Penerbitbuku.net

Jasa Penerbitan dan cetak buku terbaik di Indonesia

Ingin sukses dalam menerbitkan buku sendiri? Berikut 5+ persiapan untuk menerbitkan bukumu sendiri !

Menerbitkan Buku Sendiri

Apakah anda ingin menerbitkan buku sendiri? Bagi orang-orang yang akan menerbitkan buku, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Self publishing menjadi alternatif bagi penulis-penulis saat ini, dikarenakan banyaknya penulis bermunculan yang menyebabkan persaingan menjadi lebih ketat, pengajuan naskah ke pihak publishing yang lama, mengakibatkan banyak penulis lama yang memilih untuk melakukan cara menerbitkan buku sendiri. Selain waktu yang dibutuhkan lebih sedikit, juga tidak membuang-buang pikiran dan waktu.

Menerbitkan buku sendiri adalah dengan menerbitkan buku tanpa bantuan dari mayor, semua hal yang berkaitan dengan penerbitan diurus sendiri oleh sang penulis.

 

 

PERSIAPAN PENERBITAN BUKU YANG HARUS DISIAPKAN OLEH PENULIS

Tentunya menerbitkan buku sendiri bukanlah hal yang gampang untuk dilakukan, banyak hal-hal yang harus dipersiapkan oleh penulis. Seperti v

  • Naskah
  • Biaya
  • Layout
  • Desain Cover
  • ISBN
  • Menentukan Kualifikasi Buku dan
  • Menentukan Harga

 

1. Menyiapkan Naskah

Hal terpenting dalam penerbitan buku adalah menyiapkan naskah, karena naskah itu lah yang akan di cetak dan di publikasikan nantinya. Tentunya naskah harus sudah rapi, dengan cerita yang menarik serta bahasa yang mudah dipahami.

Penyuntingan buku dilakukan oleh selain penulis, karena jika penulis yang melakukannya akan terjadi subjektivitas. Penyuntingan dapat dilakukan oleh orang lain. Dengan memperbaiki penulisan, tanda baca dan apabila ada kalimat-kalimat yang kurang sesuai.

2. Menyiapkan Modal

Apabila naskah sudah siap, maka hal yang selanjutnya dilakukan oleh penulis ada hal menyiapkan modal untuk penerbitan bukunya. Yaitu modal berupa uang yang digunakan untuk biaya percetakan dan lainnya.  Nominal uang yang harus dipersiapkan pun bervariatif, karena beda penerbi disetiap daerah punya kebijakannya masing-masing.

Keluarnya modal tergantung pada jumlah atau tebalnya naskah yang akan diterbitkanditerbitkan dan juga jenis kertas yang akan digunakan.

Pada beberapa tempat percetakan selain menerbitkan buku juga menawarkan proses layouter.  Pembuatan sampul dan ISBN. Apabila ingin menghemat modal, dan bisa membuat desain serta layout sendiri lebih baik membuat sendiri untuk menekan modal.

Untuk harga tidak aada salahnya datang dan meebicarakannya dengan pihak percetakan nya, dan membandingkan tempat satu dengan lainnya untuk lebih memudahkan perhitungan anggaran yang perlu dikeluarkan.

3. Layout

Proses ini merupakan salah satu pekerjaan yang cukup vital. Apabila anda memiliki kemampuan layout tentu akan jauh lebih menguntungkan. Apabila tidak maka anda harus menekan modal dengan menyerahkan proses layout ke freelance layout naskah.

Cara ini lebih hemat, atau juga bisa menggunakan jasa layouter pada pihak percetakan yang menyediakan jasa layout, karena tidak semua percetakan menyediakannya.

4. Desain Cover

Persiapan lain saat akan menerbitkan buku sendiri adalah kemampuan mendesain cover. Tampilan cover buku adalah poin penting, karena cover buku merupakan salah satu cara untuk mempromosikan buku agar pembaca tertarik pada saat melihat covernya.

Cover adalah nilai jual buku. Cover yang menarik dan bagus dirancang dengan pikiran yang benar-benar matang. Misalnya warna cover yang hendak di pilih, font, judul dan lainnya.

5. Mengurus ISBN

Kepanjangan dari ISBN adalah Internasional Standars Book Number. Sebagai identifikasi unik yang terdiri dari 13 angka. ISBN merupakan identitas buku, jika ingin karya tulis anda lebih di hargai oleh pembaca maka sebaiknya urus ISBN pada buku anda. Lokasinya adalah Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).

Pembiayaan ISBN mulai tahun 2011 digratiskan untuk satu judul buku. Dalam mengurus ISBN tentu ada caranya, yaitu :

  1. Mendaftarkan nama penerbit yang di miliki ke Perpustakaan Nasional RI.
  2. Saat di sana akan diberikan formulir surat pernyataan yang dibubuhi stempel penerbit, dengan menunjukkan bukti legalitas akta notaris penerbit.
  3. Apabila surat-surat sudah lengkap. Tinggal mengajukan surat permohonan ISBN untuk naskah yang diinginkan.
  4. Melampirkan foto kopi halaman judul yang mencantumkan pengarang dan penerbit buku yang bersangkutan, melampirkan daftar isi, kata pengantar dan bukti transfer biaya administrasi. Untuk info lebih lanjut dapat mengunjungi situs perpusnas.

6. Menentukan Kualifikasi Buku

Yaitu hal yang menyangkut jenis kertas dan proses percetakan. Banyak jenis kertas untuk mencetak buku.  Ada kertas buram eksport, import dan kertas HVS putih pada umumnya. Untuk kualifikasi buku, untuk self publishing benar-benar ada di tangan anda.

7. Menentukan Harga

Dalam menentukan harga buku diperlukan adanya analisa dan perhitungan. Sebagai self publishing, bukan berarti menjual buku dengan harga yang terlalu murah. Adapun beberapa cara yang dilakukan untuk menentukan harga. Yaitu survei pasar dan analisa pasar.

1. Survei Pasar

Setidaknya dengaan survei, dapat mengatur bagaimana kondisi yang sebenarnya di lapangan. Misalnya dengaan melihat daftar harga buku dan membandingkan satu dengan lainnya.

2. Menganalisis Pasar

Analisa pasar adalah hal yang penting untuk dilakukan, dengan itu anda dapat melihat pemetaan dan probabilitas percetakan akan berjalan lancar atau tidak.  Misalnya, jika kita menerbitkan buku swndiri, kita memperhatikan tempat usaha kita buka.

Dapat memilih lokasi yang strategis, juga memperhatikan sasaran dan promosi. Supaya para penulus tahu ada penerbit yang menawarkan harga lebih murah dan pemasaran yang lebih menguntungkan.

Hal penting lainnya adalah memetakan kinerja yang dijalankan. Misal jumlah karyawan, pertimbangan pendistribusian agar buku yang diterbitkan terjual lebih efektif.

Dengan analisis pasar akan membantu kita menetapkan standard usaha yang di inginkan. Membuat gambaran secara rinci dan membantu dalam mempersiapkan segala sesuatunya. Sehingga dapat meminimalisir kerugian.

3. Distribusi Buku

Kesuksesan dalam menerbitkan buku sendiri adalah memasarkan buku yang sudah dicetak. Selain dengan sosial media ataupun internet, dapat dilakukan dengan sistem distributor ataupun titip buku ke toko-toko buku.

Itulah ulasan yang harus anda persiapkan sebagai penulis dalam menerbitkan buku sendiri. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat