Penerbitbuku.net

Jasa Penerbitan dan cetak buku terbaik di Indonesia
Self Improvement

Punya Kebiasaan Buruk? Berikut 5 Buku Self Improvement Yang Wajib Kamu Baca!

5 buku self improvement yang bisa mengubah kebiasaan buruk anda.

Apakah anda memiliki kebiasaan buruk yang sulit dihilangkan? Setiap orang tentunya memiliki kebiasaan buruk dan setiap orang juga pasti ingin mengembangkan dirinya untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Namun, tidak banyak orang yang berhasil dalam merubah kebiasaan buruk mereka.

Bagi anda yang memiliki waktu luang dan hanya digunakan untuk bermalas-malasan, cobalah untuk melakukan hal-hal positif seperti membaca buku self improvement. Buku self impovement bisa membuat hari-hari yang anda jalani jauh lebih produktif.

Tidak hanya produktif, buku-buku ini juga dapat membantu anda berpikir kritis, menambah wawasan tentunya mempermudah kita untuk mengevaluasi diri. Cocok juga untuk anda yang sering overthinking.

Namun, jika anda membaca buku tersebut tanpa mencerna gagasan-gagasan yang ada di dalam buku, tentu hasilnya tidak akan terlihat. Nah! dibawah ini ada beberapa buku self improvement yang sudah saya baca dan tentu saja berhasil mengubah kebiasaan buruk saya.

1. Filosofi Teras 

Sebuah buku pengantar filsafat karya Henry Manampiring yang terbit pada tahun 2018. Banyak hal yang bisa kita pelajari dari buku ini. Salah satunya adalah filsafat stoa atau lebih dikenal dengan stoikisme yang merupakan filsafat Yunani-Romawi kuno pada tahun 200-300 SM. Filsafat ini bukanlah suatu kepercayaan atau agama, melainkan sebuah cara kita dalam menghadapi kehidupan. Stoa mengajarkan kita untuk menjauhkan diri dari hal-hal yang membuat diri kita tidak bahagia.

Didunia ini ada 2 macam hal, yaitu hal yang bisa kita kendalikan dan hal yang tidak bisa kita kendalikan. Hal yang tidak bisa kita kendalikan itu seperti sakit, pola pikir orang lain dan tindakan yang menjadi kebiasaan orang lain. Sedangkan hal yang bisa kita kendalikan adalah diri kita sendiri. Contohnya kebahagiaan kita sendiri dan jalan hidup yang kita pilih. Nah, dalam buku ini kita juga diajarkan untuk bisa mengendalikan diri kita sendiri. Tentang bagaimana kita mengendalikan emosi dan tentang bagaimana kita menghadapi suatu permasalahan hidup dengan tenang.

buku self improvement

Buku ini sangat cocok untuk anda yang sering cemas, takut akan hal yang akan terjadi, overthinking, khawatir yang berlebihan atau bahkan depresi. Buku ini ditulis khusus untuk menjawab berbagai tingkat permasalahan hidup yang dialami anak muda zaman sekarang.

2. Atomic Habits

Buku self improvement karya James Clear ini di publikasikan pada tahun 2019. Buku ini mengajarkan kita untuk merubah kebiasaan buruk kita dari hal-hal yang terkecil hingga membuahkan hasil yang luar biasa. Namun, sebelum anda mengubah kebiasaan buruk, anda harus memiliki goals atau hasil akhir yang anda inginkan setelah melakukan perubahan.

Buku ini juga mengajarkan kita untuk lebih menghargai setiap langkah kecil yang kita lakukan untuk mengubah kebiasaan buruk kita. Meskipun pada awalnya perubahan itu belum terlihat, jika kita konsisten dan melakukan kebiasaan baik itu maka perubahan itu lama kelamaan akan terlihat jelas. Bagaimana? tertarik kah anda untuk membaca buku ini?

buku self improvement

3. Bicara Itu Ada Seninya

Komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Namun, ada juga sebagian orang yang sulit berkomunikasi hingga akhirnya menghindar dari orang-orang yang mengajak mereka berkomunikasi. Ini merupakan kebiasaan buruk yang harus kita ubah. Karena dengan adanya komunikasi kita bisa menghargai hubungan antar individu. Coba bayangkan, apa jadinya jika kita berhenti berkomunikasi dengan orang-orang disekitar kita? pasti tidak menyenangkan kan?

Buku self imperovement yang ketiga ini karya Oh Su Hyang, seorang dosen asal Korea Selatan yang ahli dalam bidang komunikasi. Judul asli buku ini  adalah The Secret Habits to Master Your Art of Speaking. Buku ini merupakan salah satu buku rekomendasi untuk anda yang kesulitan untuk berkomunikasi. Atau bisa juga untuk melatih anda dalam berkomunikasi dalam berbagai suasana, saat sedang sedih, kecewa atau bahkan saat bahagia.

4. Seni Mengelola Waktu

Rekomendasi buku self improvement yang keempat, Seni Mengelola Waktu, karya Brian Adam. Buku ini mengajarkan kita untuk me-menajemen waktu dengan baik. Pada umumnya, sebagian dari kita memiliki aktivitas yang padat. Namun, kita juga harus pandai dalam mengatur waktu agar kegiatan kita selesai sesuai target.

Buku ini cocok untuk anda yang kurang memanfaatkan waktu dengan baik atau untuk anda yang suka menunda-nunda pekerjaan. Jangan sampai anda membuang waktu anda untuk hal-hal yang bukan menjadi prioritas kita.

5. The Psychology Of Money

Yang terakhir ada, The Psychology Of Money, karya Morgan Housel yang terbit pada akhir tahun 2020 ini mengajarkan kita untuk me-manajemen uang dan menginvestasi keuangan yang baik. Buku ini juga mengajarkan kita untuk mengambil kesempatan/peluang dalam keuangan. Cocok untuk anda yang kurang pandai dalam mengatur keuangan terutama untuk anak muda pada zaman sekarang ini.

Kutipan yang saya ingat dari buku ini adalah, “Dunia penuh orang yang tampil sederhana tapi sebenarnya memiliki kekayaan dan orang yang tampil kaya tapi hampir bangkrut.” Nah! dari kutipan tersebut kita bisa belajar untuk tetap rendah hati dan tidak pamer.

The Psychology Of Money

Nah, itulah 5 rekomendasi buku self improvement yang bisa membantu anda mengubah kebiasaan buruk anda. Mengubah kebiasaan buruk bukanlah hal yang mudah, tapi jika kita berusaha dan konsisten dalam melakukan hal yang dapat merubah kehidupan anda menjadi lebih baik, pasti anda berhasil.

Terus tingatkan potensi dirimu ya!

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat