Penerbitbuku.net

Jasa Penerbitan dan cetak buku terbaik di Indonesia

APA ITU PENERBIT BUKU? 5 PENGERTIAN PENERBIT BUKU.

PENGERTIAN PENERBIT BUKU

 

PENERBIT BUKU’

 

Jika Anda ingin terjun ke dunia menulis atau menjadi penulis, tentu Anda akan dihadapkan dengan apa itu penerbit. Penerbit seolah jadi hal penting bagi penulis yang ingin menerbitkan bukunya,http://penerbituwais.com baik itu buku fiksi maupun non fiksi. Jadi, penulis yang tidak tahu penerbit adalah apa, itu akan terasa aneh.

Mengapa demikian? Karena penerbit adalah sebuah perusahaan atau usaha yang akan mengapresiasi karya penulis untuk pertama kali. Bahkan, penerbit adalah bisa menjadi rekan kerja terbaik dan membuat berbagai karya para penulis laris di pasaran. Oleh sebab itu, sudah jadi keharusan penulis mengetahui penerbit adalah rekan kerja terbaiknya.

Meski sudah mengenal penerbit dan mengetahui penerbit adalah sebuah industri penerbitan buku dan berbagai hal mengenai tulisan, belum banyak yang tahu pengertian penerbit adalah apa. Oleh sebab itu, di bawah ini akan dijelaskan mengenai berbagai hal mengenai penerbit, mulai apa itu pengertian penerbit, penerbit adalah badan usaha apa, bagaimana jenis-jenis penerbit, dan bagaimana cara menerbitkan buku di penerbit.

Penerbit Adalah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penerbit adalah sebuah industri penerbitan yang membantu penulis untuk menerbitkan berbagai buku hasil karyanya. Tapi, penerbitan adalah sering disalahartikan sebagai percetakan. Padahal percetakan dan penerbit adalah dua hal yang berbeda.

Banyak orang mengira, penerbit adalah bagian dari orang yang bekerja di percetakan. Tentu saja itu kurang tepat. Percetakan dan penerbit adalah hal yang memiliki arti yang berbeda. Penerbit adalah badan usaha yang tidak sama dengan percetakan, bahkan berbeda juga dengan agen penjualan buku.

Lalu apa sebenarnya penerbit itu? Penerbit adalah bidang usaha yang melangsungkan penerbitan, mulai dari mengembangkan ide dari penulis atau pengarang, mempersiapkan ide dalam bentuk naskah, dan berbagai hal lain yang ada di sekitar penerbitan.

Jika masih bingung dengan apa itu penerbitan, maka di bawah ini akan dijelaskan berbagai hal mengenai penerbitan adalah apa dan bagaimana saja jenis-jenis yang ada di dalamnya.

Pengertian Penerbit

Menurut Educational Publisher Council, Inggris, penerbitan adalah ‘publishing is not printing, nor it is bookselling. Essentially it is the business of supporting, and developing an author’s idea, and preparing it for public use’. Artinya, penerbit adalah tidak dapat disamakan dengan percetakan, tidak sama dengan kegiatan penjualan buku.

Makna lebih penting dari penerbit adalah mendukung serta membantu penulis atau pengarang untuk mengembangkan ide, mempersiapkan ide, baik dalam bentuk naskah maupun tujuannya untuk kebaikan publik. Yang perlu digarisbawahi bahwa tugas dan makna penting dari sebuah penerbit adalah mendukung dan mengembangkan ide penulis.

Kemudian, penerbit adalah juga membantu mempersiapkan berbagai ide atau karya penulis ke dalam sebuah buku dan kemudian siap untuk dikonsumsi atau didistribusikan kepada publik, khususnya masyarakat. Sehingga tujuan didirikannya penerbitan adalah hal yang sangat mulia.

Jadi, penerbit belum tentu memiliki mesin cetak seperti halnya percetakan. Karena memang wilayah kerjanya paling utama adalah untuk mengembangkan gagasan menjadi sebuah karya. Oleh sebab itu, standar penerbit adalah memiliki beberapa kru editorial, yakni editor, layouter, designer, illustrator, dan proof reader.

Beberapa kantor penerbitan juga melengkapi krunya dengan tim pemasaran dan promosi yang kegiatannya fokus pada distribusi dan penjualan buku serta menata stok buku yang tersedia. Masalah cetak, penerbit bisa mencetak sendiri apabila memiliki mesin yang mumpuni, atau mencetaknya ke percetakan.

Pengertian lain dari penerbitan adalah kegiatan intelektual dan profesional dalam menyiapkan naskah, menyunting naskah, menghasilkan berbagai jenis bahan publikasi, dan memperbanyak serta menyebarluaskan naskah untuk kepentingan umum. Proses penerbitan di dalam penerbit membutuhkan proses panjang yang melibatkan banyak orang serta waktu untuk mengolah naskah sampai berbentuk dummy.

Sedangkan yang dimaksud penerbit adalah berkenaan dengan aktivitas manusia yakni sebagai koordinator dalam menyebarluaskan hasil karya dari pihak pengarang. Di dalam bidang penerbitan, penerbit dibagi menjadi dua bagian besar yaitu penerbit umum dan penerbit khusus.

Penerbit umum yakni penerbit adalah yang menerbitkan buku populer atau ilmiah secara umum, sedangkan penerbit khusus adalah penerbit spesialis yang menerbitkan berbagai buku khusus, seperti buku teks, buku pelajaran, buku perguruan tinggi, buku agama, buku kedokteran, dan lain sebagainya.

Penerbit juga menyajikan berbagai ilmu dan pengetahuan melalui berbagai produk penerbitan serta dapat melakukan perdagangan dengan mencari keuntungan dari produk penjualan buku yang diterbitkannya. Selain itu, tugas penerbit adalah sebagai rekan usaha atau jejaring yang sangat vital bagi penulis.

Pada dasarnya, tugas penerbit adalah dapat mengkoordinasikan berbagai unsur penerbitan, misalnya penulis, percetakan, distributor, dan lain sebagainya. Sehingga, tugas penerbit adalah dapat menggandakan naskah, mencari pengarang atau penulis, memperkirakan biaya produksi meliputi bahan baku buku, distribusi, dan lain sebagainya, memberi estimasi daya jual, menghubungi desainer, percetakan, promosi, dan masih banyak lagi.

Sehingga dari sini dapat disimpulkan bahwa perbedaan percetakan dan penerbit adalah dari karakteristiknya. Penerbit bekerja berdasarkan service orientation yang mana penggolongan penerbit ini berdasarkan dengan orientasi pelayanannya, bekerja berdasarkan konvensional, dan moderat.

Jenis-Jenis Penerbit

Setelah mengetahui pengertian penerbit adalah badan usaha yang melakukan kegiatan intelektual dan profesional dalam menyiapkan naskah, menyunting naskah, menghasilkan berbagai jenis bahan publikasi, dan memperbanyak serta menyebarluaskan naskah untuk kepentingan umum, Anda juga harus memahami apa saja jenis-jenis penerbit yang ada,.

Dengan mengenal berbagai jenis penerbit, maka Anda akan dimudahkan dalam sasaran tulisan Anda, kira-kira penerbit mana yang lebih spesifik dapat menerima tulisan atau karya dan sesuai dengan sasaran buku yang Anda tulis. Dengan demikian, bagi penulis tentu akan lebih menghemat waktu dalam mencetak buku.

Setidaknya, ada tiga jenis penerbit adalah penerbit mayor, penerbit indie, dan penerbit vanity publisher. Apa saja pengertian dan tugas dari masing-masing penerbit tersebut akan dijelaskan di bawah ini.

1. Penerbit Mayor

Penerbit mayor yakni penerbit adalah yang memiliki jangkauan nasional. Biasanya, buku-buku yang diterbitkan penerbit mayor adalah buku yang akan dipasarkan secara nasional, dengan sekali cetak, judul buku tersebut langsung dicetak dalam jumlah besar untuk didistribusikan.

Hasilnya, buku-buku dari penerbit mayor ini akan dijual di berbagai toko buku yang tersebar di seluruh pelosok negeri. Jenis buku dari penerbit mayor ini adalah penerbit yang memiliki aturan lebih ketat dari penerbit lain. Hal ini karena ada beberapa aspek yang harus dipenuhi seorang penulis buku.

Jika penulis buku tidak memenuhi aturan atau tidak sesuai kriteria yang ditentukan penerbit, maka naskah yang diajukan oleh penulis bisa saja tidak lolos atau bahkan ditolak, meski ada juga yang diterima dengan berbagai revisi. Beberapa penerbit mayor bahkan mengembalikan naskah yang ditolak atau dibuang begitu saja.

Kriteria dari penerbit adalah penerbit mayor yakni penerbit adalah yang memperhatikan kualitas dan kelengkapan naskah, dengan tujuan memiliki selling point dan asli tulisan atau gagasan dari penulis. Sehingga hal-hal yang terkait dengan kelengkapan naskah harus dipatuhi dan ditaati sesuai kriteria atau aturan main dari penerbit.

2. Penerbit Indie

Selain penerbit mayor ada penerbit adalah penerbit indie. Berbeda dengan penerbit mayor yang berani mencetak banyak buku, penerbit indie biasanya hanya mencetak buku dalam jumlah sedikit dan umumnya buku yang dicetak berdasarkan pre-order atau berdasarkan permintaan dari pihak penulis.

Namun, kelebihan dari penerbit indie penerbit adalah dapat lebih memiliki waktu yang efisien. Setidaknya naskah atau buku yang masuk ke penerbit indie biasanya akan langsung diproses dan dicetak. Hal ini karena penerbit indie tidak memiliki kriteria yang mengikat atau sulit seperti kriteria dari penerbit mayor.

Karena cetakan yang akan dikeluarkan juga sedikit, penulis akhirnya juga mengganti biaya cetak yang lebih murah dan terjangkau sehingga tidak berat di awal saat akan menerbitkan buku. Meski demikian, penerbit indie juga memiliki kebijakan sendiri. Sehingga bagi penulis, harus memperhatikan penerbit adalah yang jujur dan dapat dipercaya dalam menerbitkan bukunya.

3. Penerbit Vanity Publisher

Apa penerbit adalah vanity publisher itu? Penerbit vanity publisher ini pada dasarnya hampir mirip dengan penerbit indie. Namun bedanya adalah pada fasilitas yang ditawarkan. Jika penerbit indie menawarkan dan memasrahkan segala urusan misalnya layout, cetak buku, cover, dan editing ke penulis, berbeda dengan penerbit vanity publisher.

Penerbit adalah yang memberikan fasilitas berupa penawaran paket penerbitan. Misalnya penulis hanya memiliki naskah mentah saja, belum melakukan proses editing, pemilihan layoutcover, dan lain sebagainya. Penerbit vanity publisher ini akan menawarkan berbagai paket all in sampai proses cetak.

Cara Menerbitkan Buku di Penerbit

Setelah mengenal berbagai hal tentang penerbit adalah apa dan bagaimana saja jenis-jenisnya, penulis juga harus mengetahui cara menerbitkan buku di penerbit adalah dengan cara bagaimana. Di bawah ini akan dijelaskan bagaimana cara menerbitkan buku di penerbit adalah bagaimana.

1. Memilih Kategori Naskah

Sebelum menerbitkan buku ke penerbit adalah bagaimana, penulis harus memilih kategori naskah yang akan diterbitkan lebih dahulu. Perlu diketahui, bahwa penerbit adalah yang memiliki kriteria naskah yang diterima. Biasanya, beberapa penerbit juga memiliki fokus penerbitan yang berbeda sehingga penerbit harus menyesuaikan hal tersebut.

Misalnya penerbit adalah memiliki fokus pada bidang buku apa, bidang buku novel, pertanian, pelajaran atau pendidikan, politik, dan lain sebagainya. Pilihlah penerbit sesuai dengan kategori penerbitan yang mereka lakukan. Namun tidak menutup kemungkinan penerbit tersebut jadi penerbit vanity publisher.

Oleh sebab itu, penulis harus mengenali dulu karakteristik penerbit tersebut. Berikut ini adalah kategori penerbit adalah penerbit buku yang dibagi menjadi 3.

a. Buku Pendidikan

Buku pendidikan meliputi beberapa buku yang memiliki tema yakni:

– Buku ajar. Yakni buku yang ditulis oleh pakar di bidangnya yang membicarakan mengenai naskah buku ajar atau buku yang berisi bahan pelajaran tentang studi atau fokus pendidikan tertentu sebagai pembelajaran mandiri yang berperan sebagai buku panduan.

– Buku referensi. Buku yang diterbitkan penerbit adalah buku yang memiliki substansi pembahasan misalnya penelitian ilmiah yang terdiri dari rumusan masalah dan memiliki nilai novelty yang dapat menyampaikan metodologi pemecahan masalah menggunakan berbagai teori yang mutakhir dan jelas.

– Buku monograf. Buku yang membahas satu variabel cabang ilmu yang ditulis oleh satu penulis saja yang penulis tersebut memiliki latar belakang sesuai dengan tema buku yang ditulis.

b. Buku Fiksi

Buku fiksi meliputi buku seperti:

– Novel. Novel adalah buku yang berisi mengenai kisah cinta, action, komedi, dan lain sebagainya.

– Komik. Komik adalah buku cerita bergambar yang memiliki jalan cerita dan konflik di dalamnya.

– Kumpulan cerpen. Kumpulan cerpen adalah buku yang berisi beberapa cerpen yang dikumpulkan menjadi satu buku.

– Kumpulan puisi. Sama dengan kumpulan cerpen, penerbit adalah bertugas membukukan beberapa puisi menjadi satu buku dan diterbitkan dalam bentuk kumpulan puisi yang ditulis beberapa penulis.

– Dongeng. Buku yang diterbitkan penerbit adalah untuk dibaca anak-anak atau bisa juga sebagai bahan ajar yang tentu saja sesuai dengan pasar anak-anak.

c. Lain-lain

Penerbit adalah yang juga menerbitkan buku yang tidak termasuk pada kategori buku pendidikan dan buku fiksi, misalnya buku kumpulan resep masakan, buku motivasi, dan lain sebagainya.

2. Syarat Mengirim Naskah

Setelah mengkategorikan buku, penulis harus memenuhi syarat mengirim naskah. Secara umum, beberapa hal ini adalah syarat umum mengirim naskah:

– ditulis dengan rapi menggunakan format font Times New Roman,

– gunakan ukuran font 12 pt,

– naskah diketik dalam kertas kuarto dengan minimal halaman 70 halaman atau 150 halaman,

– kirimkan naskah melalui email atau melalui link yang disediakan oleh penerbit yang akan dituju.

3. Memenuhi Kelengkapan Naskah

Sebelum ke penerbit adalah menerbitkan buku, penulis juga harus memenuhi kelengkapan naskah yakni melengkapi naskah yang akan dikirim dengan:

– sinopsis buku,

– surat keaslian naskah,

– spesifikasi buku,

– data diri penulis.

Apakah Anda sedang atau ingin melakukan cara membuat buku? Jika iya Anda bisa mengbungi kami

penerbit buku
penerbit buku

Jika Anda Membutuhkan Referensi Tambahan, Kami Menyediakan EBOOK GRATIS yang Spesial Kami Persembahkan untuk Anda. Adapun Macam Ebook yang Bisa Anda Download sebagai Berikut:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat