Penerbitbuku.net

Jasa Penerbitan dan cetak buku terbaik di Indonesia
meresensi buku

Jangan Sampai Salah! Ini Dia 5 Cara Membuat Resensi Buku Yang Benar

5 Cara Membuat Resensi Buku Yang Benar!

Cara membuat resensi buku

Anda suka membaca buku dan tertarik untuk membuat resensi sebuah buku? Sebelum kita mulai tata cara membuat resensi buku, kita harus memahami dulu. Apa sih yang dimaksud resensi buku itu? dan untuk apa tujuan kita membuat resensi buku? Untuk kalian yang belum tahu, simak terus ya!

Resensi adalah kupasan atau pembahasan sebuah buku, majalah, novel atau film yang biasa kita jumpai di media sosial.Namun, resensi yang sering kita jumpai adalah resensi buku. Tujuan resensi buku adalah untuk memudahkan para pembaca untuk mengetahui apa yang ada di dalam buku tersebut. Sehingga mereka bisa menentukan, buku yang akan mereka beli itu worth it atau tidak. Selain itu meresensi buku bermanfaat bagi penulis untuk mengembangkan karya-karyanya untuk berkembang lebih baik. Kita juga bisa menambah wawasan dan kretifitas kita dalam menulis.

Resensi yang baik adalah resensi yang didalamnya terdapat identitas dan unsur-unsur yang lengkap. Serta penulisannya harus sesuai EYD yang benar.

Nah! sebelum kita membuat resensi, kita juga harus mengetahui apa saja unsur-unsur yang terkandung dalam resensi buku seperti judul resensi, data buku, pembukaan, tubuh atau isi resensi dan penutup resensi. Setelah kita mengetahui unsur-unsur yang terkandung dalam resensi, kita bisa mulai membuat resensi buku. Berikut 5 Cara membuat resensi buku yang benar!

1. Menentukan Buku Yang Akan Dibaca

Langkah yang pertama yang harus kita lakukan sebelum membuat resensi buku adalah, dengan membaca buku yang akan kita resensi. Terutama buku yang cukup menarik untuk dibaca atau buku yang kita sukai. Karena jika kita tidak memilih buku yang tepat, maka kita akan malas untuk membacanya. Kita juga harus mengetahui genre buku yang akan kita baca, entah itu buku fiksi atau buku non fiksi. Langkah ini berperan penting dalam membuat resensi.

Pastikan kita tidak salah dalam memilih buku dan pastikan buku yang kita pilih untuk di resensi ini belum pernah kita resensi sebelumnya.

2. Membaca Keseluruhan Isi Buku Yang Akan Di Resensi

Cara yang kedua adalah membaca buku dari awal hingga akhir. Karena kita akan meresensi buku, jadi kita tidak boleh membaca buku yang akan kita resensi itu setengah-setengah. Jadi, kita harus benar-benar membaca dari awal hingga akhir serta memahami gagasan yang ada dalam buku tersebut se-detail mungkin. Hal-hal tentang penulis pun juga mempengaruhi isi resensi yang akan kalian buat.

3. Menulis Poin-Poin Penting Dalam Buku

Menulis poin-poin penting sambil membaca buku mungkin bisa memudahkan kalian dalam membuat resensi buku. Di dalam sebuah buku, minimal kita bisa menemukan poin-poin penting dalam setiap bab-nya. Poin-poin penting biasanya bisa berupa amanat yang disampaikan penulis atau bisa juga kutipan-kutipan yang bisa kita jadikan pelajaran. Poin-poin ini juga mencakup nilai-nilai yang terkandung dalam buku.

4. Menemukan Informasi Penting

Informasi penting disini merupakan bagian judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, jumlah halaman, atau dibisa juga disebut pengumpulan data. Nah! disaat kita ingin membuat resensi buku, kita harus memperhatikan juga informasi-informasi penting itu. Tapi bisa juga kita menuliskan informasi-informasi penting terkait penulis misalnya, penulis ini pernah menulis buku yang lain sebelumnya.

5. Memulai Menulis Resensi

Jika kalian sudah melakukan hal-hal yang sudah tersebut di atas, maka akan mudah bagi anda untuk menulis resensi buku. Kita tinggal menulis hal-hal apa saja yang terkandung di dalam buku tersebut. Jangan lupa juga untuk menulis keunggulan dan kelemahan buku. Menulis resensi buku juga harus sesuai dengan unsur-unsur yang ada dalam buku resensi.

Nah! itu dia cara-cara untuk membuat resensi buku. Namun, kenapa sih kita harus menulis resensi buku itu dengan baik dan benar? karena selain untuk menambah wawasan dan kreatifitas kita, resensi buku ini bisa digunakan untuk sarana promosi agar buku yang kalian resensi itu ramai pembacanya.

Bagaimana? cara menulis resensi buku itu mudah sekali bukan? setelah ini anda bisa menulis resensi tiap buku yang sudah kalian baca. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat