Penerbitbuku.net

Jasa Penerbitan dan cetak buku terbaik di Indonesia
cara menulis referensi dari jurnal

Inilah 2 Cara Menulis Referensi dari Jurnal yang Baik

Cara Menulis Referensi dari Jurnal

Untuk cara penulisan referensi dari jurnal ternyata sangat mudah lho, Jurnal adalah suatu kutipan atau laporan yang memuat Karya Tulis Ilmiah yang mengandung data dan informasi penting hasil dari sebuah penelitan. Baik itu penelitian dalam bidang Ilmu pengetahuan alam, kedokteran, sosial, teknologi dan lain sebagainya. bahkan kamu bisa menggunakan berbagai format untuk membuatnya. Kalau kamu sedang menyusun jurnal, baik tugas kuliah maupun tugas akhir bahkan skripsi, harus tahu apa itu referensi.

Apa Itu Referensi ??

Referensi adalah suatu informasi yang bisa kita jadikan sebagai rujukan atau sumber acuan untuk mempertegas suatu pernyataan yang disampaikan. Referensi bisa berupa banyak hal, dari objek material, orang, peristiwa, aktivitas, hingga konsep abstrak. Ada juga yang mengatakan bahwa referensi adalah sesuatu yang digunakan oleh pemberi informasi untuk mendukung atau memperkuat pernyataannya.

nah, berikut adalah pembahasan cara menulis referensi jurnal!

  1. Cara Penulisan Referesi dari Jurnal dengan APA Style 

Adapun cara menulis referensi berdasarkan karakteristik dari gaya penulisan APA Styles, meliputi beberapa poin berikut.

  • Saat d ituliskan di halaman daftar pustaka, di tulis secara berurutan berdasarkan alfabetis. Ditulis dari nama belakang penulis (jika penulis memiliki nama panjang). Jika referensi tersebut tidak ada penulisnya, maka bisa dituliskan judulnya.
  • Nama depan penulis ditulis sebagai inisial.
  • Jika referensi berasal dari sumber penulis yang sama, maka diurutkan dari tahun yang paling lama.
  • Setelah penulisan tahun, dibelakang tahun dapat dituliskan huruf a, b dan c

  2. Cara Penulisan Referensi dari Jurnal dengan MLA style

MLA style dikembangkan oleh the Modern Language Association (MLA), sebuah organisasi yang mempromosikan studi bahasa dan sastra. MLA merupakan gaya standar untuk memformat paper dan laporan- laporan di beberapa sekolah dan college. Ia juga di gunakan oleh sejumlah publikasi ilmiah. Penulisan nama penulis ditulis secara lengkap. Jika penulisan memiliki nama depan dan nama belakang tetap dituliskan. menuliskan nomor halaman kutipan dan menuliskan kutipan kata terakhir.

Free photos of Books

Contoh Penulisan Referensi :

sebelumnya kita sudah mengetahui tentang pengertian dan karakteristik cara menulis referensinya, sekarang kita akan memberikan contoh penulisaanya :

1. Contoh Penulisan Referesi dari Jurnal dengan APA Style 

    • Format dasar : Nama penulis. (tahun terbit). judul utama buku. anak judul buku. (edisi keberapa, kalau ada). kota terbit, negara atau singkatan negara bagian: penerbit.
    • sumber dari surat kabar/majalah.

format : nama penulis. (tahun penerbitan). judul utama artikel: anak judul artikel. judul/ nama serial, volume (issues number), halaman.

    • Penulisan Daftar Pustaka Jurnal Bentuk Cetak (2 Pengarang)Wassman, J., & Dasen, P.R. (1998). Balinese spatial orientation. Journal of Royal Anthropological
      Institute, 4, 689-731.

2. Contoh Penulisan Referensi dari Jurnal dengan MLA Style

cara menulis referensi dengan MLA style dapat berbeda- beda, tergantung dari sumber referensi yang digunakan. berikut beberapa sumber referensi yang di gunakan.

    • Format  : Nama Akhir, Nama Awal. “Judul Artikel.” Nama Jurnal Volume. edisi (Tahun Publikasi): Media.
    • Penulisan Daftar Pustaka Jurnal (Satu Penulis)Smith, John. “Studies in pop rocks and Coke.” Weird Science 12 (2009): 78-93. Print.Smith, John. “Studies in pop rocks and Coke.” Weird Science 12.3 (2009): 78-93. Print.

      Jonathan, Karim. “Beyond Growth: Library and Development.” Annals of Library Research 40. 5 (2015): 1111‐1130. Print.

Manfaat dan Tujuan Referensi

Cara penulisan referensi dari jurnal punya tujuan yaitu menguatkan tulisan ilmiah. Maka dari itu, ketika mengutip sebuah tulisan jangan lupa untuk memberikan dan menulis sumbernya. Hal ini juga berguna untuk menghindari tuduhan plagiasi. Selain untuk menghindari plagiasi, penulisan referensi juga sebagai bentuk penghargaan bagi penulis yang menjadi sumber acuan dalam penulisan karya ilmiah. Dengan begitu, Kamu bisa mengakui bahwa ide atau kutipan yang Kamu tulis berasal dari pemikiran orang lain. Tujuan dari cara membuat referensi dari jurnal lainnya adalah membantu pembaca lainnya mengetahui lebih dalam sumber kutipan karya ilmiah.

Demikian penjelasan singkat mengenai cara menulis referensi dari jurnal . Perhatikan setiap aspek dan format yang akan digunakan supaya hasil karya tulismu terjamin kebenaran informasinya. Ingin menerbitkan buku? Anda dapat mengunjungi situs kami di  www.penerbituwais.com atau berkosultasi ke CS kami +62 812-3004-1340

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat