Penerbitbuku.net

Jasa Penerbitan dan cetak buku terbaik di Indonesia
cara membuat jurnal skripsi

4 cara membuat jurnal skripsi

Cara Membuat Jurnal

Setiap jurnal yang terbit mempunyai kaidah dan aturan yang berbeda – beda, tergantung pada setiap ketentuan penerbit. Tujuan pembuatan jurnal adalah untuk mengembangkan sebuah penelitian yang telah dituliskan serta menjadi acuan untuk para peneliti lainnya sedang melakukan kegiatan penelitian yang sejenis.

nah, berikut adalah cara membuat jurna skeipsi!

Judul

Jurnal penelitian karya ilmiah tetap harus memiliki judul yang jelas. Penulisan judul akan memudahkan pembaca memahami keseluruhan inti jurnal. Jika tidak ingin susah-susah membuat judul jurnal penelitian lagi bisa menggunakan judul sama dalam skripsi. Pastikan lagi bahwa judul penelitian dari skripsi tidak memiliki makna ganda. Jumlah kata dalam judul penelitian akan lebih mudah dipahami jika tidak lebih dari 12 kata. Judul yang semakin singkat akan semakin mudah dipahami oleh pembaca. Letak judul dalam jurnal penelitian terletak di tengah atas halaman, huruf kapital, dan dicetak tebal.

Abstrak

Abstrak yang ada dalam jurnal penelitian skripsi berbeda dengan skripsi. Abstrak jurnal lebih singkat, padat, dan jelas. Tujuan dari pembuatan abstrak adalah untuk memudahkan pembaca mengetahui isi jurnal dalam waktu singkat. Pada penulisan abstrak jangan gunakan singkatan dan kutipan. Penulisan abstrak memang biasanya ditulis paling akhir, tetapi abstrak ini ditulis dari meringkas abstrak skripsi. Jadi abstrak jurnal penelitian bisa ditulis pada urutan awal. Cobalah untuk menulisnya dengan mengutip poin-poin paling penting pada abstrak yang sudah dibuat sebelumnya.

Kesimpulan

Kesimpulan dalam menulis jurnal penelitian dari skripsi bisa dibuat lagi atau meringkas dari skripsi. Cobalah dengan mulai memaparkan pembuktian hipotesis penelitian dengan lebih ringkas. Tetap perhatikan untuk menulisnya dengan menjawab rumusan masalah yang sudah dibuat. Tuliskan juga kelebihan dan kekurangan penelitian. Terakhir tuliskan saran yang tepat untuk penelitian selanjutnya.

Daftar Pustaka

Daftar pustaka dalam menulis jurnal penelitian dari skripsi bisa dengan menyalin dari skripsi. Tuliskan sesuai dengan urutan sama seperti skripsi. Dimulai dari buku, jurnal, dan website. Penulisan daftar pustaka diberi judul DAFTAR PUSTAKA, dengan dicetak tebal, dan huruf tegak kapital secara keseluruhan.

Semoga artikel di atas bisa membantumu menangani cara membuat jurnal skripsi. Anda juga dapat mengunjungi situs kami di  www.penerbituwais.com atau berkosultasi ke CS kami dengan klik tombol chat yang tersedia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat