Penerbitbuku.net

Jasa Penerbitan dan cetak buku terbaik di Indonesia

3 Aplikasi Pembuat Buku Digital, Dan Cara Membuat Buku Digital

Pengertian E-Book adalah: Fungsi, Tujuan, dan Format Buku Digital

Untuk membuat buku digital, kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi yang harus kamu unduh di laptop, komputer, atau smartphone.

Tetapi, agar pembuatan buku digital lebih mudah, disarankan kamu menggunakan laptop atau komputer saja, ya. Sebab dengan menggunakan gadget ini, tools yang tersedia lebih mudah digunakan.

Pengoperasian dan tata cara membuat buku digital di setiap aplikasi sebenarnya hampir sama.

Tidak ada perbedaan mencolok yang membingungkan penggunanya, kecuali pada ketersediaan format buku digital yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

Berikut ini beberapa aplikasi pembuat buku digital yang bisa kamu pilih:

  • Calibre

Calibre adalah aplikasi pembuat buku digital untuk gadget berbasis Windows, Linux, dan iOS. Format eBook yang tersedia termasuk yang paling lengkap.

Kamu bisa memasukkan format AZW, AZW3, AZW4, CBZ, CBR, CBC, CHM, DJVU, DOCX, EPUB, FB2, HTML, HTMLZ, LIT, LRF, MOBI, ODT, PDF, PRC, PDB, PML, RB, RTF, SNB, TCR, TXT, dan TXTZ) kemudian mengubahnya menjadi format AZW3, EPUB, DOCX, FB2, HTMLZ, OEB, LIT, LRF, MOBI, PDB, PMLZ, RB, PDF, RTF, SNB, TCR, TXT, TXTZ, ataupun ZIP.

  • Sigil

Yakni aplikasi pembuat buku digital untuk gadget berbasis Windows dan iOS. Format yang didukung adalah HTML dan ePUB, yang kemudian bisa dikonversikan menjadi format ePUB.

Untuk aplikasi Mobipocket Creator, format file yang bisa di-import adalah HTML, DOCX, TXT, dan PDF. Nantinya, format akan diubah menjadi eBook PRC atau PRCX.

(Baca Juga : Penjelasan Lengkap Tentang Buku Digital )

  • ePUBee Maker

Cara membuat aplikasi buku digital di aplikasi ini sangat mudah karena dapat dikoneksikan ke aplikasi Microsoft Word.

Pengguna bisa memasukkan fitur ePUBee Maker ke dalam toolbar Ms Word. Hasil file yang sudah terkonversi nantinya adalah ePUB dan PDF.

Cara Membuat Buku Digital

Mengapa Revolusi Buku Digital yang Dijanjikan Kindle Tak Terjadi?

Ada banyak aplikasi yang bisa kamu pilih dalam membuat buku digital atau eBook. Setiap aplikasi memiliki cara membuat buku digital yang terbilang sama.

Berikut ini cara membuat buku digital beserta langkah-langkahnya:

1. Siapkan Dokumen Buku dalam Format Word Document

Cara membuat buku digital yang pertama adalah dengan menyiapkan file atau dokumen buku digitalmu dalam format Word Document di aplikasi Ms Word.

Pastikan semuanya sudah lengkap. Mulai dari cover, daftar isi, kata pengantar penulis, semua bab materi buku, penutup, dan lainnya.

Kamu juga bisa menyelipkan foto dalam file ini. Pastikan letak foto berada di tengah teks atau dalam posisi In Line With Text, dan rapikan juga posisi tabel.

Jika semua konten sudah lengkap di file dasar ini, ubah formatnya sesuai dengan format yang bisa diterima oleh aplikasi pembuat buku digital yang kamu pilih.

2. Import File ke Aplikasi Pembuat Buku Digital

jasa penerbitan buku
jasa penerbitan buku

Langkah kedua, bukalah aplikasi pembuat buku digital yang sudah kamu unduh. Pilih file buku digital, lalu masukkan dengan cara meng-import file yang dipilih.

Pada cara membuat buku digital ini, kamu disarankan untuk mengecek kembali konten buku digital yang sudah dimasukkan.

Lihat kembali apakah semua posisi konten seperti cover, daftar isi, teks, posisi foto sudah pas atau belum.

Pada aplikasi pembuat buku digital, kamu juga bisa mengedit konten. Misalnya membuat daftar isi sendiri, memasukkan infografik, menambahkan video, dan lain-lain.

Untuk menambahkan file tambahan seperti foto, video, dan infografik ke dalam buku digital, caranya mudah.

Klik Insert, lalu pilih File, dan pilih Other File, lalu pilih file tambahan yang ingin kamu masukkan. FYI, file video yang dapat dimasukkan adalah video dengan format mp4.

Sedangkan untuk membuat daftar isi sendiri, kamu bisa memilih posisi halaman daftar isi terlebih dulu. Lalu pilih tools yang menyisipkan tabel atau Table of Contents.

Kemudian, atur posisi tabel dan heading penomoran sesuai yang kamu inginkan.

3. Isi Metadata Buku Digital

Salah satu yang membedakan tampilan buku digital adalah adanya metadata yang memberikan deskripsi singkat tentang isi buku bagi pembaca.

Nah, dalam cara membuat buku digital, kamu juga harus mengisi metadata sendiri. Isi data diri penulis, judul buku, tahun pembuatan buku, kategori, deskripsi singkat tentang buku, dan lain-lain.

Untuk mengisi metadata ini, cek menu tools yang tersedia dalam aplikasi pembuat buku digital, lalu pilih Metadata Editor.

4. Masukkan Cover Buku

Cara membuat buku digital yang selanjutnya adalah memasukkan file cover buku. Untuk membuat cover buku, kamu bisa menggunakan aplikasi yang memudahkan proses desain.

Seperti Canva, Ms Power Point, CorelDraw, atau Adobe Photoshop.

Untuk menyisipkan file cover buku ini, pilih menu Add Cover pada tools yang tersedia di aplikasi pembuat buku digital.

Nantinya akan ada petunjuk jenis format file, lalu kamu sesuaikan format cover buku dengan yang bisa diterima oleh aplikasi tersebut.

5. Simpan dan Konversikan File Buku Digital

Jika semua konten sudah lengkap dan tersusun rapi, ini saatnya kamu menyimpan file buku digital. Aplikasi akan mengkonversikan file buku agar sesuai dengan format buku digital pada umumnya.

Kamu bisa memilih format keluaran sesuai keinginan, misalnya PDF, PRC, HTML, dan lain sebagainya.

Aplikasi pembuat buku digital membutuhkan beberapa waktu sesaat untuk mengonversikan format keluaran ini.

Jika proses konversi sudah selesai, akan ada notifikasi yang muncul di layar tampilan aplikasi.

Cara Mempublikasikan Buku Digital

Itu dia sederet cara membuat buku digital yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Buku digital bisa kamu publikasikan secara gratis di beberapa platform, seperti situs jurnal dan buku digital, blog, atau media sosial pribadi.

Sedangkan untuk publikasi buku dengan biaya, kamu bisa memasarkannya di aplikasi baca eBook seperti Google Play Book, Gramedia Online, dan aplikasi lainnya.

Namun begitu, untuk mempublikasikan buku secara komersil, kamu harus melakukan kerjasama terlebih dulu dengan pihak penerbit.

Selain untuk membagikan karya tulismu, buku digital tentu bermanfaat untuk menginformasi atau sekadar menghibur pembaca.

Manfaat buku digital juga memberikan perlindungan karya dalam bentuk softcopy, sehingga karyamu tersimpan abadi tanpa takut rusak seperti buku fisik.

Ingin Menerbitkan Buku Sendiri?

0812-3004-1340 (CS Uwais) Layanan Pencetakan dan penerbitan  Buku Ajar, Penerbitan, ISBN dan Pengurusan HAKI Seluruh Indonesia

Kami melayani beberapa jenis layanan yang terkait dengan pendidikan atau sekolah, universitas, lembaga dan individu, seperti:

– Buku Cetak (melayani cetak buku satuan dan cetak skala besar)

– Penerbitan Buku

– Layanan ISBN

– Layanan HAKI

Kami bisa membantu anda mencetak buku dan menerbitkan buku untuk kebutuhan siswa-siswi dari tingkat SD sampai mahasiswa di Universitas. Tidak hanya itu untuk para pendidik, pengajar, guru, kepala sekolah, dosen, rektor maupun swasta kami bisa bantu untuk menerbitkan naskah anda. Kami melayani untuk seluruh Indonesia. Sistem kami online jadi anda tinggal order dan buku akan kami terbitkan cetak sesuai jumlah pesanan.

Hubungi CS Uwais Sekarang (http://bit.ly/chatkecsuwais)

Untuk menerbitkan anda bisa ambil paket dari kami dan mendapat berbagai fasilitas seperti ISBN, desain cover, editing, layout dan buku terbit (cetak buku satuan). Selain itu anda juga akan mendapatkan bonus seperti website, desain promo, penjualan di google playbook dan masih banyak lagi keuntungan yang anda dapatkan.

Biaya juga terjangkau bagi Anda yang ingin mencetak buku cetak berdasarkan permintaan dan jumlah besar. Mengapa itu bisa terjangkau? Karena kami menggunakan mesin offset untuk pencetakan buku.

Bagi mereka yang belum tahu, mesin cetak offset adalah salah satu pilihan kami karena kemampuan untuk mencetak jumlah besar dan tentunya cetak buku satuan. Karena keunggulan ini, buku yang dicetak menggunakan mesin cetak offset karena biaya operasinya lebih murah.

Jika Anda mencetak 1000 buku untuk ukuran A5 60 hal, buku sekolah, misalnya, harga yang Anda dapatkan adalah 11.500. Maka dapat dihitung pada 11.500 x 1000 = 11.500.000.

Dengan biaya-biaya ini, jika Anda menjual 25.000, Anda mendapat manfaat dari 25.000-11.500 = 13.500 x 1000 buku = 13.500.000. Ini adalah keuntungan bersih, sangat disarankan untuk mencetak karena biayanya relatif lebih terjangkau.

                    

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat