Penerbitbuku.net

Jasa Penerbitan dan cetak buku terbaik di Indonesia
cara membuaat buku

Bagaimana Cara Menerbitkan Buku? yuk simak 2 cara berikut!

Cara Menerbitkan Buku

Work, Computer, Apple, Business, Office

Cara menerbitkan buku ~ Bagi penulis pemula, tentu masih kebingungan tentang bagaimana cara menerbitkan buku. Nah, untuk cara menerbitkan buku tida terlalu sulit untuk di lakukan. hanya saja ada beberapa hal yang perlu di perhatikan oleh penulis. sebuah buku akan diterbitkan oleh penerbit buku yang bersangkutan apabila naskah tersebut memang layak untuk di terbitkan. Di sisi lain, ada indikator – indikator lanjutan yang membuat naskah tersebut layak terbit. Oleh karena itu, kita bisa memilih secara bebas penerbit buku yang sekiranya dapat membantu untuk menerbitkan buku kita. Meskipun demikian, setidaknya ada beberapa persyaratan umum yang harus diketahui dalam cara menerbitkan buku. Cara menerbitkan buku ada dua cara, yaitu melalui penerbitan dan self publishing (menerbitkan buku sendiri). yuk simak pembahasannya di bawah ini!

Punya Naskah Bagus? Pelajari 3 Cara Menerbitkan Buku Ini ⋆ Penulispro.net

1. Melalui Penerbit

  • Genre Penerbitan ~ memperhatikan atau mencari informasi mengenai genre buku yang di terima penerbit. Mengapa? karena beberapa penerbit memang menentukan gener tertentu yang akan di terima. ada penerbit yang hanya menerima naskah buku yang ditulis para perempuan, naskah bertemakan remaja. Jadi, pastikan mencari terlebih dahulu agar genre dari naskah buku yang ditulis memang sesuai.
  • Reputasi Penerbitan ~ reputasi akan menentukan seberapa bagus kualitas pembuatannya, sehingga membuat naskah buku mudah untuk diterima masyarakat luas. Jadi, usahakan selektif dalam memilih penerbit dan mengutamakan yang berkualitas penerbitannya bagus.
  • Biaya dalam Penerbitan ~ penulis perlu membayar biaya untuk menerbitkan naskah buku buku yang telah di kirimkan dan diterima. Setiap penerbit mematok biaya yang beragam, jadi cari penerbit dengan biaya yang paling sesuai. Bisa juga memilih penerbit indie dengan mencetak sedikit buku. Supaya biaya lebih rasional dengan kapasitas modal yang tersedia. Sedangkan bagi penulis dengan modal besar, sebaiknya tetap bijak memilih penerbit.
  • Kualitas Layanan ~ penting sekali untuk melihat penerbit yang informatif, profesional dan juga selalu ramah dengan menjaga tutur katanya. Jadi, pilih penerbit profesional yang selalu mengedepankan kenyamanan pelanggan. anda bisa juga rutin berkosultasi dengan pihak CS penerbit tersebut.
  • Waktu Pengerjaan ~ penerbit mayor membutuhkan proses lebih panjang dan seleksi yang ketat. Jadi, jika anda buru – buru maka bisa beralih ke penerbit indie. Sedangkan di penerbit indie perlu menanyakan waktu pengerjaanya. Pastikan buku yang dicetak selesai tepat waktu dan bisa di ambil sesuai jadwal.

2. Melalui Self Publishing (menerbitkan buku sendiri)

  1. Tahap penulisan naskah merupakan yang pertama. Tahap ini di awali dengan mempersiapkan ide, konsep dasar, dan membuat kerangka – kerangka.
  2. Mulai menulis naskah. Pada step ini, kamu pasti akan melakukan revisi berkali- kali. Harus tetap semangat.
  3. Kemudian masuk ke tahap pracetak. Pertama kamu harus melewati proses penyuntingan naskah. Kamu bisa melakukan sendiri atau menyewa jasa orang lain, termasuk jasa editor dari platform self publishing pilihanmu.
  4. Buat pengemasan naskah. Mulai dari menyusun layout, ilustrasi, dan desain cover buku. Beberapa jasa self publishing menyediakan layanan ini, dengan biaya tambahan.
  5. Saatnya persiapan cetak dengan membuat dummy buku dan melakukan proofreading untuk meminimalisasi kesalahan penulisan.
  6. Lanjut ke tahap cetak. Proses ini akan dibantu oleh platform self publishing yang kamu pilih.
  7. Daftarkan karyamu ke International Standard Book Number (ISBN) lewat Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI). Sudah banyak jasa self publishing yang bisa membantumu melakukannya, jangan khawatir.
  8. Lanjut ke tahap pascacetak. Mulai mendistribusikan, memasarkan, dan menjual buku sendiri. Kamu juga bisa menggunakan jasa perusahaan self publishing lagi loh. Beberapa menawarkan jasa distribusi ke toko-toko buku.

Library, Books, Tv, Multimedia, Room

Nah, itulah 2 cara menerbitkan buku. Namun sebelum menerbitkan buku tentu kamu harus merampungkan naskahmu. Kepercayaan pembaca adalah aset paling berharga bagi seorang penulis, karena penulis tida ada apa – apanya tanpa pembaca. Perlu anda ingat, bahwa tidak ada cara menerbitkan buku yang lebih baik dari pada yang lain. Masing – masing punya kuntungan sendiri – sendiri, yang bisa maksimal banget anda manfaatkan kalau bisa anda sesuaikan dengan tujuan dan traget anda menerbitkan buku.

Ingin menerbitkan buku? Anda dapat mengunjungi situs kami di  www.penerbituwais.com atau menghubungi ke CS kami +62 812-3004-1340

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat