisa memilih kertas buram eksport, kertas buram import dan kertas hvs pada umumnya.

7. Menghubungi Percetakan

Setelah kita menyiapkan semua hal yang ada di atas, langkah yang selanjutnya adalah kita menghubungi pihak percetakan. Zaman sekarang tidak perlu susah-susah untuk mencari tempat percetakan dengan kualitas unggul. Anda bisa mencari tempat-tempat percetakan melalui media sosial. Atau kita juga bisa menggunakan fasilitas percetakan online seperti PrintQoe.com yang dapat memudahkan anda untuk menerbitkan buku secara mandiri.

8. Menentukan Harga

Selanjutnya, cara yang terakhir ini memerlukan banyak pertimbangan. Sebagai penulis, kita tidak bisa memberi harga yang terlalu murah walaupun kita menerbitkan buku itu secara self publishing. Untuk menentukan harga yang sesuai, kita bisa melakukan cara-cara seperti menganalisis pasar, survei pasar, dan distribusi buku. Dengan cara tersebut, kita bisa membandingkan harga buku-buku yang ada dipasaran. Selain itu, cara tersebut juga bisa membantu kesuksesan kita dalam memasarkan buku.

Nah! itu tadi cara-cara menerbitkan buku secara mandiri atau self publishing. Bagaimana? menerbitkan buku secara mandiri cukup mudah bukan? sekarang anda tidak perlu bingung lagi jika ingin menerbitkan buku secara mandiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat