Penerbitbuku.net

Jasa Penerbitan dan cetak buku terbaik di Indonesia
penerbit buku

Menerbitkan Skripsi Jadi Buku, Kenapa Tidak?

Menerbitkan Skripsi Jadi Buku, Kenapa Tidak?

Rasanya sayang ya jika skripsi atau tesis yang kita kerjakan sekian lama hanya menghuni sudut rak buku dan berdebu. Daripada  menyia-niyakan karya puncak dalam pencapaian akademik kita, kenapa enggak kita sulap skripsi atau tesis itu menjadi sebuah buku? Caranya enggak sulit kok.

Menurut buku Libas Skripsi dalam 30 Hari karya Suyadi M.Pdi, ada beberapa strategi yang bisa ita terapkan untuk menyiapkan skripsi atau tesis kita menjadi sebuah buku. Yuk, simak cara menerbitkan skripsi jadi buku.

1. Mengubah judul

Langkah awal sebagai upaya menerbitkan skripsi atau tesis adalah mengubah judul. Perlu kita ketahui, judul skripsi maupun tesis, jauh berbeda dengan judul buku yang kita jadikan referensi. Walaupun demikian, sering kali penerbit masih mengubah judul yang kita ajukan, meskipun judul tersebut telah kita buat sebaik mungkin.

2. Menyunting naskah

Setelah judul diubah, sebaiknya kita menyunting kembali naskah skripsi atau tesis yang ingin diterbitkan. Penyuntingan di sini adalah menyesuaikan dan mengubah sistematika karya ilmiah menjadi sistematika penulisan buku.

Jika sistematika penulisan skripsi maupun tesis antara bab satu, dua, tiga, dan empat serta sub-sub di dalamnya ditulis secara formal, baku, rigid dan tertib, maka dalam sistematika penulisan buku hal itu bisa lebih fleksibel dan tidak terlalu formal. Dengan demikian, penyuntingan skripsi maupun tesis menjadi buku harus dilakukan dengan cara memperluas dan memperdalam setiap topik pembahasan. Dengan cara ini, skripsi maupun tesis menjadi layak terbit.

3. Editing dan finishing

Editing adalah mengoreksi tata tulis dan tata bahasa buku. Sedangkan finishing naskah adalah penyempurnaan penampilan naskah secara menyeluruh. Editing dalam hal ini termasuk memperbaiki salah ketik, catatan kaki, atau pencantuman sumber, sistematika penulisan, tata bahasa  dan lain sebagainya.

Tidak hanya memperbaiki kesalahan teknis, ada hal yang sulit yaitu penyuntingan naskah. Pasalnya, setiap kita memperbaiki naskah, setiap kali itu pula ide-ide baru bermunculan untuk ditambahkan pada naskah tersebut untuk menjadikannya lebih sempurna.

4. Mengajukan naskah kepada penerbit

Setelah proses edting maupun penyuntingan naskah dianggap cukup, langkah terakhir adalah mengirim naskah buku hasil gubahan skripsi maupun tesis kepada penerbit yang dipandang capable. Capable yaitu sesuai dengan karakter buku yang kita tulis, karena masing-masing penerbit mempunyai karakter tersendiri.

Kami dapat melayani cetak buku ajar universitas secara keseluruhan untuk costumer dari seluruh penjuru Indonesia dan banyak klien Jawa kami di luar Papua. Kami melayani dengan proses cepat buku penerbitan dari 3 hingga 4 minggu buku-buku dikirim dan sudah bisa digunakan oleh penulis untuk diberikan kepada para mahasiswa.

Hubungi CS Uwais Sekarang https://bit.ly/chatkecsuwais

Membangun Kepercayaan Diri Penulis

Membangun kepercayaan diri itu bukan hal yang mudah. Ada upaya untuk menuju ke sana. Salah satunya berani berubah, bisa mengubah cara berfikir, berubah menjadi disiplin dan masih banyak cara lain. Begitupun dalam proses menulis, juga butuh perubahan, terutama perubahan dibidang penerbitan dan penjualan.

Seberapa penting perubahan bagi seorang penulis? Sekarang kita bisa melihat perkembangan teknologi yang berkembang begitu pesat. Hampir semuanya sudah melek teknologi dan mengoperasikan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Jika tidak mengikuti perkembangan tersebut, maka karya kita akan tertinggal.

Agar tidak tertinggal, sebagai penulis buku setidaknya juga mengikuti perubahan dan fleksibel. Kini tidak hanya fokus ke penerbitan sampai dengan mekanisme pemasaran. Salah satunya dengan merambah ke penerbit buku online, seperti yang sudah dilakukan oleh penerbit Deepublish.

Cetak Buku Satuan Untuk Keperluan Akademis

Cetak buku untuk keperluan sekolah seperti LKS, modul ataupun buku paket juga bisa kami layani. Karena disaat pandemi pembelajaran daring juga lebih efektif jika putra-putri bisa menggunakan buku. Dan harapannya pembelajaran tatap muka bisa segera dilakukan kembali.

Anda juga dapat mengunjungi situs kami di www.penerbituwais.com untuk informasi lebih lanjut atau menghubungi CS Uwais 0812-3004-1340.

     

penerbit buku
penerbit buku
Penerbit Buku Pelajaran
Penerbit Buku Pelajaran
percetakan offset
percetakan offset

Nah, setelah mempraktikkan beberapa tips tadi, jangan menunggu lama untuk mengirimkan naskah buku ke penerbit. Semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat