Penerbitbuku.net

Jasa Penerbitan dan cetak buku terbaik di Indonesia

5 Cara Membaca Intensif yang Efektif

5 Cara Membaca Intensif yang Efektif

Pengertian Membaca Intensif


Membaca intensif adalah kegiatan membaca teks bacaan yang dilakukan dengan teliti, cermat, dan saksama. Metode ini dilakukan agar pembaca dapat memahami isi bacaan dengan baik dan benar.
Metode membaca intensif salah satunya berguna saat kamu mencari informasi detail untuk bahan diskusi. Metode ini memungkinkan kamu memahami fakta, konsep, gagasan, pengalaman, pendapat, perasaan, hingga pesan moral di sebuah bacaan.
Membaca intensif juga bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman pembaca pada tingkat lateral, kritis interpretatif, dan evaluatif. Bahkan untuk anak, metode ini merangsang daya imajinatif lewat penjabaran suatu fenomena pada bacaan yang baik untuk kreativitas mereka.

Apa Tujuan Membaca Intensif?

Selain mendapat pemahaman dari teks bacaan, tujuan membaca intensif adalah mengasah dan menumbuhkan kemampuan membaca dengan kritis dan komprehensif. Pembaca juga akan memahami struktur dan pola teks yang penting dalam kajian linguistik.

Saat membaca dengan intensif, secara otomatis pembaca dapat memahami pesan penulis dan makna di balik teks bacaan tersebut. Sebab, terkadang dalam bacaan, terdapat pesan tersirat dari penulisnya.

Penerbit Buku Pelajaran

Ciri-ciri Membaca Intensif

Ciri-ciri dan karakteristik membaca intensif yaitu:

Membaca dengan tujuan meraih pemahaman yang tinggi dan harapan mengingat dalam jangka waktu panjang.
Membaca secara mendalam isi dan bagian teks secara keseluruhan.
Membaca tidak dengan teknik tunggal, namun dengan beragam teknik meliputi scanning, comprehending, skimming, dan lainnya.
Keterampilan baca dengan detail termasuk pemahaman kata, pengembangan kosakata, kalimat, hingga keseluruhan isi
Perlu konsentrasi dan kecermatan yang tinggi agar dapat memperoleh struktur teks

5 Cara Membaca Intensif

Sampai sini, kita dapat memahami bahwa kegiatan membaca intensif harus dilakukan dengan fokus, teliti dan cermat. Lalu, bagaimana cara membaca intensif yang efektif?

Siapkah naskah atau teks yang akan dibaca dengan referensi yang tepat.
Membaca diikuti dengan memberi tanda pada hal-hal dan poin yang penting. Contohnya, memberi garis bawah, tanda bintang, atau nomor pada bagian atas untuk keterangan poin penting tersebut.
Jangan ragu memberi pertanyaan terkait teks bacaan. Pertanyaan berguna untuk melatih ingatan kognitif, pemahaman, penerapan, analisis, dan penilaian.
Buat rangkuman dari yang dibaca menggunakan bahasa sendiri.
Menyimpulkan bacaan setelah membaca keseluruhan.
Cara membuat kesimpulan yaitu dengan mencatat ide pokok per paragraf, hubungkan ide pokok untuk mendapat kesimpulan sementara, baca ulang teks untuk menguji kesimpulan sementara tersebut, dan lakukan pada paragraf lain untuk menyempurnakan rumusan simpulan.

Anda ingin menulis buku dan menerbitkannya?

0812-3004-1340 (CS Uwais) Layanan Pencetakan dan penerbitan  Buku Ajar, Penerbitan, ISBN dan Pengurusan HAKI Seluruh Indonesia

Kami melayani beberapa jenis layanan yang terkait dengan pendidikan atau sekolah, universitas, lembaga dan individu, seperti:

– Buku Cetak (melayani cetak buku satuan dan cetak skala besar)

– Penerbitan Buku

– Layanan ISBN

– Layanan HAKI

Kami bisa membantu anda mencetak buku dan menerbitkan buku untuk kebutuhan siswa-siswi dari tingkat SD sampai mahasiswa di Universitas. Tidak hanya itu untuk para pendidik, pengajar, guru, kepala sekolah, dosen, rektor maupun swasta kami bisa bantu untuk menerbitkan naskah anda. Kami melayani untuk seluruh Indonesia. Sistem kami online jadi anda tinggal order dan buku akan kami terbitkan cetak sesuai jumlah pesanan.

Hubungi CS Uwais Sekarang (http://bit.ly/chatkecsuwais)

Untuk menerbitkan anda bisa ambil paket dari kami dan mendapat berbagai fasilitas seperti ISBN, desain cover, editing, layout dan buku terbit (cetak buku satuan). Selain itu anda juga akan mendapatkan bonus seperti website, desain promo, penjualan di google playbook dan masih banyak lagi keuntungan yang anda dapatkan.

Biaya juga terjangkau bagi Anda yang ingin mencetak buku cetak berdasarkan permintaan dan jumlah besar. Mengapa itu bisa terjangkau? Karena kami menggunakan mesin offset untuk pencetakan buku.

Bagi mereka yang belum tahu, mesin cetak offset adalah salah satu pilihan kami karena kemampuan untuk mencetak jumlah besar dan tentunya cetak buku satuan. Karena keunggulan ini, buku yang dicetak menggunakan mesin cetak offset karena biaya operasinya lebih murah.

Jika Anda mencetak 1000 buku untuk ukuran A5 60 hal, buku sekolah, misalnya, harga yang Anda dapatkan adalah 11.500. Maka dapat dihitung pada 11.500 x 1000 = 11.500.000.

Dengan biaya-biaya ini, jika Anda menjual 25.000, Anda mendapat manfaat dari 25.000-11.500 = 13.500 x 1000 buku = 13.500.000. Ini adalah keuntungan bersih, sangat disarankan untuk mencetak karena biayanya relatif lebih terjangkau.

                    

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat