Penerbitbuku.net

Jasa Penerbitan dan cetak buku terbaik di Indonesia
Penerbit Buku

6 Tips Agar Bisa Lebih Rutin Membaca Buku

Kebiasaan Baik yang Harus Dilakukan Setiap Hari

 

Kita pasti sudah tahu kalau membaca buku adalah sebuah kebiasaan baik. Tidak hanya menghibur, membaca buku bisa menambah ilmu dan pengetahuan kita. Selain itu, membaca buku juga selalu dikaitkan dengan kemampuan seseorang menciptakan ide dan gagasan. Makanya, tidak heran jika banyak orang sukses yang punya kebiasaan baca buku setiap harinya.

Coba kita ingat-ingat berapa banyak buku yang sudah kita baca setiap tahunnya. Jika jumlahnya masih bisa dihitung dengan sebelah jari tangan, sepertinya kita perlu menerapkan enam tips ini agar kita bisa lebih rutin membaca buku setiap hari.

1. Luangkan waktumu untuk membaca, kamu harus disiplin mengatur waktumu setiap hari

Luangkan waktu untuk membaca

Luangkan waktu untuk membaca via https://www.freepik.com

Setiap hari, semua manusia diberikan jumlah waktu yang sama, yaitu sebanyak 24 jam. Di antara 24 jam itu, kamu harus selalu meluangkan waktumu entah berapa menit atau jam setiap harinya untuk membaca buku.

Kamu bisa menentukan jangka waktu, misalnya 30 menit dalam sehari untuk membaca, atau justru menentukan momen yang pas, misalnya membaca buku setiap sebelum tidur. Hal ini akan memudahkan kamu untuk lebih disiplin mengatur waktu membacamu setiap hari.

ADVERTISEMENT

2. Kurangi mengerjakan hal lain yang kurang bermanfaat, kamu harus bijaksana memilihnya

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Satu jam kita yang dihabiskan utnuk scrolling konten seorang artis tentu akan lebih bermanfaat ketika separuhnya bisa kita gunakan untuk membaca buku. Begitu pula satu setengah jam yang kita habiskan untuk menonton film di platform video-on-demand.

Mengerjakan dua hal ini tentu saja sangat menghibur, tapi kamu juga harus bijaksana memilih jenis hiburan yang kurang bermanfaat. Jika ingin lebih ekstrem, kamu bahkan bisa loh puasa dulu menggunakan media sosial atau tidak lagi berlangganan platform video-on-demand dalam rangka mendukung kebiasaan membacamu.

 

3. Taruh buku yang sedang kamu baca di tempat yang bisa selalu kamu lihat, pasti kamu langsung penasaran untuk segera menyelesaikan bukunya

Photo by cottonbro from Pexels

Photo by cottonbro from Pexels via https://www.pexels.com

Jangan simpan bukumu di dalam laci atau di tempat lain yang tersembunyi. Semakin sering terlihat, kamu pasti semakin ingin untuk segera menyelesaikan buku itu.

Taruh buku yang sedang kamu baca di tempat-tempat yang selalu bisa kamu lihat. Bisa di atas kasur atau di atas meja. Kamu pasti jadi penasaran ingin mengambil buku itu dan lanjut membacanya.

 

Artikel lainnya:

Penerbit Buku Pelajaran percetakan offset
PENERBIT BUKU PELAJARAN, PROSES 3-4 MINGGU!
CETAK BUKU SATUAN TERBAIK, PROSES CEPAT 1-2 MINGGU!
menerbitkan skripsi jadi buku kenapa tidak

4. Bosan itu wajar, jadi tidak masalah kalau ingin membaca lebih dari satu buku di waktu yang bersamaan

Photo by RODNAE Productions from Pexels

Photo by RODNAE Productions from Pexels via https://www.pexels.com

Jika dalam proses membaca sebuah buku kamu menemui rasa bosan, jangan jadikan ini alasan untuk berhenti membaca. Kamu bisa membaca buku lainnya untuk mengatasi rasa bosanmu. Membaca buku yang berbeda secara beriringan sangat efektif untuk membangun kebiasaan membaca.

Kamu juga bisa, misalnya, mencampur genre buku. Sebuah buku filsafat yang serius bisa disambi dengan sebuah novel yang ringan dan lucu. Tinggal tentukan saja kapan suasana yang cocok untuk membaca buku yang satu dan yang lainnya.

 

5. Supaya lebih serius, buatlah daftar perkembangan buku yang dibaca di media sosial

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Media sosial bisa jadi alat yang efektif untuk menjaga motivasi membaca. Coba tulis di media sosialmu kalau kamu akan menyelesaikan 10 buku dalam setahun, kemungkinan besar kamu akan melakukannya karena kamu malu reputasimu buruk di mata pengikutmu. Kamu juga bisa mengulas semua buku yang kamu baca dan membuat daftarnya di media sosial. Pasti ada rasa tertekan untuk menyelesaikan daftar tersebut.

 

6. Kalau sendirian terasa berat, kamu bisa mencari teman untuk diajak diskusi buku

Photo by RODNAE Productions from Pexels

Photo by RODNAE Productions from Pexels via https://www.pexels.com

Punya teman yang sama-sama suka baca buku? Ajak dia untuk berdiskusi buku. Kalian bisa mendiskusikan satu buku yang sama-sama sudah dibaca atau saling merekomendasikan buku. Karena itulah bagi sebagian pembaca, bergabung di komunitas buku menjadi cara untuk tetap semangat membaca.

Belum punya teman yang suka membaca buku? Ajak saja orang-orang terdekatmu untuk membaca. Kakak, adik, pasangan, atau sahabat yang sama-sama suka membaca bisa membuatmu semakin termotivasi untuk membaca. Membangun kebiasaan sendirian tentu terasa lebih berat.

 

Cetak Buku Satuan Untuk Keperluan Akademis

Cetak buku untuk keperluan sekolah seperti LKS, modul ataupun buku paket juga bisa kami layani. Karena disaat pandemi pembelajaran daring juga lebih efektif jika putra-putri bisa menggunakan buku. Dan harapannya pembelajaran tatap muka bisa segera dilakukan kembali.

Anda juga dapat mengunjungi situs kami di www.penerbituwais.com untuk informasi lebih lanjut atau menghubungi CS Uwais 0812-3004-1340.

penerbit buku

 

     

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat