Penerbitbuku.net

Jasa Penerbitan dan cetak buku terbaik di Indonesia

KETAHUI TENTANG RESENSI BUKU FIKSI DAN NON FIKSI.

APA ITU RESENSI BUKU?

Resensi Buku merupakan kegiatan atau mengulas memberikan penilaian terhadap buku atau karya tulis dan memperoleh hasil ulasan yang memuat informasi, kelebihan, dan kekurangan yang ada pada buku.

Pengertian Resensi :Ciri, Jenis, Tujuan, Manfaat & Contoh
RESENSI BUKU

PEMBAHASAN

Pengertian Resensi Buku (Jenis dan Cara Membuatnya)
RESENSI BUKU

Perbedaan antara meresensi buku fiksi dan buku nonfiksi terletak pada unsur-unsur yang harus diresensi sendiri. Dalam meresensi buku fiksi terdapat unsur intrinsik yakni tema, tokoh/penokohan, alur, sudut pandang, latar serta amanat yang harus diresensi sedangkan dalam resensi buku nonfiksi unsur tersebut tidak ada. Pun dalam resensi buku nonfiksi terdapat unsur tujuan penulisan buku sedangkan dalam resensi buku fiksi, unsur tersebut tidak harus ada.

Resensi buku merupakan penilaian, ulasan atau pertimbangan baik buruknya sebuah karya berupa buku. Menulis resensi buku memiliki beberapa manfaat yang diantaranya adalah menambah wawasan dan pengetahuan, mengetahui keunggulan dan kelemahan sebuah buku, meningkatkan kemampuan tulis menulis, melatih berpikir kritis serta mendapat imbalan dari penerbit maupun media massa.

Resensi buku terdiri atas beberapa struktur yakni judul resensi, pendahuluan, isi dan penutup. Adapun unsur-unsur yang harus terdapat dalam sebuah resensi buku nonfiksi adalah sebagai berikut :

  1. Judul resensi.
  2. Identitas buku (Judul buku, Penulis, Penerbit, Tahun terbit, Kota terbit, Tebal buku serta Jenis buku).
  3. Kepengarangan
  4. Tujuan penulisan buku
  5. Ikhtisar
  6. Keunggulan dan kelemahan buku
  7. Kesimpulan

 

Untuk Unsur-unsur yang harus terdapat dalam resensi sebuah buku fiksi baik novel ataupun kumpulan cerpen adalah sebagai berikut :

  1. Judul resensi
  2. Identitas buku (Judul buku, Penulis, Penerbit, Tahun terbit, Kota terbit, Tebal buku serta Jenis buku)
  3. Kepengarangan
  4. Sinopsis
  5. Unsur intrinsik (tema, tokoh/penokohan, alur, sudut pandang, setting, amanat)
  6. Keunggulan dan kelemahan buku
  7. Kesimpulan

CONTOH RESENSI BUKU.

1.BUKU FIKSI

Resensi buku fiksi:

Identitas Buku

Judul Buku: Dear Nathan

Pengarang: Erisca Febrianti

Penerbit: Best Media

Tahun Terbit : Maret 2016

Jumlah Halaman: 528 Halaman

 

Sinopsis Dear Nathan

Novel ini bergenre roman yang berkisah tentang masa putih abu-abu. Di dalamnya dikisahkan 2 orang yang memiliki dua kepribadian yang sangat berbeda bagai bumi dan langit. Gadis lugu Salma yang selalu takut kalau berbuat salah tapi pindah ke sekolah barunya yang penuh dengan anak-anak urakan. Keadaan ini membuat Salma sangat tidak nyaman, terlebih saat hari pertamanya dia harus telat sekolah.

Namun saat itu dia lolos dari hukuman karena dibantu seorang cowok bernama Nathan, si pembuat onar. Keduanya semakin akrab, Nathan merasa Salma memiliki pengaruh positif terhadap dirinya, sehingga dia ingin selalu dekat. Semakin sering menghabiskan waktu bersama, rupanya keduanya memiliki perasaan yang sama tapi tidak diutarakan. Nathan tidak berani mengatakan perasaan sebenarnya karena kejutekan Salma padanya.

 

Kelebihan Buku

Novel ini memiliki cerita yang epic tentang anak muda di masa putih abu-abu, yang mampu membawa pembaca ikut di dalamnya. Karakter Nathan sungguh susah ditebak, dibalik tipikal yang urakan dia tidak suka menyakiti hati cewek.

 

Kekurangan Buku

Banyak penggunaan diksi yang tidak pas pada novel Nathan ini, seringkali pembaca menemukan pemilihan diksi yang tidak pas saat membacanya. Pembaca merasa tidak cocok dengan penggunaan saya pada karakter Nathan yang sebenarnya bad guy.

 

2.BUKU NON FIKSI

Resensi buku non fiksi:

Identitas Buku

 

Judul Buku : Pengantar Filsafat Pendidikan.

Penulis Buku : Drs. Uyoh Sadulloh, M.pd.

Penerbit Buku : Alfabeta, CV.

Cetakan : II.

Tebal Buku : 183 halaman.

Tahun Terbit : 2004.

Sinopsis Pengantar Filsafat Pendidikan

 

Pendidikan merupakan kegiatan yang hanya dilakukan manusia yang mencakup semua pengalaman serta pemikiran manusia tentang makna dari pendidikan.Pendidikan sebagai suatu praktek dalam kehidupan, sama halnya dengan kegiatan-kegiatan lain. Seperti kegiatan ekonomi, agama, hukum, dan lain-lain.Selain itu, kita sebagai manusia juga dapat mempelajari pendidikan secara akademik. Baik itu secara empirik yang bersumber dari pengalaman seseorang, maupun dengan jalan perenungan-perenungan.Yang pertama kita sebut sebagai praktek pendidikan, sedangkan yang kedua disebut sebagai teori pendidikan.

 

Kelebihan Buku

Buku ini mampu memberikan informasi tentang sumber nilai dan bagaimana manusia dapat memperoleh nilai tersebut karena pendidikan pada dasarnya tidak dapat dipisahkan dengan nilai.

 

Kekurangan Buku

Buku ini kurang memberikan pemahaman bagi pembaca khususnya bagi pemula sehingga pesan yang mau diutarakan oleh pengarang tidak tersampaikan pada pembaca.

INGIN MENERBITKAN BUKU FIKSI ATAU NON FIKSI KAMU?

Untuk Jasa Percetakan Buku dan  Penerbitan Buku proses dan prosedurnya sangat mudah sekali, yaitu penulis menyiapkan file dengan format pdf siap cetak dan file desain cover dalam bentuk jpg. Lalu dikirimkan ke alamat email kami ataupun bisa melalui WA CS kami. Adapaun untuk proses cetak sekitar 7 hari. Tergantung jumlah cetaknya. Misal penulis cetak 1000 eks maka waktunya menjadi 10 – 14 hari.

 

penerbit buku
Hubungi CS Penerbit Uwais,Klik disini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat