Penerbitbuku.net

Jasa Penerbitan dan cetak buku terbaik di Indonesia

7 Cara Menerbitkan Buku Sendiri : Penerbit Buku dan Percetakan

Penerbit Buku dan Percetakan
Penerbit Buku dan Percetakan

Penerbit Buku dan Percetakan di Indonesia

Ketika anda memutuskan untuk menerbitkan buku sendiri (self publishing), di Penerbit Buku dan Percetakan di Indonesia berarti semua proses penerbitan, mulai dari penyuntingan naskah, layout, isi, pembuatan cover, pengurusan ISBN, pencetakan, pengemasan, bahkan sampai distribusi, penulislah yang mengerjakannya. Sulitkah melakukan semua itu? Hmm, mungkin, tapi intinya penulis melakukannya semua, sendiri. Namanya juga self publishing. Berikut langkah untuk menerbitkan buku anda sendiri.

Yang pertama adalah membuat naskah. Anda harus menulis buku dan menyiapkan naskah untuk diterbitkan. Entah itu novel, puisi atau yang lainnya, pastikan semuanya sudah dalam keadaan selesai 100%.

Yang kedua adalah menyiapkan dana. Setelah mempersiapkan naskah, dana untuk membiayai proses penerbitan buku anda harus anda persiapkan. Besaran dana tergantung dari jenis dan spesifikasi buku yang akan penulis terbitkan nanti.

Yang ketiga adalah layout naskah. Layout naskah sendiri yang penulis harus kerjakan, dari merevisi tulisan . sebenarnya ini bisa anda serahkan keorang lain, atau menyewa orang secara freelance. Itu juga bisa dilakukan untuk mempermudah penulis mengerjakan pekerjaannya.

Penerbit Buku dan Percetakan Terbaik

Yang keempat adalah membuat desain cover. Cover memegang peranan penting dalam sebuah penerbitkan buku. Nilai jual buku anda, salah satunya ditentukan oleh daya tarik cover buku anda.  Karena itulah, harus serius dan juga berkompetensi dalam aplikasi desain yang ada di komputer serta memilih Penerbit Buku dan Percetakan terbaik.

Yang kelima adalah penulis harus mengurus ISBN. Apa itu ISBN? ISBN adalah kepanjangan dari international standard book number. Pengurusan ISBN harus melalui lembaga penerbitan yang sudah terdaftar di PERPUSNAS. Menunggu permohonan ISBN juga membutuhkan waktu 7 hari biasanya. Seharusnya penulis menggunakan jasa penerbit untuk hal ini karena tidak bisa jika hanya penulis saja yang mengajukan permohonan ISBN. Lagi-lagi, bila anda merasa ribet, di awal-awal anda bisa menggandeng lembaga jasa penerbitan untuk menguruskan isbn untuk naskah yang akan anda terbitkan, terutama bagi anda yang terkendala belum memiliki legalitas lembaga penerbitan.

Yang keenam adalah menentukan kualifikasi buku anda. Setelah semuanya beres, naskah telah di-layout dan cover telah dibuat, maka langkah penting selanjutnya adalah menentukan kualifikasi buku anda, misalnya menyangkut jenis kertas, proses percetakan,  dan perlakuan untuk finishing cover buku.Jenis kertas misalnya, apakah anda akan menggunakan kertas buram atau hvs putih. Proses percetakan juga anda penulis sendiri yang menentukan. Dari poin ini apakah anda sebagai penulis sudah merasa kewalahan? Hehe.

Yang terakhir adalah menentukan harga jual buku. Setelah buku jadi dan terkemas rapi serta menjadi produk yang siap dipasarkan, maka tugas anda adalah menentukan harga jual buku anda. Penulislah yang juga harus melakukan promosi. Jadi intinya self publishing adalah penulis melakukan semuanya sendiri.

Namun bagaimana jika penulis menginginkan cara yang cepat untuk menerbitkan buku atau karyanya? Kita semua tahu bahwa penerbitan itu seperti Gramedia melakukan sistem seleksi untuk naskah yang dikirim kepada penerbitan tersebut. Butuh waktu agak lama sekitar 2 -3 bulan untuk menunggu. Jika tidak lolos seleksi ya artinya penulis harus melakukan revisi atau menulis lagi dari awal. Bukankah hal itu menyebalkan?

Namun penulis semua jangan khawatir karena ada penerbitan independen yang siap menerbitkan naskah anda. Namun tentunya penulis harus memilih mana penerbitan yang bisa diajak kerjasama dengan baik. Disini saya akan merekomendasikan penerbit yang terjamin kualitasnya. Ini semua berdasar pengalaman saya.

Penerbit Buku dan Percetakan Terpercaya

Penerbit Uwais adalah penerbit yang bisa menerbitkan naskah anda secara professional, termasuk Penerbit Buku dan Percetakan Terpercaya anggota IKAPI. Jadi dari poin ketiga sampat terakhir anda tidak usah melakukan semua itu,karena bisa dikerjakan langsung oleh penerbit uwais. Detailnya di web www.penerbituwais.com. Penulis bisa menerbitkan naskahnya dengan waktu antara 3 -4 minggu. Cepat juga ya?  Iya mulai dari pengerjaan desain cover serta editing yang panjang bisa anda serahkan. Penulis hanya perlu mengajukan revisi dan tunggu saja buku nya tiba di rumah. Semudah itu kah? Benar sekali. Untuk promosi sendiri penerbit uwais akan membantu penulis melalui websit nya dan menggunakan juga google play book sebagai sarana promosi. Tidak lupa melalui sosial media. Jadi intinya anda hanya harus menyiapkan naskah dan dana yang menurut saya terjangkau untuk ukuran kualitas buku seperti yang ada di Gramedia.

Itulah yang bisa saya tulis, mengenai self publishing jika anda mempunya waktu lebih, penulis bisa mengerjakannya sendiri, namun jika tidak punya waktu atau deadline yang sudah dekat, bisa anda langsung ke Penerbit Uwais tadi. Semoga ilmu yang saya sampaikan ini bermanfaat untuk penulis semua.

Tetaplah semangat menulis dan  keep moving!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *