Penerbitbuku.net

Jasa Penerbitan dan cetak buku terbaik di Indonesia

5 ARTI PENTING ISBN!

PENGERTIAN ISBN.

ISBN (International Standard Book Number) adalah kode pengidentifikasian buku yang bersifat unik. Informasi tentang judul, penerbit, dan kelompok penerbit tercakup dalam ISBN. ISBN terdiri dari deretan angka 13 digit, sebagai pemberi identifikasi terhadap satu judul buku yang diterbitkan oleh penerbit. Oleh karena itu satu nomor ISBN untuk satu buku akan berbeda dengan nomor ISBN untuk buku yang lain.

ISBN adalah International Standard Book Number) atau nomor seri sebuah buku adalah suatu badan yang memiliki kewenangan untuk menerbitkan kode buku. Kode buku ini kemudian menjadi identitas dari sebuah buku.

Lewat kegiatan cek ISBN maka bisa diketahui detail mengenai identitas buku tersebut. Mulai dari judul buku, nama penulisnya, nama penerbitnya, dan unsur lain di dalam identitas buku.

Pengecekannya sendiri bisa dilakukan secara online, dan menjadi petunjuk bahwa buku yang dibaca atau dibeli merupakan buku asli atau bukan. Memahami bahwa ISBN sangat wajib dimiliki buku yang akan diterbitkan.

Maka setiap penulis dan penerbit perlu memahami ISBN ini dengan detail. Khususnya penerbit yang biasanya menjadi pihak yang mengurus ISBN dari setiap buku yang dicetak dan diterbitkan olehnya.

ISBN diberikan oleh Badan Internasional ISBN yan berkedudukan di London. Di Indonesia, Perpustakaan Nasional RI merupakan Badan Nasional ISBN yang berhak memberikan ISBN kepada penerbit yang berada di wilayah Indonesia. Perpustakaan Naasional RI mempunyai fungsi memberikan informasi, bimbingan dan penerapan pencantuman ISBN serta KDT (Katalog Dalam Terbitan). KDT merupakan deskripsi bibliografis yang dihasilkan dari pengolahan data yang diberikan penerbit untuk dicantumkan di halaman balik judul sebagai kelengkapan penerbit.

Apa itu ISBN? | Resitasi
Contoh ISBN

Mengenal Arti Penting ISBN .

ISBN

   

1. Sebagai Penguat Identitas Buku

Arti penting atau fungsi pertama dari ISBN di dalam sebuah buku adalah untuk menguatkan identitas buku itu sendiri. Sebab ISBN sendiri merupakan bagian dari identitas sebuah buku.

Lewat ISBN, maka bisa diketahui dengan detail mengenai judul, nama penulis, penerbit, dan sebagainya. Sekaligus menjadi pembeda antara satu buku dengan buku lainnya.

Hal ini penting untuk memastikan setiap orang bisa membeli buku yang sesuai kebutuhan dan keinginan tanpa resiko tertukar. Sekaligus memudahkan pendataan, untuk mengetahui buku mana saja dari penulis mana saja yang terbilang best seller.

 

2. Meningkatkan Jumlah Penulis di Indonesia

   

3. Menjamin Kualitas dan Kredibilitas Buku

   

4. Membantu Mempromosikan Buku

   

Pasalnya tidak ada buku asli yang diterbitkan tanpa ISBN, kode buku ini kemudian menjadi usur penting. Sebab menjadi tanda bahwa buku ini sudah terdaftar di dalam perpustakaan nasional. Berikut adalah beberapa arti penting dari kode ISBN itu sendiri:

1. Sebagai Penguat Identitas Buku

Arti penting atau fungsi pertama dari ISBN di dalam sebuah buku adalah untuk menguatkan identitas buku itu sendiri. Sebab ISBN sendiri merupakan bagian dari identitas sebuah buku.

Lewat ISBN, maka bisa diketahui dengan detail mengenai judul, nama penulis, penerbit, dan sebagainya. Sekaligus menjadi pembeda antara satu buku dengan buku lainnya.

Hal ini penting untuk memastikan setiap orang bisa membeli buku yang sesuai kebutuhan dan keinginan tanpa resiko tertukar. Sekaligus memudahkan pendataan, untuk mengetahui buku mana saja dari penulis mana saja yang terbilang best seller.

Baca Juga: Cara Mendapatkan ISBN untuk Karya Ilmiah Book Chapter Nasional

2. Meningkatkan Jumlah Penulis di Indonesia

Secara umum proses mengurus ISBN tidak semudah cek ISBN, yang bisa dilakukan online oleh siapa saja. Pasalnya proses mengurus ISBN ini dilakukan di Perpustakaan Nasional yang tentu prosedurnya panjang dan berbayar.

Sehingga pengurusan ISBN biasanya dilakukan oleh penerbit, yang kemudian menunjukan kredibilitasnya sebagai penerbit. Setiap penulis kemudian akan menyadari bahwa untuk mendapatkan iSBN mudah, karena diurus oleh penerbit.

Kemudahan ini tentu akan mendorong lebih banyak orang untuk menjadi penulis yang produktif. Sebab tidak perlu lagi mengurus ISBN sendiri, dan bisa terus berkarya melalui tulisan berkualitas.

3. Menjamin Kualitas dan Kredibilitas Buku

ISBN merupakan identitas sebuah buku, bahkan hasil cek ISBN bisa menentukan keasliannya. Maka salah satu unsur penting yang menentukan legalitas sebuah buku di pasaran adalah kode buku tersebut.

Artinya, ketika buku yang ditulis kemudian dicetak dan sudah ada ISBN maka aman untuk dipasarkan. Sebab terjamin orisinalitas atau keahliannya, sekaligus terjamin kualitasnya.

Sebab penerbit tentunya akan memiliki tim dari kalangan editor berpengalaman dan profesional. Sehingga memastikan isis buku yang akan diterbitkan sangat berkualitas. Tidak salah jika ISBN juga menjadi jaminan kualitas sebuah buku.

4. Membantu Mempromosikan Buku

Setiap penulis tentu berharap bahwa buku-buku yang berhasil ditulisnya bisa dipromosikan dengan baik. Supaya lebih dikenal masyarakat luas dan kemudian angka penjualannya tinggi.

Tidak hanya untuk mengejar royalti, namun untuk memastikan bahwa apa yang ditulisnya bisa bermanfaat untuk orang banyak. Mendukung tujuan tersebut maka buku perlu dipromosikan.

Supaya promosinya mudah dan cakupannya luas, maka wajib ada nomor ISBN. Supaya dibantu penerbitannya oleh penerbit dan juga Badan Nasional ISBN hingga oleh Badan Internasional ISBN.

5. Mendukung Arus Distribusi Buku

Pernah mendengar ada kesalahan saat mendistribusikan atau mengirim buku? Baik itu ke toko buku maupun pembeli, kesalahan seperti ini sebenarnya bisa terjadi. Apalagi jika dilakukan oleh distributor dan penjual yang tidak memahami arti pentingnya iSBN dan cara cek ISBN.

Tanpa ISBN maka proses distribusi buku rawan melakukan kesalahan, sehingga akan merugikan penulis maupun penerbit itu sendiri. Sebaliknya, dengan adanya ISBN maka proses pendataan menjadi mudah.

Tidak ada lagi buku yang tertukar saat didistribusikan, pembeli pun bisa mendapatkan buku yang sesuai dengan pesanan. Jadi, untuk mendukung kelancaran arus distribusi maka buku perlu memiliki kode ISBN.

Ada Nomor ISBN di Buku Pelajaran, Apa Fungsi dan Maknanya, ya? - Semua Halaman - Bobo

 

INGIN MENERBITKAN BUKU BERISBN?

Untuk Jasa Percetakan Buku dan  Penerbitan Buku  Digital proses dan prosedurnya sangat mudah sekali, yaitu penulis menyiapkan file dengan format pdf siap cetak dan file desain cover dalam bentuk jpg. Lalu dikirimkan ke alamat email kami ataupun bisa melalui WA CS kami. Adapaun untuk proses cetak sekitar 7 hari. Tergantung jumlah cetaknya. Misal penulis cetak 1000 eks maka waktunya menjadi 10 – 14 hari.

 

penerbit buku
Hubungi CS Penerbit Uwais,Klik disini!

 

Bagaimana dengan hasil cetak bukunya? Tentu kami memberikan kualitas terbaik untuk para klien kami. Tiap buku sudah di wrap plastik jadi aman untuk dikirimkan ke seluruh Indonesia.

Dan tambahan lagi, untuk spesifikasi cetak, kami menyediakan beberapa macam kertas dan ukuran mulai dari A5 sampai ukuran A4. Jenis kertas sendiri kami menyediakan kertas bookpaper 57 gram / 72 gram, HVS dan artpaper. Semua tergantung dari kebutuhan penulis.

Akhir kata, mungkin artikel ini sudah menjawab sebagian besar pertanyaan penulis yang sedang /akan menerbitkan karya atau tulisannya. Namun jika masih ada pertanyaan atau mungkin ada kendala yang masih ada terkait naskah atau lainnya, anda bisa berkonsultasi ke CS kami.  Kami bisa membantu anda sampai naskah anda terbit.

 

Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat