Penerbitbuku.net

Jasa Penerbitan dan cetak buku terbaik di Indonesia

3 Cara Menjadi Penulis Hebat, Dijamin Naskah Terbit!

Cara Menjadi Penulis Hebat
Cara Menjadi Penulis Hebat

sumber: relevance.com

Cara Menjadi Penulis Hebat

Bagi penulis yang naskahnya sudah tembus di redaksi penerbit mayor tentu sangat bangga dengan hasil jerih payahnya. Apalagi waktu menunggu yang tidak sebentar sekitar 3 – 4 bulan untuk menunggu proses seleksi. Agar naskah tulisanmu bisa diterima penerbit juga tidak ada susahnya. Bila penulis telah professional. Bagaimana dengan pemula? dengan sering menulis kata yang terlintas dalam benak kita atau pun ide yang kita temukan maka secara tidak langsung akan dan pikiran kita akan belajar menyusun kata demi kata. Mungkin di awal-awal akan terasa berat, tapi begitu kamu sudah sering kali melakukannya maka tanganmu akan mulai terasa lentur dan tidak kaku lagi menerima perintah kata-kata yang harus dituliskan dari otak. Begitulah cara menjadi penulis hebat di awal.

Yang namanya proses tentu butuh waktu panjang untuk mewujudkannya, demikian juga jika kamu punya impian jadi penulis maka harus mau menjalani prosesnya kalau perlu dari nol dan tanpa apa-apa sebelumnya. Kuncinya hanya 2, yaitu sabar dan berusaha. Sabar di sini bukan berarti tinggal diam tapi sabar dalam usaha dimana kamu terus belajar dan praktek.

Tahu satu ilmu langsung praktekkan satu ilmu tersebut, tidak usah menunggu tahu 10 hal baru praktekkan sekaligus 10 hal yang kamu ketahui tersebut karena tentunya akan lama dan sulit merealisasikannya. Tapi jika kamu praktekkan satu ilmu langsung praktek maka lambat laun ada 1000 ilmu dikepalamu yang tanpa kau sadari sudah membentuk dirimu menjadi penulis profesional dengan segudang ilmu yang sudah kamu keluarkan.

Jadi gimana sih cara menjadi penulis yang hebat?

Baca Juga : 3 Langkah Mudah Menerbitkan Buku Dengan Cepat

Cara Menjadi Penulis Handal

Ketahui kebiasaan penulis buku terkenal

Mau jadi penulis terkenal ya tentunya ikuti kebiasaan orang terkenal juga, jangan meniru yang masih sama dan belum punya nama sama sekali karena kamu hanya akan kesulitan. Nah, 3 hal ini wajib kamu lakukan dan bagaimana caranya akan kamu ketahui setelah membaca panduannya.

  • Membaca

Kegiatan ini banyak dilakukan penulis ternama bukan hanya sekedar menambah ilmu pengetahuan tapi juga karena tujuan untuk lebih meningkatkan kata dan bahasa dalam benaknya, sehingga ketika ia menulis selalu saja ada kata-kata yang pas yang bisa ia gunakan untuk tiap kalimat yang ingin ia ungkapkan. Kebiasaan membaca ini terkadang sangat menetukan kualtias dari penulis itu sendiri. Oleh karena itu sebenarnya ini adalah salah satu cara menjadi penulis buku yang paling direkomendasikan untuk dilakukan setiap hari.

  • Menemukan Ide

Kalau kamu sudah sering membaca buku setiap hari, bukan berarti kamu juga akan mudah mendapat ide. Intinya ada pada kemauan dan tujuan yang ingin kamu capai setiap kali membaca. Kalau bisa, sebelum mulai baca buku kamu niatkan juga untuk tujuan ide tersebut. Dan tidak jarang ide juga muncul secara tiba-tiba. Terkadang ini terjadi ketika kita menghayalkan sesuatu atau terkadang juga datang tiba-tiba, nah kalau ketemu ide yang tiba-tiba seperti itu maka sebisa mungkin langsung tuliskan di kertas, jangan sampai petunjuk sesaat dari tuhan yang hanya muncul sekali tersebut hilang, karena mungkin bisa jadi ide itulah yang akan merubah hidupmu. Jadi jangan sampai kamu lewatkan momen seperti itu dalam hidupmu.

  • Menulis

Pahamilah susunan kata dan kalimat yang kita buat. Mulailah dari tulisan yang baku dan sesuai dengan EYD, baru kemudian masuk ke tahapan yang lebih profesional dengan belajar menulis dengan kata-kata yang lebih kreatif memainkan kata. Hanya saja untuk bisa sampai pada tahap ini seorang penulis harus bisa konsisten terus menulis setiap hari dengan menggabungkan dengan kebiasaan sebelumnya, yakni banyak membaca.

Cara Menjadi Penulis Berbakat

Jika sudah dipraktekkan semuanya dan tidak ingin menunggu lagi karyamu terbit, segera kirimkan naskahmu ke Penerbit Uwais (www.penerbituwais.com) dan dapatkan berbagai fasilitasnya. Kamu bisa memilih berbagai paket penerbitan dan tentunya naskahmu akan diproses menjadi buku hanya dalam waktu 3 – 4 minggu. Nah dengan itu kamu akan dikenal dunia dengan hasil karyamu. Untuk promosi tidak usah khawatir karena Penerbit Uwais akan membantu mempromosikan bukumu melalui google playbook. Intinya prosesmu, perjalananmu akan berawal dari Penerbit Uwais. Keren, kan?

 

Itulah cara menjadi penulis  yang bisa saya sampaikan.  Jangan sampai impianmu menjadi penulis hilang begitu saja.

 

“Karena menulis adalah bekerja untuk keabadian”

~Pramoedya Ananta Toer

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *