Penerbitbuku.net

Jasa Penerbitan dan cetak buku terbaik di Indonesia
penerbit buku

Apa itu Artikel?Penjelasan Lengkap Artikel

Apa itu Artikel?Penjelasan Lengkap Artikel

ARTIKEL

Artikel adalah jenis tulisan yang berisi pendapat, gagasan, pikiran, hingga kritik terhadap suatu persoalan yang sedang berkembang di masyarakat.

Jadi, artikel merupakan sebuah karya tulis yang berisi pendapat mengenai fakta, fenomena, data, hingga kejadian tertentu yang ditulis menggunakan bahasa ilmiah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), artikel merupakan suatu karya tulis yang ditulis secara lengkap.

Adapun tujuan secara umum dari pembuatan artikel ialah untuk memengaruhi, mendidik, memberitahu, meyakinkan, serta menghibur pembacanya.

Artikel tersebut biasanya dipublikasikan di suatu media, mulai buletin, majalah, koran hingga website.

Nah, untuk memahami lebih jelas tentang artikel, bisa membaca pengertian dari para ahli, ciri-ciri, kaidah kebahasaan hingga strukturnya.

Berikut ini rangkuman tentang pengertian artikel menurut ahli, ciri-ciri, tujuan, manfaat, kaidah kebahasaan hingga strukturnya, seperti dilansir dari laman Gurupendidikan dan Serupa, Rabu (10/3/2021).

Pengertian Artikel Menurut Ahli

  • Sumandiria

Artikel adalah suatu karya tulis lepas berisikan sebuah opini seseorang yang sudah mengetahui secara jauh tentang masalah atau objek yang bersifat aktual, dengan tujuan untuk memberitahukan, menghibur, memengaruhi, dan meyakinkan pembaca.

  • Al-Aqli

Artikel ialah suatu tulisan yang telah ditulis oleh masing–masing disiplin ilmu. Setiap artikel akan membahas suatu masalah hingga selesai dengan cara tuntas, lugas serta jelas sehingga para pembaca bisa mengambil intisari dari suatu karangan yang telah ditulis oleh sang penulis.

  • Ensikologipedia Pers Indonesia

Artikel ialah suatu karangan prosa di dalam media massa dengan pembahasan pokok masalah yang dibahas secara lugas.

  • Rillan E. Wolseley

Artikel ialah suatu karangan tertulis dengan panjang yang tidak ditentukan dengan tujuan untuk menyampaikan gagasan serta fakta dengan maksud mendidik, menghibur, dan meyakinkan.

  • Andi Baso Mappatato

Artikel adalah karya tulis yang lengkap, tulisan nonfiksi, serta karangan tertulis yang memiliki panjang tidak menentu.

Tujuan Penulisan Artikel

1. Tujuan Kreatif

Artikel yang dibuat digunakan untuk menyalurkan sebuah ide dan gagasan.

2. Tujuan Eksistensi

Artikel yang ditulis dijadikan sebagai wadah penegasan diri atau guna menyatakan eksistensi diri penulis itu sendiri terhadap para pembaca.

3. Tujuan Pemecahan masalah

Artikel yang dibuat mempunyai tujuan sebagai alat bantu bagi para pembaca untuk memecahkan suatu permasalahan yang sedang dihadapi.

4. Tujuan Penugasan

Contohnya seorang siswa sekolah/mahasiswa perguruan tinggi yang diberi tujuan untuk menulis suatu artikel.

5. Tujuan Entertainment

Artikel yang dibuat berisikan cerita yang menghibur untuk para pembaca.

6. Tujuan Informasi

Artikel yang dibuat semata-mata hanya untuk memberikan informasi terhadap para pembaca tentang suatu hal.

7. Tujuan Persuasi (membujuk)

Artikel satu ini bertujuan untuk mengulas sesuatu yang di dalamnya mengandung kalimat bujukan untuk pembaca agar mau melakukan suatu hal atau membeli suatu barang.

Ciri-Ciri dan Manfaat Artikel

Ciri-ciri Artikel:

  1. Tulisannya singkat, padat, jelas, dan pembahasannya lengkap serta tuntas. Sumbernya berasal dari fakta yang ada.
  2. Besifat faktual sesuai dengan data-data yang diketahui oleh si pengarang/ penulis.
  3. Isi yang disampaikan sesuai dengan fakta yang didapat dari narasumber dan bukan dari pemikiran penulis.
  4. Isinya bisa berupa pemaparan biografi tokoh, kisah-kisah perjalanan, argumentasi, peristiwa, atau hal fakta lainnya.
  5. Gagasan atau topiknya harus menyesuaikan dengan kebutuhan pembaca atau masyarakat umum.

 

Manfaat Artikel:

  1. Sarana untuk menyampaikan ide penulis dalam mengembangkan daya imajinasi serta kreatif.
  2. Berpikir sistematis serta berbahasa secara tertib dan teratur.
  3. Memahami tujuan menulis yang nantinya akan mampu menguasai kompetensi menulis yang harus dicapai.
  4. Sebagai sarana publikasi hasil pemikiran secara ilmiah melalui jurnal ilmiah.
  5. Memberi dampak akademis bagi pembaca.

Kaidah Kebahasaan Artikel

1. Menggunakan kata-kata denotatif, yakni kata yang bermakna sebenarnya. Kata itu tidak bermakna hal lain ataupun dilebihkan maknanya seperti kata konotatif. Namun, sebagian artikel juga akan menggunakan kata konotatif untuk memperindah dan mempopulerkan tulisannya.

2. Menggunakan kata-kata istilah atau kata teknis yang berkenaan dengan topik pembahasan. Contohnya, jika topik yang dibawakan mengenai kesehatan maka istilah teknis yang digunakan, adalah: virus, bakteri, pola makan, suhu tubuh, dan sebagainya.

3. Banyak menggunakan konjungsi yang menunjukkan hubungan argumentasi atau kausalitas. Contoh: sebab, karena, jika, dengan demikian, oleh karena itu, akibatnya.

4. Menggunakan konjungsi yang menyatakan hubungan keterangan waktu atau kronologis, contoh: sebelum itu, kemudian, pada akhirnya.

5. Dalam artikel pola perbandingan, banyak memuat konjungsi yang menyatakan perbandingan/pertentangan, contoh: sebaliknya, berbeda halnya, namun.

6. Menggunakan kata-kata kerja mental (mental verba), seperti: diharapkan, memperkirakan, memprihatinkan, menduga, menyimpulkan, berpendapat, berasumsi, dan mengagumkan.

7. Banyak menggunakan kata-kata perujukan, seperti: menurut pendapat, berdasarkan data, merujuk pada pendapat.

8. Menggunakan kata-kata persuasif, seperti: sebaiknya, hendaklah, sebaiknya, harus, perlu, selain itu.

Struktur Artikel

Tesis

Merupakan pendapat dan opini umum yang meliputi pengenalan isu, masalah, atau pandangan penulis secara umum mengenai topik yang akan dibahas dalam artikel.

Rangkaian argumen

Berupa sejumlah pendapat, opini, atau argumen penulis sebagai penjelasan atas tesis yang telah dikemukakan. Bagian ini juga biasanya diperkuat oleh fakta dan data yang digunakan untuk memvalidasi argumen.

Penegasan ulang

Merupakan perumusan kembali secara ringkas mengenai tesis dan fakta yang telah disampaikan. Bagian ini juga dapat memuat rekomendasi berupa solusi konkret dari penulis.

Anda ingin menulis buku dan menerbitkannya?

0812-3004-1340 (CS Uwais) Layanan Pencetakan dan penerbitan  Buku Ajar, Penerbitan, ISBN dan Pengurusan HAKI Seluruh Indonesia

Kami melayani beberapa jenis layanan yang terkait dengan pendidikan atau sekolah, universitas, lembaga dan individu, seperti:

– Buku Cetak (melayani cetak buku satuan dan cetak skala besar)

– Penerbitan Buku

– Layanan ISBN

– Layanan HAKI

Kami bisa membantu anda mencetak buku dan menerbitkan buku untuk kebutuhan siswa-siswi dari tingkat SD sampai mahasiswa di Universitas. Tidak hanya itu untuk para pendidik, pengajar, guru, kepala sekolah, dosen, rektor maupun swasta kami bisa bantu untuk menerbitkan naskah anda. Kami melayani untuk seluruh Indonesia. Sistem kami online jadi anda tinggal order dan buku akan kami terbitkan cetak sesuai jumlah pesanan.

Hubungi CS Uwais Sekarang (http://bit.ly/chatkecsuwais)

Untuk menerbitkan anda bisa ambil paket dari kami dan mendapat berbagai fasilitas seperti ISBN, desain cover, editing, layout dan buku terbit (cetak buku satuan). Selain itu anda juga akan mendapatkan bonus seperti website, desain promo, penjualan di google playbook dan masih banyak lagi keuntungan yang anda dapatkan.

Biaya juga terjangkau bagi Anda yang ingin mencetak buku cetak berdasarkan permintaan dan jumlah besar. Mengapa itu bisa terjangkau? Karena kami menggunakan mesin offset untuk pencetakan buku.

Bagi mereka yang belum tahu, mesin cetak offset adalah salah satu pilihan kami karena kemampuan untuk mencetak jumlah besar dan tentunya cetak buku satuan. Karena keunggulan ini, buku yang dicetak menggunakan mesin cetak offset karena biaya operasinya lebih murah.

Jika Anda mencetak 1000 buku untuk ukuran A5 60 hal, buku sekolah, misalnya, harga yang Anda dapatkan adalah 11.500. Maka dapat dihitung pada 11.500 x 1000 = 11.500.000.

Dengan biaya-biaya ini, jika Anda menjual 25.000, Anda mendapat manfaat dari 25.000-11.500 = 13.500 x 1000 buku = 13.500.000. Ini adalah keuntungan bersih, sangat disarankan untuk mencetak karena biayanya relatif lebih terjangkau.

                    

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat