Penerbitbuku.net

Jasa Penerbitan dan cetak buku terbaik di Indonesia
9 cara menerbitkan novel

Ingin tahu cara menerbitkan novel sendiri? Nah, inilah 9 cara menerbitkan novel

 9  CARA MENERBITKAN NOVEL SENDIRI !

kamu punya bakat menulis dan ingin menerbitkannya? biasanya, keinginan kamu ini terbentur dengan banyaknya syarat dari penerbit. Namun, impianmu menjadi penulis tidak boleh berhenti begitu saja.

semakin ketat dan banyaknya naskah novel yang ditulis, semakin sulit pula naskah yang kita tulis  untuk di terbitkan oleh penerbit besar, sehingga diperlukan cara lain untuk menerbitkan novel yang kita tulis. Namun, ada soulsi lain yang bisa kita lakukan saat naskah yang ditulis ditolak oleh penerbit, yaitu dengan menerbitkan sendiri atau disebut juga sebagai self publishing. Daripada naskah yang kamu tulis hanya menganggur di laptop dan tidak dibaca oleh banyak orang, akan lebih baik jika kita terbitkan sendiri sesuai dengan selera yang kita mau. Di sini, semua hal yang berurusan dengan proses penerbitan akan diurus sendiri oleh kamu, sehingga diperlukan ketelitian saat kamu mencoba untuk melakukan self publishing.

nah beriku adalah cara menerbitkan novel :

  1.  Menyiapkan Naskah Novel

Naskah yang sudah kamu tulis bisa kamu baca kembali  dan koreksi agar terlihat lehih rapi dan sempurna. Selama penyutingan, editor akan turut membantu memperbaiki naskah yang kamu miliki, mulai dari tanda baca, penggunaan kata hingga kalimat yang dirasa kuran pas. Buatlah judul yang dapat membantu orang tertarik. Judul buku dapat menggoda orang untuk membeli novel anda atau sebaliknya. Untuk hasil terbaik, sertakan subjek atau katagori  dalam judul atau subjudul ,  sehingga para pembaca dapat menemukan buku novel anda dikatalog atau basis data berdasarkan subjek.

2. Menentukan Cover yang Menarik

novelCover buku adalah salah satu cara media promosi, bagaimana caranya agar penerbit langsung tertarik saat melihat pada pandangan pertama dari cover. Misalnya, memperhatikan font tulisan, memperhatikan judul sehingga memperhatikan warna cover yang akan dipilih.

 

 

 

3. Menyiapkan Modal

Besar uang yang harus di siapkan pun bervariatif. Banyaknya modal yang akan kita keluarkan juga tergantung dari jumlah ketebalan naskah dan jenis kertas yang dibuat. Kemudian membandingkan harga dari percetanakan satu dengan percetakan yang lain untuk memudahkan anggaran modal yang perlu dikeluarkan.

4. Layout

Proses layout naskah novel adalah salah satu perkerjaan yang cukup vital atau bisa menggunakan jasa layouter dari pihak percetakan yang menyediakan jasa layout.

5. Mendaftarkan  ISBN

Nomor ISBN adalah kode 13 angka yang digunakan untuk mengidentifikasi dan melacak  buku dengan mudah. kode ISBN perlu didapatkan agar novel anda terdaftar di basis data bowker tempat toko buku novel tersebut.

6. Menentukan Harga Jual

Setelah kamu mendapatkan percetakan yang sesuai dan buku telah selesai diterbitkan , kini saatnya untuk menentukan harga jual buku. Menentukan harga buku perlu di analisis dan perhitungan. Sebagai self publishing, bukan berarti memberikan harga novel dengan harga terlalu murah.

7. Survei Pasar

setidaknya, dengan survei kita tahu kondisi yang sebenarnya dilapangan. Misalnya melakukan survei harga, kita hanya melihat daftar harga antara buku satu dengan yang lainnya.

8. Menganalisis Pasar

Bisa memilih lokasi yang strategis. Supaya para penulis tahu ada penerbit yang menawarkan harga lebih murah dan pemasaran yang lebih menguntungkan. Hal penting lain, memetakan kinerja yang dijalankan. Misalnya, memetakan jumlah karyawan yang akan dilibatkan, mempertimbangkan pendistribusian novel yang berhasil kita terbitkan agar terjual lebih efektif. Cara-cara sederhana seperti ini yang sebetulnya sangat penting. keuntungan melakukan analisis pasar membantu untuk menetapkan standar usaha yang ingin dirahi.

9. Mendistribusikan novel

Kesuksesan dalam melakukan cara menerbitkan novel sendiri adalah memasarkan novel yang sudah dicetak dimana penerbitnya bisa berkerjasama dengan di stributor buku untuk memasarkan novel yang sudah di terbitkan. itulah ulasan persiapan yang harus dilakukan oleh penulis untuk menerbitkan buku novel.

Nah, itulah ulasan kami mengenai cara menerbitkan buku novel!

Semoga artikel yang kami buat ini bisa bermanfaat dan bisa membantumu menangani cara menerbitkan novel sendiri. Anda juga dapat mengunjungi situs kami di  www.penerbituwais.com jika ada pertanyaan tentang mengenai menerbitkan buku atau novel bisa berkosultasi ke CS kami dengan klik tombol chat yang tersedia, terimakasih.

penerbit buku

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat