Penerbitbuku.net

Jasa Penerbitan dan cetak buku terbaik di Indonesia

Butuh Pengurusan ISBN? Simak 3 Langkah Berikut!

 Pengurusan ISBN
Pengurusan ISBN

 

Jasa Pengurusan ISBN Terbaik

Apa kabar, penulis semua?

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang ISBN dan cara mengajukan ISBN itu seperti apa.

Pertama-tama, kalian harus tahu pengertian ISBN itu apa. ISBN merupakan singkatan dari International Standard Book Number, yaitu pengindentikasi unik untuk buku-buku yang digunakan secara komersial. Sistem ISBN diciptakan di Britania Raya pada tahun 1966 oleh seorang pedagang buku dan alat-alat tulis W H Smith dan mulanya disebut Standard Book Numbering atau SBN (digunakan hingga tahun 1974). Sistem ini diadopsi sebagai standar internasional ISO 2108 tahun 1970. Pengidentikasi serupa, International Standard Serial Number (ISSN), digunakan untuk publikasi periodik seperti majalah.

ISBN diperuntukkan bagi penerbitan buku. Nomor ISBN tidak bisa dipergunakan secara sembarangan, diatur oleh sebuah lembaga internasional yang berkedudukan di Berlin, Jerman. Untuk memperolehnya bisa menghubungi perwakilan lembaga ISBN di tiap negara yang telah ditunjuk oleh lembaga internasional ISBN. Perwakilan lembaga internasional ISBN di Indonesia adalah Perpustakaan Nasional RI sejak ditunjuknya lembaga tersebut menjadi badan nasional ISBN untuk wilayah negara kesatuan Republik Indonesia pada tahun 1986.

ISBN terdiri dari 10 digit nomor dengan urutan penulisan adalah kode negara-kode penerbit-kode buku-no identifikasi. Namun, mulai Januari 2007 penulisan ISBN mengalami perubahan mengikuti pola EAN, yaitu 13 digit nomor. Perbedaannya hanya terletak pada tiga digit nomor pertama ditambah 978. Jadi, penulisan ISBN 13 digit adalah 978-kode negara-kode penerbit-kode buku-no identifikasi.

Awalan ISBN untuk negara Indonesia adalah 979 dan 602.

Kedua, anda butuh Jasa Pengurusan ISBN Terbaik atau bisa melalui Perpusnas atau melalui jasa penerbit buku yang sudah terpercaya. Kalau saran saya lebih baik yang sudah termasuk anggota IKAPI. Biasanya kebanyakan orang memilih Penerbit yang sudah terdaftar di IKAPI karena sudah jelas kualitas dan kredibelitasnya.

Seperti di Penerbit Uwais Inspirasi Indonesia, anda bisa mendaftarkan karya anda di Perpusnas. Melalui Penerbit Uwais, anda bisa menerbitkan buku, cetak buku satuan, bahkan mengurus ISBN saja.

Baca Juga: 3 Langkah Mudah Menerbitkan Buku Dengan Cepat 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *