Penerbitbuku.net

Jasa Penerbitan dan cetak buku terbaik di Indonesia
Penerbit Buku Di Jambi

5 CIRI-CIRI BUKU NON FIKSI. NO 2 BIKIN LEBIH RAJIN!

PENGERTIAN BUKU NON FIKSI

Pengertian buku non fiksi adalah buku yang ditulis berdasarkan kenyataan. Buku jenis ini menyajikan suatu informasi dan pengetahuan baru. Buku non fiksi bersifat informatif dengan bahasa yang jelas, akurat, dan disajikan apa adanya sesuai dengan fakta yang terjadi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian buku non fiksi adalah yang tidak bersifat fiksi, tetapi berdasarkan fakta dan kenyataan (tentang karya sastra, karangan, dan sebagainya).

Hal tersebut yang membuat buku non fiksi sering dijadikan sumber informasi oleh para pembaca. Adapun bahasa yang digunakan biasanya bahasa denotatif atau bahasa sebenarnya, jadi pembaca dapat langsung memahami maksud dari isi buku.

Seperti yang dijelaskan di atas, pengertian buku non fiksi adalah buku yang berisi kejadian sebenarnya dan bersifat informatif, edukatif, dan faktual. Hal tersebut yang membuat buku nonfiksi sering dijadikan sumber informasi oleh para pembaca.

Sedangkan, menurut Geir Farner, pengertian buku non fiksi merupakan klasifikasi untuk setiap karya informatif yang seringkali berisi mengenai cerita yang pengarangnya dengan itikad baik bertanggung jawab atas kebenaran atau akurasi dari peristiwa, orang, dan atau informasi yang disajikan di dalam tulisan. Bahasa yang digunakan dalam ceritanya juga harus logis dan dapat diterima nalar pembaca, bahasa yang dipakai formal bukan informal.

27 Contoh Buku Non Fiksi Lengkap dengan Pengarangnya
CONTOH BUKU NON FIKSI

CIRI-CIRI BUKU NON FIKSI.

Contoh Buku Non Fiksi dan Ciri Utamanya - Buku Deepublish
DERETAN BUKU NON FIKSI.

Setelah mengetahui pengertian buku non fiksi, berikut ini anda perlu mengenali ciri-ciri buku non fiksi, antara lain:

1. Menggunakan Bahasa yang Formal

Ciri tersebut yang paling menonjol dari buku non fiksi. Dari segi penulisannya, buku non fiksi disampaikan dengan menggunakan bahasa formal, sesuai bahasa yang baik dan benar. Meski, ada beberapa buku non fiksi yang ditulis dengan menggunakan bahasa yang santai. Hal tersebut tentu dengan catatan tetap menggunakan bahasa yang sesuai kaidah penulisan EYD.

2. Menggunakan Bahasa Denotatif

Bahasa yang digunakan dalam buku non fiksi ialah denotatif. Kata denotatif maksudnya adalah kata yang mengandung makna sebenarnya. Informasi yang disampaikan oleh penulis disajikan secara lengkap, to the point, dan tegas. Tujuan penggunaan kata denotatif ini yaitu karena penulis ingin memberikan informasi kepada pembaca dengan cara tidak berbelit-belit atau membingungkan pembaca.

3. Berdasarkan Fakta

Dalam karangan non fiksi, tulisan yang dimuat harus sesuai fakta dan bersifat faktual sesuai data yang diperoleh. Hal tersebut yang membuat pembaca bisa langsung memperoleh manfaat dari informasi yang disampaikan.

4. Tulisan Berbentuk Ilmiah Popular

Maksud dari bentuk ilmiah populer adalah tulisan tidak melulu menggunakan bahasa yang kaku. Jadi, yang terpenting tulisan dapat dipelajari dan dipahami secara mandiri. Sebuah tulisan dikatakan sebagai tulisan ilmiah populer karena penggunaan bahasa yang mudah dipahami dan sesuai dengan pasar. Kemudian dalam pengambilan data berdasarkan kajian, daftar pustaka, dan sumber referensi yang dijadikan acuan. Dalam penggunaan sumber referensi, sebaiknya dipahami terlebih dahulu isinya dan ditulis kembali sesuai dengan pemahaman sendiri.

5. Tulisan Baru

Hal yang ditulis dalam buku non fiksi harus temuan baru atau pengembangan dari temuan yang sudah ada. Seperti diketahui, karya non fiksi memiliki tujuan untuk menyempurnakan ide dari ulasan naskah terlebih dahulu.

INGIN MENERBITKAN BUKU NON FIKSI KAMU?

Untuk Jasa Percetakan Buku dan  Penerbitan Buku proses dan prosedurnya sangat mudah sekali, yaitu penulis menyiapkan file dengan format pdf siap cetak dan file desain cover dalam bentuk jpg. Lalu dikirimkan ke alamat email kami ataupun bisa melalui WA CS kami. Adapaun untuk proses cetak sekitar 7 hari. Tergantung jumlah cetaknya. Misal penulis cetak 1000 eks maka waktunya menjadi 10 – 14 hari.

 

penerbit buku
Hubungi CS Penerbit Uwais,Klik disini!

 

Bagaimana dengan hasil cetak bukunya? Tentu kami memberikan kualitas terbaik untuk para klien kami. Tiap buku sudah di wrap plastik jadi aman untuk dikirimkan ke seluruh Indonesia.

Dan tambahan lagi, untuk spesifikasi cetak, kami menyediakan beberapa macam kertas dan ukuran mulai dari A5 sampai ukuran A4. Jenis kertas sendiri kami menyediakan kertas bookpaper 57 gram / 72 gram, HVS dan artpaper. Semua tergantung dari kebutuhan penulis.

Akhir kata, mungkin artikel ini sudah menjawab sebagian besar pertanyaan penulis yang sedang /akan menerbitkan karya atau tulisannya. Namun jika masih ada pertanyaan atau mungkin ada kendala yang masih ada terkait naskah atau lainnya, anda bisa berkonsultasi ke CS kami.  Kami bisa membantu anda sampai naskah anda terbit.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat