Penerbitbuku.net

Jasa Penerbitan dan cetak buku terbaik di Indonesia
cek plagiarisme

3 Tools dan Langkah Cek Plagiarisme yang Benar

cek plagiarisme

 

Cek plagiarisme online

Anda bingung cara bagaimana cek plagiarisme online maupun offline yang efektif?

Silakan ikuti panduan dibawah ini.

Plagiarisme, tentu kita semua sudah mengetahui apa artinya itu, sebuah hal yang bisa dibilang serius yang ada di banyak bidang. Tindakan ini tentunya tidak baik secara etika namun juga berdampak buruk pada reputasi seseorang.

Dalam mengatasi plagiarisme dan memastikan suatu karya itu asli, menggunakan tools yang efektif untuk melakukan cek plagiarisme menjadi hal yang penting. Dalam artikel ini, kita akan membahas konsep plagiarisme dan langkah praktis untuk melakukan cek plagiarisme yang efektif.

Konsep Plagiarisme

Plagiarisme adalah ketika seseorang menggunakan ide, kata atau karya orang lain tanpa memberikan sumber rujukan dan atau tanpa seizin pemilik karya. Berikut ini adalah beberapa bentuk yang umum dari plagiarisme

Plagiat kata

Plagiat kata terjadi ketika seseorang meng-copy teks secara langsung, dari karya asli tanpa memberi sumber rujukan ataupun kutipan.

Plagiat ide

Plagiat ide terjadi saat seseorang mengambil suatu konsep maupun gagasan tanpa memberi credit kepada pemilik tulisan asli.

Konsep plagiarisme sendiri memerlukan pemahaman yang lebih mendalam, dan ini harusnya bisa menjadi fondasi bagi diri kita untuk mencegah terjadinya tindakan plagiarisme. Dan harus ada pertanyaan untuk sendiri, kita tidak mau kan kalau misal karya kita diambil orang lain atau ditiru tanpa izin? Tentu jawabannya, tidak.

Banyak tools untuk melakukan cek plagiarisme online untuk memastikan karya kita asli. Tools berikut membantu kita memeriksa kesamaan kata, struktur pada kalimat serta gaya penulisan.

Dengan menggunakan tools ini, penulis dapat mengidentifikasi dan melakukan koreksi potensi plagiarisme sebelum karya dipublish, serta memastikan bahwa karya tulis yang dihasilkan benar-benar terjamin kualitas dan orisinalitasnya. Berikut adalah beberapa tools di antaranya:

Turnitin

Tools ini memang sudah umum sekali digunakan di institusi pendidikan untuk melakukan cek plagiarisme dalam tugas, penelitian, maupun makalah. Anda yang sedang kuliah ataupun seorang dosen bisa memanfaatkan fitur ini untuk melakukan cek plagiarisme.

Grammarly

Selain memeriksa ejaan dan tata bahasam grammarly juga memiliki fitur cek plagiarisme yang bisa mengecek plagiarisme artikel atau dokumen anda

Plagscan

Plagscan juga dapat anda manfaatkan sebagai salah satu tools untuk melakukan cek plagiarisme karena tools ini bisa efektif dalam mendeteksi plagiasi dengan melakukan scan menyeluruh pada teks

Dan masih banyak lagi tools yang efektif yang bisa anda coba untuk melakukan cek plagiarisme secara online.

 

cek plagiarisme

Cara mengecek plagiarisme

Selain menggunakan tools, apa saja yang harus dilakukan saat melakukan cek plagiasi?

Penggunaan sumber referensi dengan benar

Saat melakukan penelitian atau menulis, pastikan untuk mencatumkan sumber referensi yang digunakan dalam daftar pustaka. Ini penting, kenapa? Karena memberi atribusi yang benar ketika anda mengambil tulisan orang lain menunjukkan integritas akademis maupun profesionalitas anda.

Melakukan pengecekan manual

Selain menggunakan tools, tak kalah penting anda juga harus melakukan pengecekan secara manual, karena sebelum di publish hanya anda yang mengerti betul tata bahasa dan ejaan dalam tulisan. Selain itu mengecek ulang sumber referensi dan menuliskan dalam format yang benar pada daftar pustaka. Jika anda belum tahu cara menuliskan daftar pustaka, silakan baca dulu artikelnya disini.

Perhatikan gaya penulisan

Tidak hanya kata-kata maupun struktur kalimat, plagiarisme juga mencakup gaya penulisan. Memastikan bahwa gaya penulisan tidak mirip dengan referensi atau sumber bacaan adalah hal penting. Jika gaya penulisan anda terlalu mirip dengan sumber rujukan tentunya hal tersebut juga dianggap sebagai plagiarisme

 

Kesimpulan

Melakukan cek plagiarisme adalah hal utama dalam memastikan keaslian tulisan dan tentunya mematuhi etika dalam melakukan penulisan. Dengan cara pertama yaitu menggunakan tools yang telah disebutkan diatas, lalu jika anda mengutip maka menuliskannya sebagai rujukan di daftar pustaka, setelah itu melakukan cek secara manual dan terakhir harus memperhatikan gaya penulisan. Dengan melakukan semua hal yang telah dibahas diatas, tentunya akan membantu anda dalam membuat karya tulis menjadi lebih baik lagi dan juga menambah rasa percaya diri dalam diri penulis akan karya yang telah dibuatnya. Bukankah benar begitu?

Setelah anda menyelesaikan naskah atau penelitian, dan juga telah mengikuti panduan cek plagiarisme diatas, langkah selanjutnya yaitu bagaimana cara menerbitkannya. Tentu, anda bisa mempercayakan naskah anda kepada Penerbit Uwais.

Penerbit Uwais sudah menjadi anggota IKAPI sejak 2019 dengan komitmen menerbitkan buku dengan kualitas dan cetakan yang terbaik. Sehingga karya penulis dapat dinikmati oleh lebih banyak pembaca. Penerbit Uwais menawarkan layanan agar memudahkan penulis menerbitkan karyanya.

Sekarang giliran anda untuk mewujudkan karya terbaik dan membagikan ilmu itu kepada dunia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat