Penerbitbuku.net

Jasa Penerbitan dan cetak buku terbaik di Indonesia
Menulis resensi

Kesulitan Menulis Resensi? Berikut 5 Cara Mudah Menulis Resensi Dari Buku Yang Baik

5 Cara Mudah Menulis Resensi Dari Buku

5 Cara Mudah Menulis Resensi Dari Buku
5 cara mudah menulis resensi dari buku

Pernahkah kalian meresensi sebuah buku yang kalian baca? sebagai seorang pelajar atau mahasiswa pasti kalian pernah mendapat tugas untuk meresensi sebuah buku yang kalian baca. Lalu bagaimana cara kalian menulis resensi buku itu? apakah sudah benar? atau apakah ada yang belum tahu cara menulis resensi buku yang baik? Nah! sebelum kita mulai cara menulis resensi dari sebuah buku, kita harus mengetahui apa saja unsur-unsur yang terdapat pada saat kita meresensi sebuah buku.

Unsur-Unsur Resensi Buku :

  1. Judul Resensi Buku
  2. Informasi dan Data Buku
  3. Pembukaan Resensi
  4. Isi Resensi
  5. Penilaian Kelebihan dan Kekurangan Buku.

Jika sebelumnya yang kita bahas adalah ‘cara membuat resensi buku’ , sekarang kita akan membahas tentang bagaimana cara menulis resensi dari sebuah buku. Resensi merupakan penilaian kembali atau ulasan mengenai nilai sebuah karya atau buku. Dalam menulis resensi, kita harus menulis sesuai dengan pemikiran kita. Dan pastikan kita sudah membaca buku yang akan kita resensi hingga akhir. Nah! ingin tahu bagaimana cara meresensi buku yang baik dan benar? simak terus yaa!

1. Menulis Judul Resensi

Pertama-tama, kita harus menulis judul resensi yang menarik. Kesalahan umum pada penulisan resensi adalah penulisan di bagian judul. Karena sering kali judul yang ditulis sama dengan judul buku yang dibaca. Hal ini membuat resensi yang kalian buat terlihat biasa saja dan tidak menarik.

Lalu, bagaimana supaya terlihat menarik? kita harus menulis judul resensi dengan bahasa yang singkat, padat dan jelas. Dengan menggunakan cara ini, pembaca akan lebih mudah tertarik untuk membaca resensi yang kalian buat. Meskipun judul tersebut terlihat singkat dan pendek.

2. Menulis Data dan Informasi Penting Buku

Pada bagian ini, kita menuliskan tentang apa saja yang ada pada setiap bab-nya, judul, tahun terbit, tebal halaman, ISBN, dan informasi penting lainnya. Kita juga bisa menjelaskan kepada pembaca apa sih alasan penulis menciptakan buku itu? serta kita bisa menuliskan perjalanan hidup/biografi penulis buku tersebut. Menulis resensi pada bagian ini cukup mudah, karena data buku dan informasi lainnya tercantum pada bagian paling awal dan akhir buku.

3. Menulis Pembukaan Resensi

Hal yang selanjutnya perlu kita tulis dalam membuat resensi buku adalah pembukaan, atau bisa disebut juga dengan orientasi. Untuk membuat pendahuluan, kita perlu memperhatikan hal-hal tertentu seperti, mudah dipahami atau tidaknya pembukaan yang kalian buat, kejelasan dalam penulisan kalimat, dan menarik atau tidaknya pendahuluan yang kalian buat.

Jika kalian merasa kesulitan dalam menulis pembukaan resensi, kalian bisa membaca ulang keseluruhan isi buku yang akan kalian resensi. Karena hanya di dalam buku tersebut kalian dapat menemukan kata, kalimat dan informasi yang menarik lainnya. Pendahuluan ini sebenarnya juga tergantung kreatifitas kalian dalam menulis.

4. Menulis Isi/Tubuh Resensi

Bagian isi dalam resensi merupakan unsur yang paling penting pada saat kita menulis resensi. Dalam penulisan isi ini, tidak boleh dibuat-buat. Karena tulisan yang dibuat-buat justru membuat pembaca bosan dan terkesan monoton. Jadi saat kita menulis isi resensi, kita harus menulis apa adanya, sesuai apa yang kita baca dalam buku itu. Kita juga bisa menjelaskan ketertarikan atau ketidaktertarikan kita terhadap buku itu.

Namun, dalam menulis ketidaktertarikan, kita harus lebih berhati-hati, jangan berlebihan dan jangan sampai merugikan pihak penulis buku tersebut. Jadi sewajarnya saja. Tetapi pada bagian ketertarikan kalian pada buku tersebut, kalian dapat menuliskan lebih banyak kelebihan. Karena kelebihan yang kalian tulis itu menjadi daya tarik bagi pembaca buku tersebut.

5. Menulis Kesimpulan/Penutup

Untuk bagian terakhir yang perlu kalian tulis adalah penutup. Bagian ini merupakan bagian terakhir dalam penulisan resensi. Disini kita bisa menulis kesimpulan tentang apa yang sudah kalian tulis, misalnya buku yang kalian resensi ini worth it untuk dibaca atau tidak atau buku ini cocok dibaca umur berapa saja, dll. Tidak perlu menggunakan banyak paragraf untuk menulis bagian penutup atau kesimpulan resensi ini, cukup 1-2 paragraf saja.

Dalam menulis kesimpulan ini kita harus memperhatikan penulisan kalimatnya. sudah jelaskah kalimatnya? apakah mudah dipahami? tidak membuat pembaca kebingungan saat membacanya.

Nah! itu dia cara  menulis resensi dari buku. Intinya, resensi yang baik dan benar itu mencakup semua unsur yang terkandung dalam pembuatan resensi. Bagaimana? mudah sekali bukan menulis resensi dari buku? Setelah ini anda bisa mempraktikkan cara menulis resensi dari buku setelah kalian selesai membaca buku. Semoga bermanfaat!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat