Penerbitbuku.net

Jasa Penerbitan dan cetak buku terbaik di Indonesia

HAKI : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Cara Mendapatkannya

Waktu 3 Minggu

Waktu 3 Minggu

   

 

 

UWAIS INSPIRASI INDONESIA

 

Hai sobat penulis! Kali ini kita akan membahas tentang HAKI 

Sebagai seorang penulis, kita wajib tahu dengan yang namanya HAKI atau Hak Kekayaan Intelektual. Mengapa wajib tahu tentang HAKI? Karena sebagai penulis anda akan membuat sebuah karya. Dan HAKI akan melindungi karya anda dari pencurian ataupun plagiatisme

Di sini kita akan membahas apa itu pengertian HAKI , Fungsi,  Tujuan , Dan Cara mendapatkannya . Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Pengertian HAKI

Apa itu HAKI?

Pada dasarnya konsep tentang HAKI bersumber pada pemikiran bahwa karya intelektual yang telah diciptakan atau dihasilkan manusia memerlukan pengorbanan waktu, tenaga, dan biaya.

Pengertian Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) atau Hak Kekayaan Intelektual (HKI) adalah hak untuk menikmati secara ekonomsi hasil dari suatu kreativitas intelektual.

Berdasarkan pengertian ini maka perlu adanya penghargaan atas hasil karya yang telah dihasilkan yaitu perlindungan hukum bagi kekayaan intelektual tersebut . Tujuannya adalah untuk mendorong dan menumbuhkembangkan semangay terus berkarya dan mencipta .

Objek perlindungan hukum yang di atur dalam HAKI adalah karya karya yang timbul atau lahir karena kemampuan intelektual manusia.

Secara umum, HAKI adalah hak yang timbul dari hasil olag pikir yang menghasilkan sautu produk atau proses yang berguna untuk manusia. Hasil olah pikir ini bentuknya bisa sangat beragam. Mulai dari merek atau brand, produk , aplikasi , suatu teknologi baru , temuan baru di sebuah bidang, dan lain lain.

Maka papaun yang berhasil ditemukan atau diciptakan, maka ada hak untuk mendapatkan paten maupun b

entuk HAKI lainnya, Hak Kekayaan Intelektual sendiri adalah hak untuk menikmati secara ekonomis hasil dari suatu kreativitas intelektual.

Dikatakan ada kesempatan bagi penemu menikmati hasil temuannya secara ekonomis, karena saat temuannya digunakan pihak lain. Maka perlu ada konfirmasi dan kemudian dan bentuk katakanlah imbalan jasa. Jadi intinya pihak yang menggunakan temuan tersebut wajib membayar sejumlah dana ke penemu sesuai kesepakatan.

Apa Pengertian HAKI Menurut Undang – Undang ?

Sedangkan menurut undang-undang, HAKI juga ddefinisikan secara lebih mendalam. HAKI dikatakan sebagai hak memperoleh perlindungan secara hukum atas kekayaan intelektual sesuai dengan peraturan perundang undangan. Adapun Undang-undang yang menjadi dasar hukum sekaligus menyampaikan definisi HAKI antara lain :

  • Pasal 1 ayat 15 Undang-undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2002 Tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, Dan Penerapan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Hak Kekayaan Intelektual
  • Undang-undang Nomor 29 Tahun 2000 Tentang Perlindungan Varietas Tanaman
  • Undang-undang Nomor 30 Tahun 2000 Tentang Rahasia Dagang
  • Undang-undang Nomor 31 Tahun 2000 Tentang Desain Industri
  • Undang-undang Nomor 32 Tahun 2000 Tentang Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu
  • Undang-undang Nomor 14 Tahun 2001 Tentang Paten
  • Undang-undang Nomor 15 Tahun 2001 Tentang Merk
  • Undang-undang Nomor 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta

 

Fungsi Dan Tujuan HAKI

Berikut ini adalah fungsi dan tujuan utama diciptakannya HAKI :

  • Sebagai Perlindungan hukum terhadap pencipta yang dipunyai perorangan ataupun kelompok atas jerih payahnya dalam pembuatan hasil cipta karya dengan nilai ekonomis yang terkandung di dalamnya.  Juga sebagai sebuah perlindungan akan aset berharga yang dipunyai perorangan ataupun kelompok dalam bentuk hasil karya.
  • Mengantisipasi dan juga mencegah terjadinya pelanggaran atas HAKI milik orang lain.
  • Meningkatkan kompetisi, khususnya dalam hal komersialisasi kekayaan intelektual. Karena dengan adanya HAKI akan mendorong para pencipta untuk terus berkarya dan berinovasi, dan bisa mendapatkan apresiasi dari masyarakat.
  • Sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan strategi penelitian industri dan juga usaha di kawasan Indonesia.

Sehingga dalam dunia bisnis, HAKI bisa menjadi elemen penting karena dapat memberikan keunggulan berkompetisi ketika bermain di pasar uang di bidik bagi pemiliknya. Selain itu HAKI, dapat menjamin keamanan suatu produk, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk tersebut, karena adanya legalitas suatu produk.

Cara Mendapatkan HAKI

Ada sejumlah proses yang harus dipenuhi dan dokumen yang perlu dipersiapkan dalam pengajuan HAKI

Berikut syarat permohonan yang perlu dipersiapkan.

  • Surat pernyataan hak
  • Surat pengalihan hak
  • Surat kuasa
  • Fotocopi KTP/Identigas pemohon
  • Fotokopi Akta pendirian badan hukum yabg dilegalisir
  • Fotokopi NPWP badan hukum
  • Fotokopi KTP atas nama pemohon badan hukum untuk ditandatangani surat pernyataan dan surat kuasa

Untuk lebih lengkapnya perihal syarat pengajuan HAKI dapat dilihat di sini

DJHKI nantinya akan mengumumkan hasil permohonan merek akan disetujui atau tidak dalam dua bulan.

Pemohon paten selama menunggu pengumuman dimuat di berita resmi paten dan media resmi. Tujuannya untuk mengetahui hak kekeayaan intelektual yang dipatenkan. Apabila masyarakat atau investor luar merasa keberatan karena dianggap tidak memenuhinsyarat untuk dipatenkan, dapat mengajukan secara tertulis kepada DJHKI.

Di Sini Kami Juga Membuka Jasa Pembuatan HAKI. Untuk Info Lanjut Silahkan Hubungi Nomor Wa Di Bawah Ini

 

Proses 1 Bulan

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat