Penerbitbuku.net

Jasa Penerbitan dan cetak buku terbaik di Indonesia
cara membuat buku

Bagaimana Cara Membuat Buku? Beriku 6 cara membuat buku yang baik

Cara Membuat Buku

cara membuat buku

Apakah anda selalu bermimpi untuk menjadi penulis buku terkenal? Atau mungkin sebuah ide cerita dan anda memutuskan untuk menuangkannya ke dalam tulisan. Menulis membutuhkan proses dan beberapa langkah yang bisa kita lakukan sekaligus dapat membantu membangun kepercayaan diri dan keberanian yang di butuhkan untuk memulai buku pertama anda. Menulis sebuah buku adalah salah satu kegiatan positif yang bisa di lakukan oleh kalangan akademisi sebagai salah satu wahana untuk berkontribusi secara nyata di dunia pendidikan.

Menulis pada dasarnya bukan menjadi sesuatu yang sulit untuk di lakukan apabila kita mengetahui secara jelas langkah – langkah yang bisa di lakukan ketika menulis. Dalam membuat atau menulis buku, penulis harus memahami cara atau tips menulis buku yang baik dan juga tepat dilakukan salah satunya membuat outline buku. Hal ini agar penulis mampu menyelesaikan tulisannya dengan lancar dan juga memiliki hasil tulisan yang baik.

Oleh sebab itu, ada berbagai hal dan juga berbagai aspek yang harus dipelajari. Ada banyak hal yang harus dipelajari, mulai dari mengenal berbagai unsur menulis buku dan aspek lainnya yang tak kalah penting. Perlu diketahui untuk menulis sebuah buku atau membuat buku, penulis harus melakukan persiapan matang dalam menulis. Salah satu hal yang harus dilakukan sebelum memulai menulis buku adalah membuat outline buku.

Nah, Berikut adalah beberapa langkah mudah yang bisa kita lakukan ketika kita memiliki keinginan yang kuat untuk membuat sebuah buku.

cara membuat buku

1. Buat Rancangan Naskah atau Kerangka Buku

Salah satu langkah awal yang penting untuk di lakukan adalah membuat rancangan isi atau kerangka buku yang ingin kita buat. Apabila sudah ada materi atau data yang siap untuk di ketik, maka hal tersebut akan mempermudah penulis untuk menuangkan gagasannya. Bab – bak yang mungkin kita buat bisa berawal dari bab 1 terkait dengan penjelasan tentang daya tarik. bab 2 tentang profil, bab 3 tentang contoh-contoh dan bab 4 tentang refleksi akhir dari temuan atau isi yang telah di susun. Hal tersebut di lakukan untuk mempermudah penulis dalam melakukan pengumpulan data. Langkah – langkah tersebut juga di ambil supaya gagasan yang ingi kita sampaikan tidak keluar dari materi yang ingin kita lakuakan/ angkat.

2. Sistematika dan Struktur Penulisan

Sistematik Penulisan pada cara membuat buku adalah isi dari naskahnya di tulis secara terstruktur mulai dari pengetahuan dasar, sejarah, metode dan pembahasan yang masing – masing di lengkapi dengan bab, sub bab, dan sub – sub bab. Dengan demikian pembaca akan lebih senang dengan produk bukunya.

3. Perhatikan Gaya Penulisan

Menggunakan bahasa yang mudah di pahami. Karena itu, hindari menggunakan bahasa yang terlalu tinggi jika traget pasarnya adalah untu kalangan umum. Bahasa untuk cara membuat buku sesuai dengan tema tulisannya, misalnya temanya tentang pendidikan maka sedapat mungkin jangan menggunakan kata – kata atau bahasa yang terlalu tinggi sehingga sulit di pahami sasaran pembacanya.

4. Penyusunan Topik dan Ide

Meski terlihat sepele, penyusunan topik dan ide ini menjadi hal penting yang harus diulas dan juga dicarikan berbagai referensi untuk mematangkan topik dan ide yang dicari sehingga dalam penulisan outline buku tidak salah atau tidak berseberangan dengan isi buku

5. Tentukan Cover yang Menarik

Jika kelak anda sudah menjadi penulis terkenal, maka nama penulis menjadi sebuah jaminan tersendiri. Jika nantinya ingin menerbitkan dengan metode self publishing atau penerbitan indie, maka anda perlu menentukan cover yang menarik. Jika di terbitkan oleh penerbit mayor, biasanya sudah di tentukan covernya oleh pihak penerbitnya.

6. Simpan dan Konversikan File

Jika semua konten sudah lengkap dan tersusun rapi, ini saatnya kamu menyimpan file buku digital. Aplikasi akan mengkonversikan file buku agar sesuai dengan format buku digital pada umumnya. Kamu bisa memilih format keluaran sesuai keinginan, misalnya PDF, PRC, HTML, dan lain sebagainya. Aplikasi pembuat buku digital membutuhkan beberapa waktu sesaat untuk mengonversikan format keluaran ini. Jika proses konversi sudah selesai, akan ada notifikasi yang muncul di layar tampilan aplikasi.

cara membuat buku

 

Semoga artikel yang kami buat ini bisa bermanfaat dan bisa membantumu menangani cara membuat buku. Anda dapat mengunjungi situs kami di  www.penerbituwais.com atau menghubungi ke CS kami +62 812-3004-1340

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat