Penerbitbuku.net

Jasa Penerbitan dan cetak buku terbaik di Indonesia

5 CARA MENULIS BUKU NON FIKSI. NO 5 SANGAT EFEKTIF!

APA ITU BUKU NON FIKSI?

27 Contoh Buku Non Fiksi Lengkap dengan Pengarangnya
CONTOH BUKU NON FIKSI

Sebelum mengetahui apa saja ciri-ciri buku non fiksi maka ketahui dulu pengertiannya. Buku non fiksi adalah buku yang berisi kejadian sebenarnya dan bersifat informatif. Sehingga isi di dalam buku tersebut adalah fakta karena membahas suatu kejadian atau suatu hal yang benar-benar terjadi di lapangan.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kata non fiksi memiliki arti tidak bersifat fiksi tetapi berdasarkan fakta dan kenyataan. Sehingga buku non fiksi akan menyampaikan sesuatu yang sesuai fakta di lapangan atau sesuai dengan kenyataan. Sifatnya menjadi sangat informatif yang membantu pembaca mendapatkan informasi yang akurat dan detail.

Secara umum, buku non fiksi selain menyampaikan suatu informasi juga bisa menyampaikan detail lain. Mulai dari menyampaikan peristiwa, tempat, karakter atau suatu tokoh, dan lain sebagainya. Berhubung menyampaikan sesuatu yang nyata maka sumber harus jelas dan umumnya dicantumkan di akhir teks atau di akhir buku.

Lewat sifat ini pula, ciri-ciri buku non fiksi menjadi khas yang kemudian menjadi dasar bagi penulisnya untuk bisa menyusun buku non fiksi dengan baik dan benar. Apalagi isi buku punya kewajiban untuk bisa dipertanggung jawabkan oleh penulisnya. Maka tidak heran jika penulisan buku ini bisa memakan waktu lama dan memperhatikan banyak hal.

Namun, bukan berarti proses menulis buku fiksi bisa lebih cepat. Buku fiksi juga memiliki tingkat kesulitan dan tantangan tersendiri dalam proses penulisannya. Berhubung sangat mengandalkan daya imajinasi dan kreativitas. Maka untuk produktif menulis buku fiksi diperlukan momentum yang pas, misalnya punya momentum mendapatkan ide cerita.

Sebaliknya, penulis buku non fiksi hanya perlu fokus mencari narasumber dan melakukan sejumlah penelitian. Sehingga isi buku yang disusun akan memaparkan semua pengalaman dan semua hasil pengamatan yang didapatkan. Proses menulis ulang ini relatif cepat, hanya saja proses paling lama adalah dari proses pengumpulan data tadi.

TIPS MENULIS BUKU NON FIKSI.

Tips Menulis buku non fiksi
Tips Menulis buku non fiksi

Berhubung buku non fiksi punya ciri khas yang sudah dijelaskan sebelumnya. Maka penulisannya akan butuh persiapan ekstra, ada baiknya mencoba beberapa tips di bawah ini:

1. Mencari Ide atau Tema Tulisan

Tips pertama adalah mencari ide atau tema tulisan yang memang sesuai dengan kapasitas diri sendiri. Sebab penulis buku non fiksi perlu memiliki pemahaman terkait suatu bidang agar tulisannya dicap kredibel oleh masyarakat luas.

Caranya, mulailah dengan menyusun daftar keahlian yang dikuasai dan hobi yang sering dilakukan. Sehingga dari sekian keahlian dan sekian hobi ini, bisa ditarik satu untuk dijadikan ide tulisan dan dijadikan buku non fiksi.

2. Mengumpulkan Data

Buku non fiksi adalah buku yang memaparkan fakta. Setelah ide tulisan ditentukan maka langkah selanjutnya adalah mengumpulkan data. Sehingga tahu betul apa saja yang akan disampaikan di dalam buku dan semuanya bisa dibuktikan sebagai fakta dan nyata.

3. Menyusun Konsep

Tips selanjutnya adalah menyusun konsep buku non fiksi yang akan ditulis. Mulailah dengan menyusun poin-poin penting yang akan dikembangkan menjadi tulisan. Kemudian tentukan batasan, dari poin-poin tersebut bisa jadi ada yang keluar dari bidang atau hobi yang diangkat sehingga perlu dieliminasi.

4. Menyertakan Data Pendukung

Salah satu ciri-ciri buku non fiksi adalah menampilkan data pendukung saat memaparkan sesuatu. Misalnya data berbentuk tabel yang merupakan hasil pendataan dari suatu hal di suatu bidang. Data pendukung juga bisa berupa foto, misalnya menyusun biografi maka bisa melampirkan foto tokoh sewaktu masih kecil.

5. Melakukan Self Editing

Setelah naskah buku non fiksi selesai disusun sampai ke bab paling akhir. Maka jangan buru-buru mengirimkannya ke penerbit. Dianjurkan untuk melakukan editing terlebih dahulu, lebih tepatnya melakukan self editing. Yakni membaca keseluruhan isi buku untuk diedit sesuai kebutuhan dan dilakukan secara mandiri. 

 

INGIN MENERBITKAN BUKU NON FIKSI KAMU?

Untuk Jasa Percetakan Buku dan  Penerbitan Buku proses dan prosedurnya sangat mudah sekali, yaitu penulis menyiapkan file dengan format pdf siap cetak dan file desain cover dalam bentuk jpg. Lalu dikirimkan ke alamat email kami ataupun bisa melalui WA CS kami. Adapaun untuk proses cetak sekitar 7 hari. Tergantung jumlah cetaknya. Misal penulis cetak 1000 eks maka waktunya menjadi 10 – 14 hari.

 

penerbit buku
Hubungi CS Penerbit Uwais,Klik disini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat