Penerbitbuku.net

Jasa Penerbitan dan cetak buku terbaik di Indonesia

3 FORMAT BUKU DIGITAL TERPOPULER!

PENGERTIAN BUKU DIGITAL.

Penerbit buku digital adalah penerbit yang menerbitkan bukunya melalui media elektronik. Biasanya, buku yang diterbitkan ini terbit atau bisa dibaca dengan format epub atau pdf. Penerbit buku digital juga disebut sebagai penerbitan online.

Di dalam penerbit buku digital, selain dapat menerbitkan buku dalam bentuk digital atau eBook, tetapi juga menerbitkan berbagai bacaan digital, mulai dari majalah digital, pengembangan perpustakaan digital, katalog digital, dan masih banyak lagi. Pada dasarnya, sistem kerja penerbit buku digital ini sama dengan penerbit buku cetak.

Kesamaannya yang mana mereka sama-sama harus memenuhi aspek editorial, yang dimulai dari mengedit buku, jurnal, atau majalah, kemudian mempublikasikannya dalam bentuk digital. Biasanya, buku yang diterbitkan oleh penerbit buku digital ini memang khusus ditujukan kepada alat baca layar, misalnya komputer, e-reader, tablet, gawai, dan lain sebagainya.

Ini Situs Download E-Book Gratis dan Legal - Teknologi Bisnis.com
GAMBARAN BUKU DIGITAL.

Format Buku Digital Terpopuler

Buku Digital: jenis-jenis format buku digital beserta keterangan yg sangat  lengkap

Setidaknya ada lima format yang biasa diterapkan dalam pembuatan buku digital. Berbagai format tersebut mungkin tidak terlalu penting bagi pembaca. Namun, bagi penulis tidak ada salahnya kalau memahaminya. Nah, apa saja yang perlu diketahui?

  1. Portable Document Format (PDF)

Produk besutan Adobe ini memang dirancang untuk dimanfaatkan dalam pertukaran dokumen. Dengan begitu, dokumen tersebut bisa dipublikasikan secara online. Software ini memang sangat mudah diakses di berbagai perangkat. Karena itu paling familiar digunakan.

Buku digital berformat PDF sangat fleksibel. Anda bisa mengubah ukuran font agar tampil lebih besar atau lebih kecil sesuai dengan keinginan. Kelebihannya itu sangat mendukung penjualan buku digital secara online dan offline.

  1. MOBI (MobiPocket)

Kelebihan dari format ebook ini adalah bisa menampilkan software yang terpasang pada PDA dan smartphone. Cara ini sangat memudahkan dalam mengakses buku digital. Keuntungan saat menggunakan format ini adalah bisa melakukan konversi txt file, rtf, Html atau doc ke format lain.

  1. Proprietary Amazon atau AZW

Format ini memang dikhususkan bagi penulis yang ingin mempublikasikannya melalui Amazon. Sebenarnya formatnya sangat mirip dengan MOBI. Karena tidak selalu menyertakan DRM (Digital Rights Management). Format DRM hanya diberlakukan bagi format kindle amazon saja.

  1. Electronic Publication (EPUB)

Pada dasarnya format ini mengacu pada XHTML dan XML. Kedua format tersebut sudah sangat familiar bagi para blogger. Alasan format EPUB mengaplikasikan standar XML dan XHTML, karena memang berkaitan erat dengan dunia maya. Berbagai pengembangan dilakukan, sehingga selalu muncul versi terbaru dari EPUB.

  1. Palm File Database (PDB)

Format ebook ini lebih kompatibel untuk perangkat dengan platform atau sistem operasi palm. Sehingga PDB ini lebih cocok untuk diaplikasikan pada format PalmDoc (AportisDoc) maupun format eReader.

Nah, itulah beberapa format ebook yang lebih sering digunakan. Selain kelima format ebook di atas, masih terdapat varian lainnya, seperti Compress HTML (CHM), Topaz File Extension (TPZ), Palm Resource File (PRC) dan KF8.

 

MAU MENERBITKAN BUKU DIGITAL?

Untuk Jasa Percetakan Buku dan  Penerbitan Buku  Digital proses dan prosedurnya sangat mudah sekali, yaitu penulis menyiapkan file dengan format pdf siap cetak dan file desain cover dalam bentuk jpg. Lalu dikirimkan ke alamat email kami ataupun bisa melalui WA CS kami. Adapaun untuk proses cetak sekitar 7 hari. Tergantung jumlah cetaknya. Misal penulis cetak 1000 eks maka waktunya menjadi 10 – 14 hari.

 

penerbit buku
Hubungi CS Penerbit Uwais,Klik disini!

 

Bagaimana dengan hasil cetak bukunya? Tentu kami memberikan kualitas terbaik untuk para klien kami. Tiap buku sudah di wrap plastik jadi aman untuk dikirimkan ke seluruh Indonesia.

Dan tambahan lagi, untuk spesifikasi cetak, kami menyediakan beberapa macam kertas dan ukuran mulai dari A5 sampai ukuran A4. Jenis kertas sendiri kami menyediakan kertas bookpaper 57 gram / 72 gram, HVS dan artpaper. Semua tergantung dari kebutuhan penulis.

Akhir kata, mungkin artikel ini sudah menjawab sebagian besar pertanyaan penulis yang sedang /akan menerbitkan karya atau tulisannya. Namun jika masih ada pertanyaan atau mungkin ada kendala yang masih ada terkait naskah atau lainnya, anda bisa berkonsultasi ke CS kami.  Kami bisa membantu anda sampai naskah anda terbit.

 

Terima kasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat