Penerbitbuku.net

Jasa Penerbitan dan cetak buku terbaik di Indonesia

3 TEKNIK MEMBACA CEPAT.

PENGERTIAN TEKNIK MEMBACA CEPAT.

Ingin Membaca Secara Cepat? Ini Dia Teknik Membaca Cepat - Pintaria Blog
Ini Dia Teknik Membaca Cepat
Teknik Membaca Cepat. Membaca cepat adalah sebuah cara membaca yang dilakukan dalam waktu yang relatif singkat namun juga dapat memahami semua isi bacaan dengan cepat. Membaca cepat dapat diterapkan menggunakan proses pemindahan pandangan mata kita yang dilakukan dengan cepat tertuju pada kata-kata atau kalimat-kalimat yang dibaca. Sehingga, dalam waktu yang seminimal mungkin kita dapat memahami beberapa halaman buku bacaan.
Teknik Membaca cepat dan Efektif. Ada beberapa teknik membaca cepat yang lazim dipakai, diantaranya adalah teknik SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review = mempersiapkan diri, bertanya, membaca, mendasar, mengkaji ulang); teknik pelayapan (skimming); dan teknik pemindaian (scanning). Teknik yang pertama banyak dipakai mahasiswa untuk keperluan meneliti isi buku tertentu untuk bahan penulisan makalah. Teknik yang kedua dan ketiga adalah teknik yang paling umum dipakai untuk pemahaman bagian-bagian isi buku dan bacaan lainnya.

TEKNIK MEMBACA CEPAT.

Terapkan 9 Tips Ini agar Dapat “Membaca Cepat” - Ruang Mahasiswa
“Membaca Cepat”

 

1.Teknik SQ3R (Survey, Question, Read, Recita dan Review)
Teknik ini dikembangkan oleh Francis, P. Robinson dari Universitas Negeri Ohio Amerika Serikat. Teknik ini bersifat praktis dan dapat diaplikasikan dalam berbagai pendekatan belajar. Strategi belajar SQ3R merupakan penimbulan pertanyaan dan tanya jawab yang dapat medorong pembaca melakukan pengolahan materi secara mendalam dan luas. Strategi ini juga dipandang dapat meningkatkan kinerja memori dalam memahami substansi teks dan bahan bacaan dalam suatu bidang pengetahuan.
2.Teknik Pelayapan (skimming)
Pelayapan adalah teknik membaca untuk mendapatkan intisari suatu bacaan, ide pokok dan detail penting. Ide pokok dan detail penting yang membentuk intisari itu dapat berada di bagian awal bacaan, di tengah atau dibagian akhir. Langkah-langkah yang perlu ditempuh untuk mendapatkan hasil maksimal dalam melakukan pelayapan adalah sebagai berikut:
  • Buatlah pertanyaan tentang apa yang akan Anda cari
  • Bila yang Anda baca berupa buku, lihatlah daftar isi dan wacana pengantar.
  • Telusuri secara seksama denan kecepatan tinggi setiap baris bacaan. bila yang dibaca berupa buku, yang ditelusuri adalah alinea atau bahkan isi sub-bab.
  • Berhentilah bila telah menemukan hal yang dicari.
  • Selanjutnya, bacalah dengan kecepatan normal dan pahami bahan yang Anda peroleh .

 

3.Teknik Pemindaian (scanning)
Pemindaian adalah teknik mmebaca untuk memperoleh informasi yang langsung kepada fakta khusus (spesifik) tanpa melalui informasi umum atau fakta umum. Contoh praktik pemindaian dalam aktivitas sehari-hari adalah pada waktu kita mencari nomor telepon di buku telepon; mencari arti kata dalam kamus; membaca daftar harga pada menu; melihat susunan acara televisi di koran.
Bila teknik pemindaian akan dipakai untuk mengetahui isi buku, inilah langkah-langkah yang perlu ditempuh:
  • Lihat daftar isi dan wacana pengantar sekilas pintas
  • Baca latar belakang penulisan buku secara singkat
  • Baca bagian pendahuluan secara singkat
  • Cari judul bab dan sub-bab yang memuat informasi yang Anda perlukan
  • Baca kaliman/alinea penting tentang informasi yang Anda perlukan
  • Baca bagian penutup
  • Lihat sekilas daftar pustaka dan indeks.

INGIN MENERBITKAN BUKU KAMU?

Untuk Jasa Percetakan Buku dan  Penerbitan Buku proses dan prosedurnya sangat mudah sekali, yaitu penulis menyiapkan file dengan format pdf siap cetak dan file desain cover dalam bentuk jpg. Lalu dikirimkan ke alamat email kami ataupun bisa melalui WA CS kami. Adapaun untuk proses cetak sekitar 7 hari. Tergantung jumlah cetaknya. Misal penulis cetak 1000 eks maka waktunya menjadi 10 – 14 hari.

 

penerbit buku
Hubungi CS Penerbit Uwais,Klik disini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat