Penerbitbuku.net

Jasa Penerbitan dan cetak buku terbaik di Indonesia

4 TIPS MENULIS BUKU LANCAR!

APA ITU MENULIS BUKU?

Menulis Buku kedengarannya cukup menyulitkan tapi ternyata tidak juga kok? Bagi segelintir Penulis, menulis adalah salah satu proses kreatif dari kehidupan. Kemampuan manusia menulis ada sejak lama, semenjak penemuan huruf, manusia mulai menuliskan isi pikirannya ke dalam kertas untuk dibaca orang lain.

Sekarang ini, menulis dalam bentuk tulisan yang sangat panjang kedengarannya sangat langka, terlebih banyak yang terbiasa tinggal “copy-paste” saja. Gemah-ripah penulisan tidak terasa hingar-bingarnya lagi.

Syukurlah, sekarang ini geliat dunia buku mulai bangkit, banyak lahirnya penerbit baru yang sedang membuka jalannya tersendiri.

Sebenarnya menulis buku tidak terlalu sulit, asalkan kita dapat menemukan langkah yang tepat dan terarah. Untuk membantu anda mencapai tujuan itu, kami berikan beberapa langkah produktif untuk menulis buku.

Tips Menulis Buku
Tips Menulis Buku

 

4 TIPS MENULIS BUKU.

1 .Carilah Ide Anda

Salah satu hal penting dalam membuat karya buku anda adalah menemukan ide besar. Sayangnya ide tidak datang begitu saja, terkadang ide datang dengan sendirinya. Tapi masalahnya kemudian, anda enggan melanjutkannya lagi. Saya teringat J.K. Rowling mendapatkan ide menulis Harry Potter, ketika keretanya mengalami keterlambatan keberangkatan dari Manchester ke stasiun King’s Cross London pada 1990.

Lalu bagaimana dengan kita sendiri, tentu tidak banyak orang yang begitu saja menemukan ide besar begitu saja. Untuk hal itu, mulailah dengan mengajukan pertanyaan sederhana kepada diri sendiri :

  • Apa yang ingin saya tulis?
  • Hal penting untuk ditulis?
  • Siapa yang ingin membaca tulisan saya?
  • Apakah ide ini bisa berjalan secara efektif?

Jawaban pertanyaan-pertanyaan ini tentunya akan membantu anda mencari pilihan terbaik penulisan buku anda. Pada sisi lain, lihatlah koleksi buku anda, dengan melihatnya bisa membantu menggambarkan arah penulisan anda sendiri.

2. Riset Genre Gaya Penulisan Anda

Melihat diri sendiri adalah hal paling terpenting, anda dapat melihat tulisan anda sebelumnya, mulai dari catatan buku pribadi hingga tulisan pada media sosial yang pernah anda tulis. Jangan pernah malu melihat tulisan anda sendiri, anda mungkin bisa tercengang melihat tulisan anda sendiri, bahkan bisa tahu pada waktu mana tulisan anda mengalir begitu bebasnya.

Tetapi jika ingin menulis hal yang berbeda, bisa lihat buku populer yang laris terjual pada market place, atau lihat pada situs BookDepository, mereka sangat baik dalam memetakan buku-buku sesuai dengan genrenya. Jadi kita akan tahu yang orang-orang suka baca.

3. Buatlah Outline Garis Besar

Untuk menulis buku, ada baiknya membuat garis besar isi buku tersebut, agar mempermudah arus penulisan buku tersebut. Saya sendiri sebelum menuliskan tulisan ini saja, membuat beberapa poin-poin penting yang perlu sampaikan. Dengan membuat poin-poin kita akan tahu titik mana saja yang perlu tekankan, agar informasi ini sampai ke para pembaca.

Lain dengan novel, outline garis besarnya tentu saja berbeda, hal paling berbeda adalah pada poin konflik yang tercipta pada novel tersebut.

Outline garis besar penulisan ada pada awal, tengah, dan akhir, tentu kita menginginkan buku tersebut mengalir apa adanya. Yang paling penting anda memiliki karakter penulisan anda sendiri.

4. Mulailah Dengan Awal Yang Menarik

Setelah kita membuat outline dari penulisan buku, hal yang paling terberat adalah bagian pertama, karena pada bagian awal adalah letak pertama kali para pembaca masuk. Seperti pintu masuk menyelami dunia buku anda.

Pada awal bagian buku itulah, bagaimana para pembaca tertarik. Setelah mereka melihat sampul, para pembaca akan melihat bagian-bagian awal buku tersebut.

Tentu saja pada bagian awal anda harus mencoba bereksperimen, tidak hanya melulu hal yang umum, salah satu contoh Novel karya Milan Kundera. Dia memiliki ciri pengantar sangat berbeda, pembahasan awalnya berbeda, entah kenapa tiba-tiba kita masuk pada cerita yang berbeda lagi.

 

Wajib Tahu, Inilah Tips Menulis Buku Sampai Diterbitkan Penerbit
Wajib Tahu, Inilah Tips Menulis Buku Sampai Diterbitkan Penerbit

MAU MENERBITKAN BUKU?

Untuk Jasa Percetakan Buku dan  Penerbitan Buku  Digital proses dan prosedurnya sangat mudah sekali, yaitu penulis menyiapkan file dengan format pdf siap cetak dan file desain cover dalam bentuk jpg. Lalu dikirimkan ke alamat email kami ataupun bisa melalui WA CS kami. Adapaun untuk proses cetak sekitar 7 hari. Tergantung jumlah cetaknya. Misal penulis cetak 1000 eks maka waktunya menjadi 10 – 14 hari.

 

penerbit buku
Hubungi CS Penerbit Uwais,Klik disini!

 

Bagaimana dengan hasil cetak bukunya? Tentu kami memberikan kualitas terbaik untuk para klien kami. Tiap buku sudah di wrap plastik jadi aman untuk dikirimkan ke seluruh Indonesia.

Dan tambahan lagi, untuk spesifikasi cetak, kami menyediakan beberapa macam kertas dan ukuran mulai dari A5 sampai ukuran A4. Jenis kertas sendiri kami menyediakan kertas bookpaper 57 gram / 72 gram, HVS dan artpaper. Semua tergantung dari kebutuhan penulis.

Akhir kata, mungkin artikel ini sudah menjawab sebagian besar pertanyaan penulis yang sedang /akan menerbitkan karya atau tulisannya. Namun jika masih ada pertanyaan atau mungkin ada kendala yang masih ada terkait naskah atau lainnya, anda bisa berkonsultasi ke CS kami.  Kami bisa membantu anda sampai naskah anda terbit.

 

Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat